Gizmologi
The Gizmo & Technology Universe. Situs teknologi dan gadget terkini.

Asyik! Kita Bisa Coba Sepeda Pintar Berbasis 4G+ & IoT di Universitas Indonesia

Nggak cuma ponsel yang semakin cerdas, sepeda pintar pun terus upgrade diri. Begitulah konsep bike sharing generasi 4G + yang dirancang oleh Telkomsel dengan menerapkan teknologi Narrowband Internet of Things (NB-IoT). Sepeda ini telah diujicoba di Universitas Indonesia/UI, Depok, minggu ini.

Sepeda pintar 4G+ Sepeda Kuning/Spekun di UI menyempurnakan sistem bike sharing generasi ke-4. Sistem bike sharing membuat masyarakat dapat meminjam sepeda ini dalam jangka waktu tertentu dari satu titik lokasi ke titik lokasi lainnya. Disebut sepeda pintar sebab ia dilengkapi dengan smartlock yang terkoneksi dengan sistem aplikasi Spekun di Android. Sistem ini sudah compatible dengan teknologi konektivitas NB-IoT yang membuat seluruh Spekun dapat berkomunikasi dengan server operator sepeda secara efisien.

NB-IoT sendiri merupakan teknologi terbaru yang dapat membuat komunikasi antar mesin bisa makin luas dengan cakupan jaringan telekomunikasi lebih menyebar tanpa boros daya. Teknologi radio akses NB-IoT, yang merupakan salah satu jenis teknologi jaringan low power wide area atau LPWA, memungkinkan perangkat beroperasi hingga bertahun-tahun tanpa mengisi daya sehingga sangat irit.

Bagaimana cara memakai sepeda pintar canggih ini?

Pengguna cukup mengunduh aplikasi Spekun di smartphone masing-masing untuk yang menggunakan Android

Konsumen cukup mengunduh aplikasi Spekun di smartphone masing-masing. Aplikasi pun akan secara otomatis mendeteksi lokasi pengguna dan tiang docking bike sharing terdekat lokasi si pengguna plus ketersediaan si sepeda pintar Spekun di tiang tersebut. Tiang docking bike sharing berbasis radio-frequency identification atau RFID yang membuat si Spekun hanya bisa parkir di dock parkir tersebut saja.

Begitu sampai di tiang docking bike sharing yang disebut, pengguna melakukan scan QR code pada keranjang depan sepeda pintar ini melalui aplikasi Spekun. Smartlock akan terbuka secara otomatis dan sepeda siap dipakai buat gowes.

Related Posts
1 daripada 36

Jika sudah selesai, pengguna dapat mencari tiang bike sharing terdekat. Lalu, pengguna mendekatkan dan mendorong si sepeda pintar pada tiang itu lalu smartlock akan mengunci si Spekun secara otomatis.

Aplikasi ini memudahkan konsumen dalam meminjam sepeda pintar Spekun sekaligus menjaga keamanan dan kerapihan penempatan sepeda.

 

Direktur Utama Telkomsel Ririek Adriansyah mengatakan, “Uji coba hari ini menunjukkan bagaimana NB-IoT dapat digunakan untuk menghubungkan jutaan sensor yang mendukung produktivitas bisnis dan kualitas hidup. Uji coba bike sharing ini merupakan bagian dari pengembangan teknologi NB-IoT yang kami lakukan untuk melengkapi teknologi IoT yang telah diimplementasikan sebelumnya sebagai kelanjutan dari inovasi platform FleetSight dan Connectivity Control Center Telkomsel yang sudah hadir terlebih dahulu.”

Baca juga: Hore! Telkomsel Tetap Buka Registrasi Ulang Prabayar Hingga 30 April 2018

Sistem bike sharing generasi 4+ ini merupakan hasil kolaborasi Telkomsel dengan Banopolis sebagai penyedia sistem bike sharing dan Huawei sebagai penyedia infrastruktur jaringan dan teknologi NB-IoT. Uji coba bike sharing di UI menggunakan teknologi radio akses NB-IoT yang sepenuhnya memenuhi standar 3GPP dan beroperasi pada frekuensi 900 MHz. Untuk tahap awal, Telkomsel bersama mitranya tersebut mengimplementasikan solusi bike sharing di UI untuk tiga stasiun bike share, 20 sepeda, dan 40 tiang dock parkir.

 

 

 

This post is also available in: enEnglish (English)

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan Balasan

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

%d blogger menyukai ini: