alexa

Ini Rekomendasi Aplikasi Android untuk Kelola Keuangan Gratis

Deretan aplikasi keuangan gratis semakin mudah ditemukan di Google Play Store bagi pengguna smartphone Android. Meningkatnya kesadaran masyarakat dalam mengatur arus uang, membuat aplikasi tersebut kian dilirik.

Aplikasi keuangan gratis menawarkan beragam fitur dan tampilan yang bervariasi. Dari yang paling sederhana, sampai agak rumit dan kompleks sehingga layak dijadikan panduan usaha. Memperluas opsi menarik bagi penggunanya.

Fungsi aplikasi keuangan memang tidak serta merta membuat penggunanya jadi lebih hemat. Namun dengan mencatat setiap pendapatan dan pengeluaran diharapkan bisa memberi efek psikologis yang baik. Setidaknya pengguna jadi lebih hati-hati dalam setiap transaksi keuangan. Apalagi ketika melihat nominal yang keluar sesudah diakumulasikan. Terkadang dapat membuat ‘shock’ karena banyak pengeluaran yang tidak perlu.

Rekomendasi Aplikasi Keuangan Gratis

Terdapat sekian banyak pilihan aplikasi dari dalam dan luar negeri yang terdapat di Play Store. Kami coba merangkum 5 aplikasi keuangan gratis yang cukup menarik untuk dicoba dan digunakan.

Daftar ini dibuat berdasarkan pengalaman saja, dan tidak serta merta menjadikan satu aplikasi lebih baik secara mutlak dari yang lain. Ada kelebihan dan kekurangan, tentu saja. Serta faktor kebutuhan yang berbeda antar penggunanya.

1 FamFina

FamFina

FamFina dibuat oleh Sepran Ashari, berdasarkan apa yang kami telusuri, seorang software engineer yang berdomisili di Yogyakarta. Aplikasi ini mendapat rating 4.8 bintang dari sekitar 431 pengguna yang telah memberi review. Dan sesuai definisi di Play Store, FamFina merupakan aplikasi pembukuan keuangan untuk keluarga. Jadi tepat rasanya memasukan aplikasi ini dalam daftar yang kami buat.

FamFina menyediakan fitur kostumisasi menyeluruh pada bagian menu di dalam aplikasi. Hadir dengan desain minimalis, pengguna diberi kebebasan mengatur  kategori sesuai kebutuhan. Sehingga proses pencatatan arus keuangan dapat disajikan lebih spesifik sesuai kebutuhan masing-masing pengguna. Fitur ini bisa jadi menyulitkan bagi pengguna yang belum terbiasa mengklasifikasikan bentuk pengeluarannya.

Beberapa fitur lain yang dapat ditemukan pada aplikasi keuangan harian ini pun cukup beragam. Seperti meng-export data ke excel dan PDF secara gratis, menyimpan nota dan bukti transaksi, scan barcode, memisahkan catatan keuangan dan mutasi antar rekening atau e-wallet, serta penggunaan di dua smartphone sekaligus untuk memudahkan pengaturan antar anggota keluarga.

Download: Google Play Store

2 BukuKas

BukuKas

Nama BukuKas sebagai aplikasi pengatur keuangan mungkin sudah cukup dikenal. Salah satu alasannya tidak lain berkat promo yang gencar mereka lakukan. Menghadirkan Ruben Onsu sebagai brand ambassador, aplikasi karya PT. Beegroup Financial Indonesia ini seakan hadir sebagai jawaban untuk seluruh masalah pengaturan finansial bagi semua orang. Ya, dengan apa yang ditawarkan dalam aplikasinya, hal tersebut memang terlihat mudah dicapai.
Baca juga: Aplikasi BukuKas Integrasikan Metode Pembayaran Digital, Permudah Transaksi UMKM

Hanya saja, alih-alih berlaku untuk semua orang, kami melihat aplikasi ini terlihat cocok digunakan pengguna yang memiliki lini usaha/bisnis mandiri (UMKM). Sesuai tagline ‘Bisnis Menjadi Mudah’ yang diusung. Selain catatan transaksi dan catatan hutang piutang, BukuKas turut menyediakan fitur analisis keuangan. Fitur tersebut menyajikan perbandingan arus uang dari hitungan minggu sampai bulanan. Termasuk sajian visual menarik dalam grafik finansial untuk memudahkan proses analisis.

Lebih jauh lagi, BukuKas juga mendorong pengguna aplikasi untuk dapat mulai berbisnis dengan menyediakan tips berbisnis dan cara membuat toko. Bahkan pengguna dapat menemukan fitur pembuat kartu nama di salah satu bagian menunya. Hanya saja perlu waktu untuk memahami dan menggunakan deretan fitur pada aplikasi keuangan harian ini secara maksimal. Dan rasanya waktu tersebut akan terbayar apabila memang pengguna serius untuk menjalankan bisnis.

