alexa

Review realme C21: Smartphone Entry Level Paling Tangguh Harga Sejutaan

Ketika memutuskan untuk membeli smartphone kelas entri, secara tidak langsung kita sebagai konsumen sudah menurunkan ekspektasi terkait beberapa fitur yang bakal didapat. Mulai dari kamera, daya tahan baterai, sampai build quality-nya. Situasi yang coba diatasi oleh realme Indonesia lewat realme C21, smartphone terjangkau sejutaan di awal 2021.

Kalau sudah harga sejutaan, sudah wajar kalau sebuah smartphone tidak menggunakan material bodi kaca atau metal sekalipun. Yah namanya terjangkau, pasti harus ada sisi yang dikorbankan. Tapi realme C21 hadir berbeda, baik secara tampilan maupun durabilitasnya. Diklaim sebagai smartphone yang punya sertifikasi ketahanan paling terjangkau.

Tak hanya itu saja fitur kunci yang diunggulkan, namun juga daya tahan baterai sampai setup 13MP AI Triple Camera yang ada di belakangnya. Menjadi yang termurah, apakah smartphone ini layak untuk dibeli? Berikut ulasan saya setelah menjajal realme C21 selama beberapa hari.

Desain

Desain realme C21

Familiar. Itulah kesan pertama saya saat pertama kali melihat desain bodi belakang dari realme C21. Punya desain modul kamera kotak, ditemani logo realme di bawah, yang bersebalahan dengan lubang speaker. Ya, berpindah dari yang biasanya di sisi bawah, ke bodi belakang.

Desain garisnya menarik sih, seolah berikan efek tanda silang (yang sebenarnya terinspirasi dari bentuk jam pasir—iya juga ya). Kebetulan, unit yang saya ulas punya warna Cross Blue (selain opsi warna Cross Black). Warnanya cerah, sedikit kehijauan, dan dapat pantulkan cahaya dalam kemiringan tertentu.

Baca juga: Review realme C25: Paling Kencang & Tangguh di Kelasnya

Speaker realme C21

Permukaannya minim bekas sidik jari dan tahan dari goresan. Sensor sidik jari juga disematkan pada bodi belakangnya, punya responsivitas baik dan bisa digabungkan dengan face unlock. Nggak berat, tapi juga terasa solid dengan bobot 190 gram.

Yang spesial dari desainnya adalah sudah mengantongi sertifikasi TÜV Rheinland, di mana berhasil melewati 23 poin pengujian. Mulai dari jatuh, tes abrasi, suhu ekstrim sampai kelembapan. Jadi meski hadir tanpa soft case bawaan, nggak perlu khawatir bodinya mudah penyok atau tergores, bakal tetap aman.

Layar

Layar realme C21

Masih sama seperti smartphone realme kelas entri lainnya, realme C21 punya bidang layar 6,5 inci beresolusi HD+ dan punya mini-drop notch di bagian atas. Panel IPS yang digunakan tergolong oke baik dari segi kontras dan warna. Yang saya rasa sedikit berbeda, layarnya benar-benar flat, dengan sudut pinggir yang sedikit lebih tinggi.

Kalau desainnya seperti ini, biasanya lebih aman ketika diletakkan di meja menghadap ke bawah. Namun perlu hati-hati, karena di atas kertas layarnya tak memiliki perlindungan tambahan maupun lapisan antigores. Untuk keamanan mata, ada mode Eye Comfort yang bisa mengurangi emisi cahaya biru.

Dimensi layar lebar tentu bakal bikin nyaman untuk main gim atau streaming video langsung dari smartphone. Sayangnya, untuk platform seperti Netflix, belum bisa streaming dalam kualitas HD. Tapi menilik dari kelas harganya, wajar saja sih jika panel layar realme C21 belum mendukung Widevine L1.

