Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Review realme 5 Pro: Makin Tanguh dengan 48 MP Quad Camera

Realme 5 Pro menjadi perangkat mobile photography unggulan berkualitas tinggi di industri, jauh melampaui level harganya.

1 14.557

Pencapaian yang diperoleh realme sungguh fenomenal. Betapa tidak, hanya dalam kurun kurang dari satu tahun berhasil menduduki posisi lima besar merek smartphone di Indonesia yang terkenal sangat kompetitif. Kini, mereka meluncurkan perangkat terbarunya realme 5 Pro.

Setelah diluncurkan sebulan yang lalu di India, hari ini realme 5 Pro resmi hadir di pasar Indonesia. realme 5 Pro akan menjadi seri produk “Leap to Quad Camera” pertama dari realme. Perangkat ini digadang-gadang membuka era baru mobile photography ke pasar Asia Tenggara dengan pengalaman fotografi layaknya pro untuk anak muda di Indonesia.

Perangkat ini adalah suksesor dari realme 3 Pro yang telah berhasil terjual laris di Indonesia. Hadir bersamaan dengan realme 5, ponsel ini selain mengandalkan kekuatan kamera juga dibekali prosesor anyar Qualcomm Snapdragon 712 yang menawarkan performa ngebut untuk bermain game.

Penasaran seperti apa? Mari simak review realme 5 Pro selengkapnya berikut ini.

Desain

Ciri khas realme langsung terpancar begitu memegang perangkat ini. Realme 5 Pro mengadopsi desain potongan berlian yang merupakan ciri khas desain smartphone sub-brand dari Oppo ini. Namun berbeda dari tekstur pemotongan matte sebelumnya, generasi baru mengadopsi permukaan asli yang dipoles dan tekstur skala nano baru.

Seluruh proses desain melibatkan 15 kali pembuatan prototipe dan 78 kali penyesuaian detail di bagian belakang, menghasilkan efek visual baru – warna holografik dengan tekstur potongan. Dengan mengoptimalkan lekuk samping tubuh, bingkai tengah secara visual lebih ramping dan ringan. Desain 3D yang ramping melengkung ke belakang, membuatnya pas di telapak tangan. Desain ergonomis seperti ini memberikan nuansa yang lebih nyaman saat dilihat maupun digenggam.

Realme 5 Pro tersedia dalam dua pilihan warna. Pertama, crystal green dengan warna cerah yang menambah kemewahan. Kedua, sparkling blue yang selama ini menjadi warna favorit pengguna realme dimana memperlihatkan kesan misterius dan premium. Kamu warna apa?

Baca juga: Review realme X: Kamera 48MP dan Selfie Pop-up Jadi Andalan

Layar

realme 5 pro Ponsel ini dibekali memiliki layar berukuran 6,3 inci dengan resolusi FHD+ (2340 × 1080) yang menawarkan tampilan lebih luas dan lebih jelas. Bezel di tepi layar sangat tipis hingga mencapai rasio layar sangat tinggi 90,6%, sehingga menghasilkan efek visual yang menakjubkan.

Realme 5 Pro seperti seri sebelumnya, masih mengadopsi konsep desain “dewdrop” dengan poni mungil seperti tetesan air untuk menempatkan kamera depan dan sensor terintegrasi di bagian atas layar. Secara umum, kualitas layarnya sangat baik. Respon layar sentuh akurat dipakai untuk mengetik. Untuk menonton konten multimedia juga sangat nyaman.

Kamera

Walau masih tergolong pemain baru, tetapi realme justru membuka era quad-camera resolusi tinggi 48 MP di pasar. Sehingga memberikan pengalaman fotografi serba bisa yang dapat diterapkan dalam berbagai skenario. Secara teknis, realme 5 Pro dibekali quad-camera dengan konfigurasi kamera utama 48 megapiksel (Sony IMX586) + 119 ° lensa ultra-wide-angle + lensa ultra macro + lensa portrait di belakang.

Kamera utama menggunakan sensor Sony IMX586 berukuran 1/2.0 inch dengan aperture besar f/1.7. Sensor Sony IMX586 telah teruji di pasar dengan kinerja pemotretan stabil, menghasilkan gambar sangat baik. Sensor ini memakai teknologi Quad-Bayer pixel four-in-one dengan pixel tunggal 1,6um. Menawarkan  dynamic range yang baik dengan detail gambar yang kaya.

Kamera dilengkapi dengan sejumlah fitur unggulan. Di antaranya Nightscape yang menghasilkan foto pemandangan malam dengan kecerahan dan detail istimewa. Fitur ini sudah kita temui di seri sebelumya realmr 3 series di mana kemampuannya ditingkatkan lagi.

