Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Begini Cara Galaxy M31 Buat Orang Tua Anti Was-Was Meski Dipakai Anak Bermain

0 4.154

Ketika anak tidak bisa bermain bersama teman-temannya secara bebas di luar rumah, maka alternatif hiburan mereka tentu bermain di dalam rumah bersama keluarga. Selain objek seperti mainan, salah satu yang bisa dilakukan untuk menghibur anak adalah dengan membiarkan mereka mengakses smartphone yang kita gunakan sebagai sumber hiburan. Lewat smartphone, banyak yang bisa anak lakukan, mulai dari membaca cerita dongeng, belajar via daring, sampai menonton film kartun kesukaan mereka.

Nah, jangan sampai anak mengakses konten yang seharusnya tidak mereka akses. Contohnya file dokumen kantor yang tersimpan di smartphone, maupun konten video di YouTube yang tak sesuai dengan umur sang anak. Lantas apakah orang tua atau keluarga harus terus memantau anak ketika sedang mengakses smartphone?

Hal tersebut tidak perlu dilakukan jika menggunakan Samsung Galaxy M31. Dengan tampilan antarmuka One UI 2.0, Galaxy M31 punya beberapa fitur unggulan yang mampu bantu para orang tua agar anti was – was meski smartphone dipakai anak bermain.

Baca juga: Review Samsung Galaxy M31: Smartphone Baterai Jumbo Serba Bisa

Fitur Parental Controls, Tetap Pegang Kendali atas Anak

Parental Controls Galaxy M31

Untuk mengakses ini, kamu dapat membuka menu Settings lalu Digital Wellbeing pada Samsung Galaxy M31 dan smartphone Samsung lain dengan versi One UI yang sama. Samsung berikan fitur ini khusus untuk anak, agar orang tua dapat membatasi konten apa saja yang dapat diakses, serta memberikan limit waktu akses untuk tiap aplikasi.

Parental Controls dapat disambungkan dengan aplikasi Family Link, sehingga apabila orang tua memiliki beberapa perangkat Samsung, batasan tersebut dapat dikendalikan dari perangkat lain. Nantinya, orang tua akan diberikan pilihan untuk menyambungkan akun Google milik anak atau membuat baru secara langsung.

Setelah tersambung, orang tua dapat memilih secara manual aplikasi apa saja yang bisa diakses oleh anak, termasuk durasi dalam rentang waktu tertentu. Selain itu, Google juga bisa memberikan proteksi tambahan berupa filter konten sesuai umur, serta perizinan pemasangan aplikasi yang ada di Google Play.

Focus Mode Untuk Waktu Belajar Bebas Gangguan

Focus Mode Galaxy M31

Focus mode merupakan bagian dari fitur Parental Controls. Jika Focus Mode diaktifkan, maka anak tidak dapat mengakses aplikasi lain, selain yang diijinkan orang tua untuk diakses. Bagi orang tua, fitur ini bisa dimanfaatkan agar anak fokus belajar. Karena ketika diaktifkan maka anak tidak akan dapat mengakses aplikasi diluar yang diijinkan orang tua, sehingga tidak mengganggu produktivitas belajar anak.

Cara mengaktifkan dan mengatur fitur ini adalah:

  • Buka menu Settings di Samsung Galaxy M31, cari menu Digital Wellbeing & Parental Controls.
  • Geser tampilan menu ke atas dan temukan icon Focus Mode.
  • Pilih salah satu opsi antara Work Time atau Me Time, atau pengguna juga bisa memberikan nama sendiri untuk mode yang dipilihnya misalnya “Kids Time”.
  • Pilih mode yang diinginkan dengan memilih menu “add”, setelah itu tentukan aplikasi apa saja yang dibutuhkan.

Setelah waktu belajar selesai, orang tua bisa menonaktifkan fitur Focus Mode dan anak bisa kembali mengakses aplikasi hiburan seperti games dan media sosial agar anak tidak merasa tertekan dan stress.

Nah, untuk para orang tua tentu kedua fitur ini akan sangat bermanfaat ya supaya bisa menekan rasa was – was ketika anak bermain gadget dan juga bisa membuat gadget dapat digunakan untuk mendukung produktivitas belajar bagi anak. Semoga bermanfaat.


Disclaimer: artikel ini merupakan kerja sama dengan Samsung Indonesia