Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Inilah Kelebihan Interkom Comelit untuk Sistem Keamanan Smart Home Terintegrasi

Saat ini, hunian pintar atau lebih populer disebut smart home makin populer di kalangan masyarakat urban. Tren hunian pintar makin menggeliat seiring koneksi internet yang semakin reliabel. Juga  produk Internet of Things (IoT) yang makin banyak tersedia di pasar, salah satunya interkom Comelit.

Masuk ke pasar Indonesia, interkom Comelit menggandeng Datascrip sebagai distibutor yang menghadirkan solusi keamanan pada smart home. Comelit sendiri adalah perusahaan asal Italia yang menyediakan berbagai produk sistem keamanan.

Biasanya, perangkat interkom (intercommunication device) hanya dimiliki oleh pengelola gedung atau apartemen sebagai  sistem komunikasi elektronik yang ditujukan untuk pembicaraan, pengumuman, atau proses komunikasi yang terbatas. Comelit mengubah paradigma tersebut sehingga setiap pemilik hunian baik rumah maupun apartemen bisa memanfaatkan interkom canggih untuk meningkatkan sistem keamanan.

Sistem keamanan interkom Comelit untuk hunian pintar

Intercom Comelit
Comelit Mini Handsfree

Pentingnya sistem keamanan pada smart home ini ditegaskan oleh Sylvia Lionggosari, Business Unit Director Datascrip. Ia mengatakan kehadiran Interkom Comelit tidak hanya memastikan sistem keamanan berjalan dengan baik, namun memberikan kenyamanan bagi penghuni, baik di rumah maupun di lingkungan apartemen.

“Perangkat ini dirancang khusus sehingga segala sesuatu dapat berjalan dengan otomatis, terintegrasi, efisien dan menjadi lebih mudah. Tidak hanya kualitas produk, Datascrip menjamin layanan purnajual dari solusi pintar Interkom Comelit ini,” ujar Sylvia Lionggosari.

Hadirnya interkom Comelit ini mendapat sambutan dari pelaku industri properti. Menurut Amran Nukman H.D, Sekretaris Jendral Dewan Pengurus Pusat Real Estat Indonesia (DPP REI), keberadaan interkom pada hunian modern tidak hanya sekadar menjadi alat komunikasi antar tamu dan pemilik hunian.

“Saat ini, teknologi yang ada pada interkom membuat pemilik hunian menjadi lebih mudah dan nyaman karena berbagai perangkat yang ada di rumah dapat terintegrasi dengan alat ini,” kata Amran.

Kelebihan interkom Comelit

intercom comelit 2Masyarakat sudah mulai aware untuk meningkatkan kewaspadaan dan keamanan mulai dari lingkungan tempat tinggal, tempat kerja, hingga tempat-tempat umum. Sistem keamanan kini sudah bisa dianggap sebagai salah satu pertimbangan utama bagi pembeli rumah.

Nah, sistem keamanan terintegrasi menjadi nilai jual dari perangkat yang dipasarkan oleh Comelit untuk produknnya interkom. Karena kebutuhan tempat tinggal tidak sekadar jaminan keamanan. Namun bagaimana sistem keamanan juga bisa memberikan kemudahan pengaturan, efisiensi, hingga memberikan rasa tenang dan kenyamanan pemilik hunian.

Fungsi Intecom Comelit tak hanya untuk memantau tamu yang datang, melainkan bisa komunikasi secara langsung tanpa perlu turun gedung dan menyambut ke pintu masuk. Ada sejumlah kelebihan yang ditawarkan oleh interkom Comelit, di antaranya sebagai berikut:

1 Terintegrasi dengan sistem smart home 

Terintegrasi dengan sistem smart home 

Interkom Comelit juga bisa diintegrasikan dengan sistem smart home sehingga dapat melakukan pengaturan secara otomatis. Mulai dari pengaturan pencahayaan, suhu ruangan, pengaturan musik di ruangan, pengaturan tirai jendela, sistem pemanas air, hingga pengaturan sistem penyiraman tanaman, cukup dilakukan dari interkom Comelit.

Perangkat ini juga dapat terintegrasi dengan sistem akses yang ada di rumah. Sehingga dapat mengatur untuk membuka kunci gerbang atau pintu rumah, memberikan kemudahan tamu untuk dapat masuk tanpa harus pemilik rumah ke luar menuju gerbang atau turun ke lobi apartemen.

Selain itu, interkom Comelit memiliki fitur Elevator Acces Guidence yang dapat memandu tamu yang datang untuk dapat mengakses lift ke unit apartemen yang akan dituju. Canggih ya!

2 Mudah diakses dari smartphone

Mudah diakses dari smartphone


Berbagai perangkat sistem keamanan dan sistem akses yang ada di rumah dan lingkungan sekitar dapat diakses dengan mudah melalui satu perangkat, yaitu interkom Comelit. Perangkat audio videophone atau interkom tidak hanya sebagai perangkat komunikasi untuk memantau tamu yang datang, berkomunikasi dengan tamu yang ada di pintu masuk lobi apartemen, tanpa perlu turun gedung.

Interkom Comelit menjadi sistem keamanan terpadu dan pintar yang mengombinasikan komunikasi audio video, kontrol akses, hingga sistem manajemen video di lingkungan tempat tinggal maupun fasilitas yang ada di sekitar dalam satu perangkat.

Interkom Comelit dapat terhubung dengan smartphone sehingga dapat melakukan monitoring dan pengaturan dari jarak jauh melalui Comelit Apps yang ada di iOS dan Android.

3 Bisa Deteksi wajah

Bisa Deteksi wajah

Teknologi Face Recognition memberikan kemudahan dan kenyamanan pemilik hunian untuk membuka kunci pintu secara otomatis dengan deteksi wajah. Dengan fitur ini bisa ditambahkan pengguna baru, serta mengaktifkan atau menonaktifkan akses.

Teknologi ini memungkinkan untuk pengiriman notifikasi ke smartphone berupa informasi orang yang menggunakan akses untuk masuk ke rumah. Data berupa foto, video dan waktu akses juga dapat disimpan dan berguna jika sewaktu-waktu dibutuhkan.

4 Mudahkan komunikasi dengan tamu yang datang

Mudahkan komunikasi dengan tamu yang datang

“Pakeet!” Pesanan belanja online yang kamu pesan sudah sampai dikirim oleh kurir. Tak perlu buru-buru keluar untuk membuka pintu. Interkom Comelit memiliki fitur Home Away Call Answering memberikan kemudahan akses untuk berkomunikasi dengan tamu seperti kurir yang datang, bahkan saat pemilik sedang berada di luar.

Ketika ada tamu yang datang di depan gerbang rumah atau lobi apartemen, pemilik rumah dapat berkomunikasi videophone melalui perangkat smartphone. Tamu juga bisa memberikan pesan video melalui interkom Comelit ini jika pemilik hunian yang dituju tidak ada jawaban atau berada di luar.

Contoh penerapan Home Away Call Answering ada di apartemen mahasiswa The Edge di Leeds, Inggris. Pengunjung disediakan panel LCD layar sentuh intuitif untuk dapat memanggil salah satu dari 131 penghuni apartemen 7 lantai ini. The Edge menggunakan Comelit’s multi-user SIP gateway untuk menghubungkan panel interkom yang ada di pintu masuk dengan telepon VoIP di kamar apartemen dan juga smartphone atau tablet mahasiswa sehingga tetap dapat berkomunikasi jika sedang berada di luar apartemen. Pengelola apartemen juga dapat dengan mudah memperbarui data penghuni dengan software ViP Manager.

5 Memantau situasi fasilitas umum

Memantau situasi fasilitas umum

Pemilik hunian juga bisa memantau situasi hunian melalui kamera CCTV yang ada di dalam atau di luar rumah. Bahkan dengan adanya fitur Public Facility Monitoring pada interkom Comelit ini akan sangat membantu pemilik hunian di lingkungan apartemen untuk memantau situasi fasilitas umum seperti tempat olahraga, taman bermain anak, food court, tempat parkir, hingga lobi gedung.

Pengelola apartemen juga bisa menggunakan fitur Public Booking Facility untuk menerapkan sistem booking untuk fasilitas yang dapat dipesan sebelumnya, seperti ruang meeting atau lapangan tenis. Saat ada di luar rumah, pemilik juga bisa memantau situasi rumah lewat kamera CCTV yang terhubung dengan Comelit App yang ada di smartphone.

6 Fitur Emergency Push Button

Fitur Emergency Push Button

Fitur Emergency Push Button juga tersedia di perangkat Comelit, sehingga hanya dengan menekan satu tombol saja, kita dapat menghubungi Security Center atau nomor telepon yang sudah tercatat jika terjadi keadaan darurat, seperti kecelakaan atau kebakaran.

Terdapat juga fitur Audio Help Point yang dapat dipasang di fasilitas umum, sehingga pada saat darurat, dengan menekan satu tombol saja maka bagian-bagian terkait dapat langsung dihubungi dan memberikan bantuan segera.

Dengan desain yang modern dan elegan menjadikan interkom Comelit serasi untuk ditempatkan di salah satu sudut ruang interior ruang hunian. Dibekali teknologi dan fitur mutakhir, perangkat interkom Comelit tersedia untuk berbagai kebutuhan, dari yang berbasis analog hingga IP.

Tinggalkan komen