Download: Google Play Store

3 Catatan Keuangan

Catatan Keuangan

Aplikasi kreasi Chad Verbruggen, Catatan Keuangan, merupakan aplikasi kloning dari versi berbahasa Inggris miliknya bernama Money Manager. Dari rekam jejak di Play Store, developer asal Amerika Serikat tersebut hanya menyediakan dua aplikasi beda bahasa tersebut. Tidak jadi soal, sebab menurut kami aplikasi ini boleh jadi salah satu yang patut dicoba untuk mengatur pengeluaran gaji bulanan Anda.

Mirip seperti FimFan, Catatan Keuangan memiliki tampilan minimalis. Pada menu utama hanya terdapat arus uang, pengeluaran dan pemasukan. Dalam deretan kategori harian, mingguan, bulanan, sampai tahunan. Setiap kategori akan terlihat begitu pengguna menambahkan catatan keuangan terbaru. Pengguna juga dapat menambahkan kategori baru yang lebih spesifik apabila dibutuhkan. Pada pengaturan menu lebih lanjut, pengguna dapat menemukan sajian grafik sederhana dalam format tabel lingkaran.

Aplikasi ini terasa cocok bagi pengguna yang malas mengatur arus uang secara mendetail. Dan hanya ingin mencatatkan model pengeluaran dan pemasukan harian saja. Sebagai aplikasi keuangan harian gratis, Catatan Keuangan menghadirkan iklan ketika aplikasi digunakan pada jangka waktu tertentu atau pada saat pertama mengakses menu. Secara umum aplikasi keuangan harian ini tetap layak dicoba.

Download: Google Play Store

4 Catatan Keuangan Harian

Catatan Keuangan Harian

Aplikasi Catatan Keuangan Harian ditawarkan oleh developer dengan nama yang cukup unik, yakni Dapatkan penghasilan. Buat toko onlinemu sekarang. Dan bila Anda mencari aplikasi keuangan di Play Store, maka nama aplikasi ini berada dalam daftar teratas. Hal itu disebabkan jumlah reviewer yang mencapai 17 ribu lebih orang, dengan rating hingga 4.7 bintang. Membuatnya patut dicoba siapapun yang mencari aplikasi sejenis.

Antarmuka aplikasi ini terlihat sederhana seakan mudah digunakan. Tapi jika ditelusuri lebih lanjut, agak sedikit kompleks dan butuh waktu agar lebih akrab menggunakannya. Tiap rincian disajikan dalam perpindahan antar menu yang membuat pengguna perlu bolak-balik jika hendak mendapatkan lebih dari satu informasi dalam aplikasi ini. Pada beberapa bagiannya, aplikasi ini malah terlihat seperti sebuah buku kas digital.

Ada banyak pengguna yang memberi rating baik untuk aplikasi ini sudah menjadi pembuktian tersendiri. Bahwa apa yang tampak rumit dan sulit bagi kami, sebenarnya mudah diterima banyak orang lain. Mungkin termasuk Anda, apabila hendak mencobanya.

5  Finansialku

 Finansialku

Kami tutup daftar ini dengan aplikasi lain dari developer berbasis PT, yakni Solusi Finansialku Indonesia. Aplikasi bernama Finansialku menawarkan kompleksitas yang menyerupai BukuKas. Dengan memuat hampir seluruh kebutuhan catatan keuangan harian masa kini. Yang tidak hanya berkutat pada sekadar gaji dan bonus saja, tapi juga menyentuh produk keuangan untuk investasi masa depan.

Finansialku membutuhkan email dan nomor ponsel terdaftar agar dapat digunakan. Setelah itu, pengguna dapat berlama-lama menghabiskan waktu dengan aplikasi ini untuk meningkatkan literasi keuangannya. Salah satunya lewat membaca artikel harian mengenai bursa, reksa dana, maupun kurs mata uang. Pengguna juga dapat belajar tentang keunangan secara gratis dengan mendengarkan podcast yang terintegrasi dalam aplikasi. Ada pilihan premium berbayar jika informasi yang didapat masih belum lengkap.

Mungkin inilah salah satu aplikasi keuangan harian berkonsep all-in-one terlengkap di Indonesia. Cocok bagi Anda yang memang hendak mengatur keuangan di tingkat masif, tidak hanya sekadar gaji saja. Di sisi lain, aplikasi yang ditawarkan jadi terasa agak rumit bagi ibu-ibu rumah tangga yang ingin tampilan dan fitur sederhana. Semua tergantung pilihan pengguna.

Download: Google Play Store


Itu tadi pilihan aplikasi keuangan gratis yang ada di Play Store untuk pengguna Android. Di antaranya tampil sederhana untuk mengatur arus uang dari gaji agar jelas datanya. Sementara yang lain terlihat kompleks namun dengan potensi investasi finansial untuk masa depan. Anda sendiri sudah menggunakan salah satunya atau punya rekomendasi berbeda?

Tinggalkan komen