Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Review Tecno Spark 6 Go: Harga Murah, Fitur Melimpah

0 843

Mencoba peruntungannya di pasar Indonesia, Tecno Mobile mulai hadir secara resmi sebagai saudara dari Infinix, sama-sama dinaungi oleh Transsion Holding sebagai perusahaan induknya. Produk-produknya yang disediakan pun hadir dengan harga terjangkau, salah satunya adalah Tecno Spark 6 Go yang bakal saya ulas kali ini.

Dianggap penuhi dambaan pelanggan Tanah Air, fitur-fitur yang dibawa oleh smartphone ini bisa dibilang cukup kompetitif, dengan harga jual yang bersaing pula. Segmen harga Rp1 jutaan memang jadi yang paling menggoda, secara otomatis membuat Tecno Spark 6 Go memiliki banyak pesaing di kelas yang sama.

Sebelum saya mencoba smartphone ini, saya mencoba untuk tidak berekspektasi terlalu tinggi, mengingat spesifikasi di atas kertas yang ditawarkan cukup menggoda. Too good too be true, istilahnya, kalau semua fitur berjalan dengan sempurna. Apakah benar begitu? Berikut ulasan lengkapnya.

Desain

Desain Tecno Spark 6 Go

Kalau sudah masuk ke segmen harga yang terjangkau, tentunya kita tidak bisa berharap banyak pada material yang digunakan oleh Tecno Spark 6 Go. Namun setidaknya masih bisa dimodifikasi sedikit agar tetap menarik di mata. Dalam hal ini, opsi warna yang diberikan cukup beragam, Ice Jadeitte, Mystery White dan Aqua Blue yang ada di tangan saya.

Materialnya terbuat dari plastik dengan finishing glossy, dan memang bakal terpancar kelas harganya saat dilihat dari jauh sekalipun. Namun disematkan sebuah pola garis menarik di bodi belakangnya, serta tidak mudah membekas sidik jari. Dimensinya juga cukup tipis di 9,1mm, tanpa tonjolan kamera belakang.

Menariknya, Tecno Mobile masih bisa sematkan sensor sidik jari pada Tecno Spark 6 Go, di saat kompetitor lainnya hanya menyematkan opsi face unlock memanfaatkan kamera depan. Kecepatannya tergolong instan dan akurat pula. Untuk perlindungan ekstra, disematkan pula hard case eksklusif dengan logo Manchester City serta lapisan antigores terpisah dalam paket penjualannya.

Layar

Layar Tecno Spark 6 Go

Enak dipandang, namun kurang nyaman saat digunakan. Kalimat itulah yang bisa menggambarkan bagian layar dari Tecno Spark 6 Go. Secara dimensi memang sudah cukup luas di 6,52 inci, gunakan panel IPS dengan resolusi HD+. Warna yang ditampilkan cukup berwarna dengan viewing angle yang baik, bisa dibilang sedikit melebihi kelasnya. Juga masih ditambah dengan perlindungan Corning Gorilla Glass 3.

Namun sayangnya, layar ini sedikit kurang enak saat digunakan untuk bermain gim ataupun ketik-ketik secara cepat. Padahal, saya belum memasangkan proteksi layar. Seringkali saya harus mengetik ulang kata yang salah ketik, atau mengantisipasinya dengan memberikan tekanan sedikit ekstra pada tiap huruf yang saya tuliskan. Begitu pula dengan proses swipe saat sedang akses aplikasi media sosial maupun bermain gim.

Kamera

Kamera Tecno Spark 6 Go

Total terdapat tiga lensa kamera yang dimiliki Tecno Spark 6 Go, satu di depan dan dua di belakang. Untuk keperluan swafoto, disiapkan kamera 8MP f/2.0 yang dilengkapi lampu kilat. Lampu ini berjenis LED, disematkan di sebelah kiri sensor, alias bukan dengan cara menyalakan layar hingga terang.

Sementara di belakang, terdapat setup dua sensor kamera yang diletakkan sejajar bersama LED flash, seolah memiliki tiga kamera. Sensor utamanya beresolusi 13MP, mendukung autofokus dan diafragma f/1.8. Sensor sekundernya tak disebutkan jenisnya—dugaan saya untuk membantu hasilkan efek bokeh lebih baik.

Fitur AI Scene Detection mampu kenali 18 jenis pemandangan yang berbeda dengan tingkat akurasi 95%. Sementara fitur lain seperti ‘AI Beauty’ dan ‘AI Body Shaping’ juga hadir untuk percantik foto diri. AI Body Shaping hanya hadir pada varian memori tertinggi, karena chipset yang digunakan sedikit berbeda.