Teknologi nightscape menggabungkan AI dengan mesin multi- bingkai. Berdasarkan berbagai pemandangan malam, secara adaptif memilih algoritma pemandangan malam terbaik untuk mendapatkan gambar yang optimal. Efek pemotretan portrait lebih lanjut dioptimalkan dengan memberikan perlindungan khusus untuk wajah, sehingga portrait lebih cerah dan warna kulit tetap alami. Fitur nightscape dapat mengambil foto berkualitas yang jelas, cerah, dan terstruktur dalam warna-warna cerah dan nyata.

Fitur selanjutnya yang juga sudah ada sejak realme 3 series adalah Chroma Boost. Fitur ini meningkatkan efek fotografi yang lebih kaya warna. Mesin AI mengenali informasi pemandangan, mengembalikan detail nyata, kecerahan, dan warna yang dilihat oleh mata manusia melalui model visual manusia yang unik, dan memolesnya.

Fitur yang tergolong baru di realme 5 Pro adalah Ultrawide, Ini merupakan kamera pertama realme yang memiliki kamera wide-angle HD dengan piksel 8MP, sudut lebar 119° dengan apertur f/2.25. Fitur ini sangat cocok untuk mengambil foto lanskap, bangunan maupun foto grup dengan banyak orang. Menariknya, realme menerapkan algoritmayang mampu memulihkan distorsi titik kesalahan pada foto ultra-wide angle tradisional, membuat foto-foto bidang lebar lebih nyata.

Kemampuan kamera realme 5 Pro yang juga baru adalah ultra makro. Dengan rentang fokus 4cm, kita dapat mengambil foto yang lebih jelas dalam jarak lebih dekat, dengan mudah menangkap berbagai detail seperti bunga, tanaman, serangga kecil dan tetesan air.

Bagaimana dengan yang gemar swafoto? Kamera depan realme 5 Pro memiliki resolusi 16-megapiksel, aperture f/2.0 sensor gambar Sony IMX471 dengan lensa 5P. Kamera juga mendukung Quad Bayer smart pixel 4-in-1 technology yang dapat mensintesis 2μm piksel besar untuk kinerja selfie yang baik di lingkungan rendah cahaya. Warna kulit dalam gambar tetap alami dan detailnya sangat dipulihkan.

Sebagai bagian dari keluarga OPPO yang terkenal dengan kamera selfie, sudah bisa dipastikan kemampuan swafoto di realme pun berkualitas. Kamera didukung ditur AI Beauty yang bisa mengoptimalkan tampilan wajah sehingga terlihat lebih cantik atau ganteng, tergantung jenis kelaminnya.

Nah bagi yang ingin membuat konten video, kualitas di realme 5 Pro ditingkatkan dengan dukungan perekaman video hingga resolusi 4K. Bukan hanya itu saja, kamera depan dan belakang keduanya memiliki fungsi Electric Image Stabilization (EIS). Fungsi video juga mendukung perekaman video gerakan lambat dalam resolusi 960fps pada reesolusi 720p.

Asyiknya, realme 5 Pro mendukung pengeditan video, walau masih sederhana. Setidaknya, pengguna bisa menambah dan menyesuaikan kecepatan video, filter, teks, efek soundtrack, dan sebagainya. Juga dapat membuat video yang diedit melalui fungsi tema.

Hasil foto:

Hasil foto outdoor dengan tanpa zoom, kondisi subyek bergerak
Foto outdoor dengan zoom 2x

Foto outdoor dengan perbesaran 5x
Foto makro
Hasil foto dengan nightmode

Fitur

Smartphone ini memakai antarmuka ColorOS 6.0 yang sudah disesuaikan dengan realme dimana desainnya disebut terinspirasi dari ruang angkasa. Desain antarmuka ini juga disesuaikan dan pengalaman stock Android eksklusif, sehingga dapat menciptakan pengalaman sistem yang sederhana dan halus.

Dan untuk lebih memenuhi kebutuhan pengguna, realme mengembangkan fungsi pelokalan berdasarkan karakteristik regional, menyediakan aplikasi dan fitur yang lebih sesuai dengan kebiasaan pengguna. Saya cukup nyaman dengan antarmuka realme 5 Pro yang gampang dan mudah digunakan ini.

Fitur yang cukup berguna adalah tersedianya Ruang pribadi bagi yang butuh kenyamanan lebih karena bisa menyembunyikan aplikasi, foto, file, dan konten lainnya. Pengguna dapat masuk ke ruang tersembunyi melalui sidik jari privasi yang ditetapkan secara terpisah, mengunci ponsel secara manual dan mematikan kata sandi biometrik ponsel.

