Review Honor Watch GS Pro: Smartwatch Tangguh, Fitur Olahraga Lengkap

Tidak hanya pasar smartphone saja yang persaingannya sengit, begitu juga dengan pasar wearables saat ini. Ketika masyarakat lebih sadar akan kesehatan diri masing-masing, perangkat seperti smartwatch jadi lebih diminati. Honor, sebagai salah satu ‘pemain lama’, hadirkan opsi baru yaitu Honor Watch GS Pro.

Mungkin untuk brand yang satu ini, perangkat wearables yang lebih ngetop adalah smartband-nya. Saya sendiri baru pertama kali mencoba jam tangan pintar dari Honor, dengan ekspektasi tak jauh dari apa yang Huawei juga tawarkan. Dan ternyata memang benar, ada kemiripan di antara keduanya. Meski yang satu ini lebih segmented menurut saya.

Ya, peruntukannya lebih terbatas. Tapi kalau Gizmo friends termasuk dalam salah satunya, smartwatch terbaru Honor yang satu ini bisa jadi pilihan yang menarik. Berikut impresi saya setelah dua minggu menggunakan Honor Watch GS Pro.

Desain

 

Tampilan Honor Watch GS Pro

Kenapa di awal saya bilang “segmented”? Salah satunya karena desain Honor Watch GS Pro yang, di mata saya, berikan kesan maskulin atau “rugged” yang sangat kuat. Bukan tanpa alasan, karena smartwatch ini juga dibuat tahan segalanya. Salah satunya adalah dengan mengantongi sertifikasi MIL-STD-810G, berikan jaminan durabilitas tinggi.

Bagian bodinya terbuat dari plastik bertekstur kasar, sementara bezel ring di atas serta dua tombol di kanan terbuat dari stainless steel. Strap-nya juga removable, berbahan karet dengan lebar 22mm. bobotnya sendiri 45 gram (tanpa strap), mungkin untuk sebagian orang bakal terasa sedikit berat.

Honor Watch GS Pro

Unit yang saya ulas memiliki warna Charcoal Black, berikan profil yang tidak terlalu mencolok. Lumayan cocok untuk berbagai keperluan—mungkin dua warna lainnya bakal kurang cocok untuk kebutuhan formal. Mengurangi fleksibilitas, memang, tapi kalau suka desain jam tangan rugged, Honor Watch GS Pro termasuk salah satu yang paling cakep bagi saya.

Layar

Layar Honor Watch GS Pro

Bagian yang satu ini juga saya anggap menjadi salah satu keunggulan dari Honor Watch GS Pro. Bezelnya tergolong tipis, sementara panel layarnya berdimensi 1,39 inci. Sudah AMOLED, resolusinya juga cukup tinggi dengan kerapatan piksel 326ppi. Cukup responsif dan dilengkapi fitur auto-brightness.

Karena sudah AMOLED, jam tangan ini pun sudah mendukung always-on display. Beberapa pilihannya juga menarik, nggak sekadar hitam putih saja, namun juga dengan warna. Pilihan watch face juga sudah tersedia sangat banyak di aplikasi Huawei Health, dan pengguna juga bisa kustomisasi sendiri.

Responsivitas layar juga cukup baik. Hanya saja, terkadang ketika saya mengaktifkan fitur “raise to wake”, saat jam diangkat ke atas, tampilan always-on display tidak selalu berubah ke watch face awal, di mana saya ingin melihat jumlah langkah atau informasi lainnya. Semoga ke depannya ada pengaturan khusus, ditambahkan dalam aplikasi.

Fitur

Huawei Health - Honor Watch GS Pro
Tampilan aplikasi Huawei Health

Olahraga dan kesehatan. Dua fitur ini yang saya rasakan paling dominan selama menggunakan Honor Watch GS Pro. Untuk kesehatan sendiri, semuanya tersedia mulai dari monitor denyut jantung 24 jam, tingkat stres, kualitas tidur sampai siklus datang bulan untuk pengguna wanita. Fitur cek kadar oksigen dalam darah juga hadir, hanya saja harus diakses secara manual.

Honor Watch GS Pro
Kalau fitur SpO2 berfungsi manual, denyut jantung sudah otomatis.

Sementara untuk fitur olahraganya sendiri, total ada 100 mode yang bisa dipilih. Data olahraganya pun lengkap, sampai nilai VO2 Max atau tingkat konsumsi oksigen maksimum saat olahraga intens). Jam ini juga bisa deteksi otomatis—ketika saya sedang jalan kaki outdoor, setelah sekitar 10 menit, layar akan muncul pop-up, menanyakan apakah sedang berolahraga di dalam atau luar ruangan untuk konfirmasi.

Honor Watch GS Pro

Bagi Gizmo friends yang gemari olahraga seperti trekking, Honor Watch GS Pro punya fitur khusus lainnya. Fitur “Route back” dapat mencatat perjalanan dari titik awal hingga titik terbaru, supaya pengguna tidak lupa rute untuk kembali ke asal. Sementara “Celestial” dan “Tidal Data” bisa prediksi siklus matahari, bulan dan gelombang ombak.