Lalu bagaimana dengan kualitas kameranya? Secara reproduksi warna, tergolong cukup baik alias mendekati akurat. Hasil foto dalam ruangan pun masih memiliki detil yang cukup, tentunya bila dibandingkan dengan smartphone sekelasnya ya. Kalau sudah malam hari, detil tentu menurun derastis.

c7qB8aY3tLkjerrf5acYDi82TTqiGX2ewn BHLu0P7xXDg3oX lyveX7feEbUACSYzwAYyLv3SmT 6PC237Bv sCBuf0yg7t88CJrM xblGskRfgq DAltzvm4avmQZMECJucDp4g=w1200 h900 p k
Menguji kemampuan HDR.
sYRMdCMWAamn7M8016r5ZWkoeJc5OhWlLGpj3PscdjTxGjcSbG9Yn8pHAGv0IE4r1Q3seHlHfTw2GM2e9g1fjv8 TJINSt uS70dA i8XXoE9aWfz0mkTHRi Pp9NVUt65EiHG4AhQ=w1200 h900 p k
Indoor, cahaya melimpah.

 

KqweMo0TAp4NRRsu5wLKeLFdN5HMAczOB0ahf9SJ0YfmRUdFQpworjyGeBQv RKKXX12BNw2ONaxNaU D3u1lf8MX5A Eh9oycwr3GQDGP 1FskqV83FnLMBUWw2nLi5rjIIDad7pw=w1200 h900 p k
Sore hari, indoor cahaya cukup.
h0SwpMzOWOB9eSPsJlih2I4XbLEvOfDmDQeaJB650m3S32ohxBIYB0oQhD3N1O84SMZgSygukB3omvhCKrNMoob2jJP5ElbtwpUjTJUcCq8sKs99yxlUGrs7 I2VWi5SJM fhlW8Jw=w1200 h900 p k
Malam hari, indoor cahaya cukup.

 

IjGU tDTv5EKVJWlf34vPup6CULCyZV5Z8ns39z9c6gbpj5El5QyAiafd3ALflNNCJQw0ffGkvGLXh4WhD2csQ0vBa6VSzkw2mAo7sjI LyYmFXLn7jNOk7U2DhU HxeRK1gwvQUvw=w1200 h900 p k
Menggunakan kamera depan, mode potret.

Ada tiga opsi perekaman video dengan resolusi 480p, 720p dan maksimum 1080p di 30fps. Hasilnya tergolong biasa saja, belum dilengkapi dengan EIS alias bakal kurang stabil saat digunakan untuk merekam handheld tanpa bantuan tripod.

Fitur

Sistem operasi Tecno Spark 6 Go

Meski gunakan sistem operasi Android 10 Go Edition, Tecno Mobile berikan ragam fitur ekstra pada antarmuka HiOS 6.2 milik Tecno Spark 6 Go. Sama sekali tidak terasa seperti sistem operasi versi ringan, dan bila kamu sebelumnya sudah pernah menggunakan Infinix, tampilan menu dan lainnya bakal terlihat mirip alias familiar.

Kesan pertama yang saya dapat ketika mengakses menu adalah penuh. Hal tersebut dikarenakan banyaknya jumlah bloatware di smartphone ini. Banyak di antaranya tidak bisa dihapus, alias hanya bisa di-disable saja. Padahal chipset yang diusung cukup pas-pasan, begitu pula dengan kapasitas memorinya (apalagi untuk varian yang paling murah).

Memang, ada beberapa fitur yang bisa jadi daya tarik tersendiri untuk konsumen. Seperti aplikasi Audio Share yang membuat Tecno Spark 6 Go bisa memancarkan audio ke lebih dari satu perangkat Bluetooth secara simultan. Juga mode khusus seperti Bike mode yang otomatis menolak telepon masuk dan mengirim pesan SMS sembari kita sedang mengendarai kendaraan bermotor.

Performa

Skor Antutu Tecno Spark 6 Go

Smartphone murah Tecno Mobile satu ini memiliki konfigurasi memori yang unik. Bila ditilik di toko resmi daringnya, Tecno Spark 6 Go hadir dalam tiga konfigurasi RAM dan penyimpanan internal berbeda; 2/32GB, 3/64GB dan 4/64GB. Nah, penggunaan chipsetnya pun berbeda, di mana dua varian termurah jalankan MediaTek Helio A20 12nm.

Sementara varian memori 4/64GB pakai Helio A25. Perbedaan keduanya ada di arsitektur CPU dan GPU, di mana A20 punya CPU quad-core Cortex-A53 1,8GHz, sementara A25 punya 4-core CPU ekstra di 1,5GHz. Serta GPU yang sedikit lebih unggul, supaya dapat hadirkan fitur ekstra seperti AI Body Shaping. Varian yang kami ulas adalah varian paling murah, dan performanya masih tergolong oke.

Mungkin karena menggunakan basis Android Go, sehingga walaupun aplikasinya banyak, tidak terlalu membebani prosesor. Karena kapasitas RAM yang cekak, maka wajar bila aplikasi sering membutuhkan proses reload. Namun tidak sampai mengganggu. Dalam kata lain, sesuai dengan harganya, tak jauh berbeda dengan kompetitor.

Baterai

Dengan prosesor yang cukup hemat daya, Tecno Spark 6 Go punya kapasitas baterai cukup besar di 5,000 mAh. Tentunya, belum didukung dengan fast charging, di mana mengisi daya smartphone ini membutuhkan waktu lebih dari tiga jam. Jadi harus ekstra sabar untuk bagian yang satu ini.