Bagi para gamers, realme 5 Pro juga dijejalkan fitur penting Hyper Boost 2.0 yang kini didukung Frame Boost dan Touch Boost. Fitur ini dapat meningkatkan kinerja dan stabilitas ponsel selama permainan, dan memastikan pengalaman bermain game terbaik bagi pengguna.

realme 5 Pro menggunakan proses pembuangan panas gel baru, ditambah kombinasi foil tembaga, lembaran grafit, dan aluminium konduktivitas termal tinggi dengan konduktivitas termal hingga 160λ. Hal ini dapat mencapai pembuangan panas yang lebih baik dan mempertahankan operasional yang nyaman saat melakukan tugas berat seperti game skala besar.

Basis pengguna realme masih muda dan berkarakter, mereka suka mengekspresikan kepribadian mereka dengan musik. Untuk memberikan pengalaman yang lebih baik kepada pengguna yang menyukai musik, realme telah mengembangkan teknologi optimisasi kualitas suara speaker kecil Dirac Power Sound bersama dengan Dirac Research AB.  Teknologi ini secara khusus ditargetkan pada tiga performa utama speaker kecil yang digunakan pada ponsel untuk pengoptimalan kualitas suara keseluruhan, bass dan volume.

Kinerja

Chipset adalah bagian sentral dari ponsel. Karena inilah otak yang membuat perangkat berjalan dengan sebagaimana mestinya. realme 5 Pro dipersenjatai dengan prosesor Qualcomm Snapdragon 712 AIE. Dibanding dengan realme 3 Pro yang memakai Snapdragon 710, ada sedikit peningkatan pada chipset generasi baru dengan arsitektur delapan inti Kryo ini. Inti CPU ditingkatkan ke angka 2,3 GHz, di mana kinerja keseluruhan 10% lebih tinggi dari prosesor Qualcomm Snapdragon 710 generasi sebelumnya.

Ponsel ini juga dilengkapi dengan Qualcomm Adreno 616 GPU, dan kinerja grafis dan efisiensi energi meningkat hingga 35% dibandingkan dengan generasi sebelumnya. Prosesor Qualcomm Snapdragon 712 AIE menggunakan teknologi proses FinFET 10nm canggih untuk secara efektif mengurangi konsumsi daya prosesor dan mencapai masa pakai baterai yang lebih lama sambil meningkatkan kinerja.

Pada chipset ini terdapat Hexagon 685 DSP yang sama dengan prosesor Snapdragon 845. Artinya, kemampuan pemrosesan gambar prosesor Snapdragon 712 AIE telah mencapai tingkat flagship. Hal ini dapat memberikan kualitas gambar yang superior dan pengalaman yang lebih cepat saat memproses data gambar.

benchmark realme 5 pro

Selanjutnya pada sektor memori, realme 5 Pro menggunakan LPDDR4X + UFS2.1. Ini merpakan paket konfigurasi berkecepatan tinggi dengan spesifikasi hingga 8GB + 128GB, memberikan pengalaman penyimpanan yang halus dan cepat.

Untuk menunjang aktivitas pengguna, realme 5 Pro dilengkapi dengan baterai berkapasitas tinggi 4035mAh. Sudah memenuhi untuk penggunaan sehari-hari bagi pengguna yang moderat sekaligus meningkatkan kinerja. Baterai diperkuat dengan fungsi AI Freezer yang dapat memprediksi penggunaan aplikasi, dan segera membekukan aplikasi yang tidak digunakan untuk menghemat daya.

Jika baterai habis, tidak perlu khawatir. Karena sistemnya telah mengadopsi VOOC Flash Charge 3.0 sebagai teknologi pengisian cepat bertegangan rendah yang dipatenkan OPPO. Teknologi ini menggunakan mode tegangan rendah, arus tinggi untuk memastikan kecepatan pengisian sambil mengurangi panas adaptor dan ponsel dalam proses pengisian.

Tertarik untuk memiliki realme 5 Pro?  Kamu bisa membelinya di official store realme di Shopee.

Spesifikasi realme 5 Pro

Klik untuk spesifikasi lebih rinci

General

Device Type Smartphone
Model / Series Realme 5 Pro
Released 19 September, 2019
Status Available
Price Rp 2.999.000 (4+128GB); Rp 3.699.000 (8 + 128 GB)

Platform

Chipset Qualcomm Snapdragon 712 AIE Octa-core CPU
CPU 10nm CPU technology CPU up to 2.3Ghz frequency
GPU Adreno 616
RAM (Memory) LPDDR4X 4/8GB
Storage UFS2.1 128GB ROM, support microSD
Operating System Android 9 (Pie)
User Interface Color OS 6

Design

Dimensions 157mm * 74.2mm * 8.9mm
Weight 184 gram
Design Features Warna: Crystal Green. Sparkling Blue Display
Battery 3765mAh (typical value)
Support 20W (5V4A) VOOC 3.0

