Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Jajaran Aksesori Wajib Penyerta Sony Playstation 5

0 2.711

Konsol terbaru Playstation 5 dari Sony tidaklah muncul sebatang kara. Selalu ada saudara, perangkat penyerta lain yang setia mendampingi. Ada kamera, headset, media remote, charging station, dan tentu saja kontroler DualSense yang sudah lebih dulu diperkenalkan. Dengan mengambil konsep warna dan desain serupa, perangkat penyerta untuk PS5 terlihat sedap dipandang mata.

Hadirnya aksesori penyerta untuk Playstation 5 sebenarnya sudah dapat diduga akan terjadi. Hanya saja kali ini, Sony menyajikannya bersamaan dengan mengungkap tampilan anyar PS5. Bahkan bila nanti sudah muncul ke pasaran, aksesoris dari pihak ketiga biasanya lebih banyak muncul dan menarik. Biasanya nanti akan dijual secara terpisah atau dalam satu paket pembelian.

Baca juga: Akhirnya, Sony Tampilkan Konsol Next Gen Playstation 5!

Bila diperhatikan, di sana ada headset dan kamera untuk PS5, yang sepertinya dapat dipakai untuk memudahkan gamer ketika hendak melakukan aktivitas streaming. Sementara media remote lebih terlihat sebagai alat bantu ketika Playstation 5 diubah fungsi menjadi perangkat multimedia.

Coba kita bedah satu per satu.

Streaming menggunakan Playstation 5

Sudah menjadi hal yang jamak dilakukan para gamer di seluruh dunia untuk menyiarkan aktivitas gaming-nya secara langsung. Entah dengan tujuan bersenang-senang atau memang hendak mengumpulkan viewer untuk mendapatkan adsense. Dan kebutuhan itu dipenuhi Sony dengan menyertakan kamera beresolusi tinggi menemani Playstation 5.

Playstation 5

Keberadan kamera untuk Playstation sebenarnya sudah dimulai sejak generasi ke-2. Meski belum pernah mendapatkan fungsi yang benar-benar maksimal. Dan itu tampaknya coba dilakukan di generasi ke-5 ini. Dapat dilihat bahwa ada dua lensa (1080p) untuk kamera HD milik Playstation 5. Bisa jadi satu lensa untuk merekam aktivitas gamer (streaming), dan lensa lain sebagai penangkap gerak dalam konteks gaming. Menarik bukan?

Playstation 5 Pulse 3D PS5

Sony menamai headset untuk Playstation 5, Pulse 3D. Sebuah headset wireless yang memberikan dukungan pada audio 3 dimensi. Nampaknya headset ini nantinya akan mengambil peranan penting dalam rilis game Playstation 5 di masa mendatang. Dibekali dengan fitur dual-noise canceling microphone, membuat gamer dapat menggunakannya untuk berkomunikasi dengan gamer lain di seberang sana.

Playstation 5

Perangkat penyerta lainnya untuk Playstation 5 ialah media remote. Media remote hadir tombol minimalis layaknya pada remote untuk smart TV. Hanya ada beberapa tombol yang disertai icon pengaturan yang sudah dikenal. Selebihnya masih misteri.

Nah, bukan tidak mungkin ketiga perangkat di atas tadi dapat kamu manfaatkan secara maksimal untuk streaming yang menarik. Mengingat potensi dan fitur yang belum diungkap dan dieksplorasi secara menyeluruh di dalamnya.

Baca Juga: Kontroler DualSense untuk Playstation 5

Charging Station Unik PS5

dualsense playstation 5

Kontroler Playstation 5 sudah memiliki nama sebagai DualSense. Kontroler model terbaru ini memiliki beberapa fitur menarik. Seperti respon getaran lebih baik, adaptive trigger, port jack dan mikrofon, serta port USB untuk melakukan pengisian ulang.

Meski begitu, kita akan mendapati posisi pengisian baterai menggunakan charging station, tidak dilakukan dengan membalikkan kontroler DualSense. Namun kontroler akan tetap tegak tanpa menyentuh bagian port USB-C di bagian atas. Bila demikian, ada kemungkinan charging station DualSense akan memiliki aksesoris berbeda dalam proses pengisian baterai pada kontrol.

Menarik memang menantikan kehadiran Playstation 5 beserta aksesoris penyertanya. Belum lagi melihat daftar game yang turut hadir menemani. Sayangnya, Sony masih belum juga mengeluarkan harga untuk tiap produknya kali ini. Publik masih diminta bersabar hingga akhir tahun nanti.