Kamera

Kamera realme C21

Meski terjangkau, terdapat setup tiga kamera di belakangnya. Selain sensor utama 13MP f/2.2, ada juga lensa makro yang bisa ambil foto objek jarak dekat (hingga 4cm) dan lensa retro hitam putih. Hal unik yang saya temukan, filter malam seperti Cyberpunk, Modern Gold serta Flamingo bisa dipilih di luar mode Nightscape.

Fitur lainnya sih tergolong standar, mulai dari mode profesional dengan parameter ISO & shutter speed yang bisa diubah, Chroma Boost untuk tingkatkan saturasi, dan pembesaran digital sampai 5x. Sementara di depan, disematkan kamera 5MP yang mendukung HDR, AI Beauty plus mode potret.

Hasil fotonya sendiri cukup berkualitas dengan warna yang cenderung menyala—cocok buat Gizmo friends yang lebih suka foto pop, siap dibagikan ke media sosial tanpa perlu edit. Mode ultra macro bisa dimanfaatkan untuk foto objek kecil dan dekat, meski efektif di kondisi cahaya berlimpah saja.

Untuk foto menggunakan mode malam, umumnya diperlukan waktu 4 detik saat jepret foto. Sebagai alternatif, sensor sidik jari di belakang bisa dimanfaatkan sebagai tombol shutter dengan menyentuhnya. Untuk kualitasnya, bisa Gizmo friends cek langsung di bawah, atau dengan meng-klik album Google Photos berikut ini ya.

YlBlMfFCJfVPZ7ZNDtgZMiV1LIN7pOybxihcEIeoCxOp73LfQk7ITfCxomhDHFzMBhqOiK3HluGiu3qRYWM4ttH3Hu0EGPuGiQshi8LY hW4HhrAnM5BtrjfIeoNV4Wr13O78dfuVA=w1024 h768 p k
Outdoor, siang hari.
6LW qQ4lx4XVfK ZNTgGhL9SfX9YcnxB7RkapCaPC37rcO14Llco7nGagIynAz1cOONdAQeSaohtnpKGi9VVGVycfRFY1vhBZzfQCel9 IKT iUwQUA9djRxYPNPdgnCohzrKvlckQ=w1024 h768 p k
Indoor, cahaya cukup.

 

ya2 kUQb4e6NPhPbXCddjO470ODWkQGbmNWexrtfdIZi5erFDoZqKPDchuc4PYQlG2rSMSuEGmM8YuBvRK06ZVx9CbylY3UXj7SI4 CDTUsJfvLDDTf55rODskXYpjnSN06hGGWLqg=w1024 h768 p k
Indoor, cahaya cukup.
s5JoKgvtwvr4ENdWxJrv4CbSeH uw5sZipfdympES6ht1iK3OGbFqbapuDHug8RDC9DjPAONfUtt0P3kYd2mErg3L jYsOnkQ3rX5PhyNYAMGNxh36Q0IQKaRl8kiWU2 1uYJYDBTA=w1024 h768 p k
Indoor, cahaya cukup.

 

rMyRVQOcqG5mUWBEGew6vtllbd7qoeIwF5n5mkdwWvZz rh8VKvYvmdHlCf8c8ZTGLpgRstZfXRzcN j6G seoVqft7l63G3dPiWH8SQq1whUMouqFatJ2Ooi2vP9 jpYv kDox8Dg=w1024 h768 p k
Menggunakan mode malam.
83tNW9Z3eX1s18cuEYWiWBsDDhJstbBaRepHrPLvLevp7hElf4MzT21MWnjpVCKxxNqTOoKsuKQsOUA5OrmM79M5Zriyg80lrPYQJmuFrPEvRFBl54i6hOoZ 4GrQCZSjzvHcqul w=w1024 h768 p k
Kamera depan, indoor cahaya berlimpah.

Sementara perekaman videonya bisa memilih antara resolusi 720p maupun 1080p. Masing-masing di 30fps dan tanpa EIS, sehingga bakal terlihat shaky bila digunakan untuk nge-vlog. Disarankan pakai alat bantu seperti monopod supaya lebih stabil.

Fitur

Fitur realme C21

realme C21 menjalankan sistem operasi Android 10 dengan tampilan antarmuka realme UI 1.0. Seperti biasa, realme sematkan cukup banyak fitur ekstra, tanpa membuat antarmukanya terasa penuh atau berantakan. Salah satu yang unik adalah Dual Mode Music Share.

Lewat fitur ini, kamu bisa mendengarkan sebuah lagi dari smartphone bersama teman secara bersamaan. Yang satu pakai earphone kabel, satu lagi pakai Bluetooth earphone. Lalu untuk pelajar yang lebih ingin fokus belajar, bisa aktifkan Mode Fokus yang secara otomatis aktifkan fitur Do Not Disturb.

Dengan begitu, tak bakal terganggu oleh masuknya notifikasi yang distraktif. Untuk menikmati konten multimedia, speaker mono yang ada di bodi belakang realme C21 tergolong kencang. Hanya saja peletakannya bakal kurang pas ketika smartphone diletakkan dengan layar menghadap ke atas. Jadi sedikit tertutup, meski sudah ada bagian menyembul agar tidak benar-benar tertutup. Bisa diatasi dengan menaruhnya menghadap ke bawah.

Performa

Skor Antutu realme C21

Gunakan chipset MediaTek Helio G35, arsitektur CPU-nya sudah octa-core dengan clockspeed mencapai 2,3GHz. Selain kencang, juga tergolong hemat daya berkat fabrikasi 12nm yang diusungnya. Seri “G” pada penamaannya pertegas kalau smartphone ini bakal cocok digunakan untuk bermain.

Namun karena harganya terjangkau, masih belum bisa buat main PUBG Mobile dengan grafis smooth – ultra, ya. Setidaknya pengaturan default medium masih cukup lancar, asal tidak sedang berkompetisi secara profesional. Dibantu juga dengan opsi RAM 4GB yang perlancar proses multitasking.

Sementara penyimpanan internalnya tersedia sampai 64GB, yang masih bisa diekspansi lewat kartu microSD sampai 256GB. Mekanismenya triple-slot, ya, jadi bisa dengan dua kartu nano SIM sekaligus. Untuk sekadar menjalankan aplikasi media sosial sampai edit video ringan, masih sanggup banget deh. Selain itu realme juga menyediakan opsi memori lebih rendah yaitu 3+32GB yang juga menyediakan 3 slot kartu.

Baterai

Punya baterai yang tergolong besar di kelasnya, baterai 5,000 mAh di realme C21 membuat smartphone kelas entri yang tangguh ini kuat buat digunakan secara intensif seharian penuh dari pagi sampai malam. Itu pun masih tersisa baterai sampai keesokan harinya.

Kalau pemakaiannya tidak terlalu intensif, tanpa banyak jepret foto atau menjadikannya sebagai mobile hotspot, tentu bakal sangat mudah untuk tahan dua hari penuh. Kalau butuh yang lebih irit, bisa mengaktifkan Super Power Saving Mode. Diklaim bakal tetap bisa akses Spotify sampai hampir 5 jam dengan baterai tersisa 5% aja.

Sementara untuk pengisian dayanya memang butuh agak sabar dikit. Pasalnya belum didukung dengan fast charging, sehingga mengisi daya lewat charger 10W membutuhkan waktu sekitar 3 jam. Lewat port micro-USB pada bagian bawahnya, yang mendukung reverse charging.

Namun bila ditilik dari lamanya penggunaan smartphone ini, rasanya mengisi daya 3 jam masih wajar dan dapat dilakukan pada malam hari agar esok hari bisa tahan seharian lagi.

Kesimpulan

Kelengkapan realme C21

Secara keseluruhan, realme C21 bisa membawa fitur-fitur esensial yang perlu ada di dalam sebuah smartphone kelas entri, bahkan lebih. Tiga sensor kamera utama, layar besar, baterai super hemat, masih ditambah dengan desain yang cukup segar di mata.

Dan untuk menambah itu semua, sertifikasi ketahanan dari TÜV Rheinland berikan rasa aman untuk penggunanya. Tak perlu khawatir bila selama pemakaian terjadi hal-hal tak terduga seperti jatuh, terkena air dan musibah keseharian lainnya. Sebuah diferensiasi menarik yang berhasil dihadirkan realme Indonesia.

Dan menjadi smartphone kelas entri, tentu tak bisa membawa semua fitur favorit secara menyeluruh. Bila tidak masalah dengan sistem pengisian dayanya, maka realme C21 layak dijadikan pilihan.

[rwp_box id=”0″ ]


Beli smartphone realme C21 di e-commerce:

SHOPEE.CO.ID lazada.co.id realme.com

Spesifikasi realme C21

realme C21
Klik pada gambar untuk spesifikasi lebih lanjut.

General

Device Type Smartphone
Model / Series realme C21
Released 23 Maret, 2021
Status Available
Price Rp1,549,000 (Harga Perkenalan 3/32GB, normal Rp1,699,000), Rp1,999,000 (4/64GB)

Platform

Chipset MediaTek Helio G35 (12 nm)
CPU Octa-core (4 x 2.3 GHz Cortex-A53 & 4 x 1.8GHz Cortex-A53)
GPU PowerVR GE8320
RAM (Memory) 3/4GB
Storage 32/64GB
External Storage Up to 256GB (dedicated slot)
Operating System Android 10
User Interface realme UI 1.0

Design

Dimensions 165.2mm * 76.4mm * 8.9mm
Weight 190 g
Design Features Warna: Cross Black, Cross Blue
Geometric Design
Battery Non-removable Li-Po 5000 mAh battery, 5V 2A charger

Display

Screen Type IPS LCD capacitive touchscreen, 16M colors
Size and Resolution 6.5 inches, HD+ 720 * 1600
Touch Screen Capacitive Touchscreen
Features Rasio layar 89,5%

Network

Network Frequency GSM/ HSPA / LTE
SIM Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)
Data Speed HSPA 42.2/11.5 Mbps, LTE-A (2CA) Cat6 300/75 Mbps

Camera

Multi Camera Yes (Rear)
Rear 12 MP, f/1.8, (wide), PDAF; 2 MP, f/2.4 (B&W); 2 MP, f/2.4 (macro)
Front 5 MP, f/2.4
Flash Yes
Video 720p / 1080p, 30fps Slo-Mo (120fps / 480p)
Camera Features LED flash, HDR, Panorama, Chroma Boost, AI Beauty, Expert Mode, Nightscape

Connectivity

Wi-fi Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, Wi-Fi Direct, hotspot
Bluetooth 5.0, A2DP, LE
USB microUSB 2.0, USB On-The-Go
GPS Yes, with A-GPS, GLONASS, GALILEO, BDS
HDMI No
Wireless Charging No
NFC
Infrared No

Smartphone Features

Multimedia Features Loudspeaker, Port Jack 3.5 mm
FM Radio Yes
Web Browser HTML 5
Messaging SMS, MMS, Online
Sensors GPS / Beidou / Glonass
Sensor Induksi Magnetik
Sensor Cahaya
Sensor Jarak
Sensor Akselerometer
Sensor sidik jari
Other OTG Reverse Charging

Disclaimer: artikel ini merupakan kerja sama dengan realme Indonesia

2 Komen
  1. [email protected] berkata

    bagus nih

  2. ahlinyatkj berkata

    bagus nih pas untuk kelas menengah bawah

    jangan lupa kunjungi website saya di sana ada info – info menarik ahlinyatkj.site

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.