Fitur lainnya, seperti smartwatch pada umumnya, adalah menyampaikan notifikasi dari smartphone. 10 notifikasi terbaru ditampilkan secara runut, dan tidak ada opsi untuk membalas meski gunakan smartphone Android sekalipun. Yang sangat saya sayangkan, tidak ada dukungan emoji. Bahkan tidak menampilkan ikon kotak tercoret (layaknya smartphone lawas yang tidak mendukung emoji), hanya kosong saja.

Notifikasi Honor Watch GS Pro
Pesan ini seharusnya mengandung emoji, namun ditampilkan teksnya saja oleh smartwatch.

Dengan built-in speaker dan mikrofon, Honor Watch GS Pro bisa digunakan untuk angkat sampai bertelepon langsung (meski hampir tidak pernah saya pakai karena kurang nyaman). Yang saya sedikit kurang suka, setiap memulai/jeda/menyelesaikan olahraga, selalu ada suara notifikasi dari speaker. Mengaktifkan mode silent pun tidak menyelesaikan masalah.

Konektivitas

Lewat sambungan Bluetooth, tidak ada masalah sama sekali selama dua minggu pemakaian. Notifikasi selalu lancar, meski di smartphone dengan RAM 2GB sekalipun. Dengan catatan, pastikan aplikasi Huawei Health sudah diizinkan untuk berjalan di background, dan dikecualikan dari fitur hemat daya smartphone. Supaya tetap berfungsi sepanjang hari.

Sensor GPS-nya juga bukan kaleng-kaleng. Ketika jogging di luar, saya prefer untuk membawa smartphone sekunder agar tidak terdistraksi dari notifikasi mengganggu. Hal tersebut tidak menjadi masalah bagi Honor Watch GS Pro, mengingat perangkat tidak perlu tersambung ke smartphone untuk mencatat perjalanan rute jogging saya.

Yang saya sayangkan, aplikasi Huawei Health versi Google Play Store selalu tertinggal dari yang ada di Huawei App Gallery. Sehingga kalau mau lebih maksimal, termasuk opsi untuk tambahkan aplikasi di smartwatch, pengguna harus; mengunduh dan install Huawei App Gallery, baru install Huawei Health dari sana.

Yah sebenarnya, daftar aplikasi pihak ketiga yang bisa diunduh hanya sedikit, tak sampai 10 dan sudah termasuk kalkulator. Mungkin karena masih baru. Saya hanya berharap supaya versi Play Store bisa dibuat sama versinya dari yang ada di App Gallery.

Baterai

Klaim Honor untuk daya tahan baterai Honor Watch GS Pro cukup tinggi, yaitu sanggup tahan hingga 25 hari penggunaan. Untuk penggunaan GPS secara kontinyu, bisa bertahan sampai 48 jam, dan mode olahraga luar ruangan non-stop 100 jam. Lewat pengisian daya magnetik, membutuhkan waktu sekitar dua jam.

Pengalaman saya sendiri jauh dari waktu klaim, tak sampai setengahnya, yaitu 12 hari. Namun selama 12 hari, saya mengaktifkan fitur always-on display, dan sudah termasuk alarm setiap harinya, di mana vibrasi pada perangkat seperti smartwatch tentu menghabiskan banyak daya. Jadi menurut saya sudah sangat impresif.

Kesimpulan

Kelengkapan Honor Watch GS Pro

Honor berikan banyak sekali fitur pada smartwatch terbarunya yang satu ini. Semua fitur kesehatan yang ada di smartwatch lebih mahal, sampai fitur olahraga spesifik seperti Route Back tracking. Dikemas dalam sebuah produk dengan tampilan yang cerminkan penggunanya sebagai “urban adventurers”.

Dengan harga yang ditawarkan, Honor Watch GS Pro sangat layak untuk dipilih menjadi smartwatch rugged terbaik, yang punya layar bagus serta daya tahan baterai cukup prima. Memang ada beberapa sisi yang kurang, namun tergolong minor dengan harapan bisa diatasi lewat pembaruan ke depannya.

[rwp_box id=”0″]

Spesifikasi Honor Watch GS Pro

Layar 1.39 inci, AMOLED touch-screen, 326 ppi
Warna Charcoal Black, Marl White, Camo Blue
Chipset Kirin A1
Berat 45.5g (tanpa strap)
Ketahanan 5 ATM water resistant, MIL-STD-810G
Konektivitas Bluetooth via Huawei Health
Health Monitoring Heart-rate monitor, SpO2 monitor, sleep/stress monitor, female cycle
Baterai Hingga 25 hari (48 jam full GPS, 100 jam olahraga luar ruangan)
Fitur Olahraga 100 mode olahraga, perhitungan VO2 Max, GPS+GLONASS, Route Back untuk outdoor tracking
Harga Rp2.799.000

Beli perangkat Honor di:

LAZADA SHOPEE JD.ID

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.