Network

Network Frequency GSM, WCDMA, TD-LTE, FDD-LTE
GSM: 850/900/1800/1900MHz WCDMA: Bands 1/5/8 FDD-LTE: Bands 1/3/5/8 TD-LTE: Bands 38/40/41
SIM Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)
Data Speed 4G LTE

Display

Screen Type capacitive touchscreen, 16M colors
Size and Resolution 6,3 inci, FHD+ 2340 x 1080 piksel, rasio 90,6%
Touch Screen Yes
Features Corning Gorilla Glass 3+

Camera

Multi Camera Yes (Rear)
Rear 48MP + 5MP Bukaan F1.7 + F2.4 Smart four-in-one pixel binning Nightscape Chroma Boost New portrait style HDR
Front 16MP Bukaan F2.0 Smart four-in-one pixel binning
Flash Yes
Video 4K, 30fps 1080P, 30/60fps 720P, 30/60fps 1080P Slow-mo, 120fps 720P Slow-mo, 960fps EIS, stabilisasi gambar elektronik Photographing delay
Camera Features Dual Pixel Fast Focusing
Flash/Soft Light: Back LED Flash
Nightscape
Ultra HD
Chroma Boost
Portrait Mode
Expert Mode
HDR

Connectivity

Wi-fi Wi-Fi is a popular wireless networking technology using radio waves to provide high-speed network connections that allows devices to communicate without cords or cables, Wi-Fi is increasingly becoming the preferred mode of internet connectivity all over the world. 802.11b/g/n, 2.4GHz
Bluetooth Bluetooth is a wireless communications technology for exchanging data between mobile phones, headsets, computers and other network devices over short distances without wires, Bluetooth technology was primarily designed to support simple wireless networking of personal consumer devices. v5,0, A2DP, LE, Supports aptX, aptX HD and LDAC
USB USB Type C
GPS GPS The Global Positioning System is a satellite-based radio navigation system, GPS permits users to determine their position, velocity and the time 24 hours a day, in all weather, anywhere in the world, In order to locate your position, your device or GPS receiver must have a clear view of the sky. GPS, aGPS, GLONASS, sistem navigasi Beidou
HDMI HDMI (High-Definition Multimedia Interface) is a compact audio/video interface for transferring uncompressed video data and compressed or uncompressed digital audio data from a HDMI-compliant source device to a compatible computer monitor, video projector, digital television, or digital audio device. No
Wireless Charging Wireless Charging (Inductive Charging) uses an electromagnetic field to transfer energy between two objects. This is usually done with a charging station. Energy is sent through an inductive coupling to an electrical device, which can then use that energy to charge batteries or run the device. No
NFC NFC (Near field communication) is a set of standards for smartphones and similar devices to establish peer-to-peer radio communications with each other by touching them together or bringing them into proximity, usually no more than a few inches.
Infrared Infrared connectivity is an old wireless technology used to connect two electronic devices. It uses a beam of infrared light to transmit information and so requires direct line of sight and operates only at close range. No

Smartphone Features

Multimedia Features - MP4/H.264/FLAC player
- MP3/eAAC+/WAV player
- Document viewer
- Photo viewer/editor
FM Radio Yes
Web Browser Web Browser => a web browser is a software application used to locate, retrieve and display content on the World Wide Web, including Web pages, images, video and other files, The primary function of a web browser is to render HTML, the code used to design or markup webpages. HTML5
Messaging SMS(threaded view), MMS, Email, Push Email, IM
Sensors Sensors are electronic components that detects and responds to some type of input from the physical environment. The specific input could be light, heat, motion, moisture, pressure and location, The output is generally a signal that is converted to use in computing systems, a location sensor, such as a GPS receiver is able to detect current location of your electronic device. Geomagnetic sensor

Acceleration sensor

Gyroscope

Light and distance sensor
Other Di dalam kotak
realme X
Kabel data Tipe-C
Adaptor flash charge
Pelindung Handphone
Pelepas SIM
Panduan mulai cepat
Dokumen yang berisi informasi penting (termasuk kartu garansi)
84%
Awesome

Review realme 5 Pro

Realme 5 Pro menjadi perangkat mobile photography unggulan berkualitas tinggi di industri, jauh melampaui level harganya.

Beli
Realme 5 Pro di Shopee
  • Design
  • Display
  • Camera
  • Battery
  • Performance
  • Features
  • Value for money
1 Komen
  1. new berkata

    bang, realme 5 pro dengan stok kamera ko cacat ya pada perekaman video di frame rate 60fps? patah2 alias lag, ga semulus perekaman realme 3 pro? stock kamera nya yang jelek, atau memang jelek sensor kamera nya? mohon pencerahannya ya bang. terima kasih

Tinggalkan Balasan