Namun jangan khawatir, masa pakainya bakalan lama banget kok. Dengan penggunaan ala saya, bisa mencapai dua hari penuh. Tentunya, menggunakan smartphone kelas entri bakal berbeda dengan saat pakai kelas mid-range maupun flagship, dimana kita tak bisa akses banyak aplikasi sekaligus satu waktu. Situasi tersebut yang juga jadi menambah masa pakai Tecno Spark 6 Go.

Kesimpulan

Kelengkapan Tecno Spark 6 Go

Dibandingkan dengan kompetitor yang pernah saya coba sebelumnya, Tecno Mobile janjikan fitur yang lebih banyak dan spesifikasi lebih tinggi lewat Tecno Spark 6 Go. Tentunya, informasi tersebut bakal nampak seperti oase yang menarik perhatian para calon konsumen. Namun perlu diingat, ini adalah smartphone terjangkau.

Sehingga tentunya bakal hadir dengan beberapa caveat atau kekurangan. Beberapa di antaranya yang paling mengganggu menurut saya adalah banyaknya bloatware serta kualitas layar yang kurang reponsif. Sisanya sih bagus, performa terjaga, kamera relatif baik dan baterai yang awet. Sesuaikan dengan kebutuhan pribadi masing-masing ya.

Review Tecno Spark 6 Go
7.8 / 10 Reviewer
{{ reviewsOverall }} / 10 Users (0 votes)
Design8
Display7
Camera7.5
Performance8
Battery8.5
Features8
Pros
- Desain dan opsi warna menarik
- Fitur lengkap
- Kualitas kamera cukup baik di kelasnya
- Baterai awet
Cons
- Layar kurang responsif
- Jumlah bloatware banyak
Summary
Sebagai pendatang baru di Tanah Air, Tecno Mobile bisa hadirkan sebuah smartphone paket lengkap lewat Tecno Spark 6 Go. Namun sayangnya diikuti sebuah kelemahan yang cukup mengganggu.
Review menurut pengguna Tulis review kamu
Order by:

Be the first to leave a review.

User AvatarUser Avatar
Verified
{{{ review.rating_title }}}
{{{review.rating_comment | nl2br}}}

This review has no replies yet.

Avatar
Show more
Show more
{{ pageNumber+1 }}
Tulis review kamu

Your browser does not support images upload. Please choose a modern one

Spesifikasi Tecno Spark 6 Go

Tecno Spark 6 Go

General

Device Type Smartphone
Model / Series Tecno Spark 6 Go
Released 10 Desember, 2020
Status Available
Price Rp1.199.000 (2+32GB); Rp1.399.000 (3+64GB); Rp1.499.000 (4+64GB);

Platform

Chipset Mediatek Helio A20/A25 (12 nm)
CPU Octa-core (4x1.8 GHz Cortex-A53 & 4x1.5 GHz Cortex-A53); Quad-core 1.8 GHz Cortex-A53
GPU PowerVR GE8320
RAM (Memory) 2/3/4GB
Storage 32GB/64GB
External Storage Up to 512GB (dedicated slot)
Operating System Android 10
User Interface HiOS 6.2

Design

Dimensions 165.6 x 76.3 x 9.1 mm
Weight 193 gram
Design Features Glass front, plastic back, plastic frame
Color: Ice Jadelite, Mystery White, Aqua Blue
Battery Li-Po 5000 mAh, non-removable
no fast charging

Network

Network Frequency GSM 850 / 900 / 1800 / 1900 - SIM 1 & SIM 2
3G HSDPA 850 / 900 / 2100
4G band 1, 3, 5, 7, 8, 20, 28, 38, 40, 41
SIM Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)
Data Speed HSPA 42.2/5.76 Mbps, LTE Cat4 150/50 Mbps

Display

Screen Type IPS LCD capacitive touchscreen, 16M colors
Size and Resolution 6.52 inches 720 x 1600 pixels (~269 ppi density)
Touch Screen Capacitive touchscreen
Features Corning Gorilla Glass 3

Camera

Multi Camera Yes (Rear)
Rear 13 MP, f/1.8, AF; AI Lens
Front 8 MP f/2.0
Flash Dual LED flash, single LED flash (front)
Video 1080p 30fps
Camera Features AI Cam, AI Beauty, AI Body Shaping (varian 4/64GB)

Connectivity

Wi-fi Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, Wi-Fi Direct, hotspot
Bluetooth Yes, Bluetooth 4.2
USB microUSB 2.0, USB On-The-Go
GPS Yes, with A-GPS;
HDMI No
NFC
Infrared No

Smartphone Features

Multimedia Features Audio party mode, bike mode, WhatsApp mode
FM Radio Yes
Web Browser HTML5 (Android Browser)
Messaging SMS (threaded view), MMS, Email, Push Mail, IM
Sensors Fingerprint (rear-mounted), accelerometer, proximity
Other Face and Fingerprint unlock
Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.