Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Tips Pakai Kamera Smartphone Buat Bikin Tugas SFH Makin Gampang

0 194

Untuk mencegah persebaran virus Covid-19, aktivitas yang awalnya dilakukan bersama-sama secara luring, terpaksa diubah secara daring. Lebih banyak menghabiskan waktu di tempat tinggal, semuanya diakses dari perangkat mobile, salah satunya melalui smartphone. Nggak cuma work from home (WFH), tapi juga kegiatan belajar atau school from home (SFH).

Para pelajar bertatap dengan guru secara daring, menghadiri kelas virtual, dan tugas sehari-hari pun diunggah atau dikumpulkan dalam bentuk file digital, supaya mudah diakses oleh pengajarnya. Nah, selain tugasnya yang harus dikerjakan dengan baik, kualitas foto saat mengunggahnya juga harus jelas. Supaya pengajar tidak kesulitan untuk memberikan nilai tugas siswanya.

Dengan begitu, para pelajar membutuhkan smartphone yang tidak hanya punya layar besar dan baterai yang tahan lama, tetapi juga kamera yang berkualitas. Supaya tugas-tugas yang diabadikan secara digital mampu mendukung untuk pengumpulannya. Berikut ada tiga tips utama untuk bikin tugas SFH makin gampang, memanfaatkan kamera dari smartphone Samsung.

Gunakan Aplikasi Pendukung untuk Abadikan Tugas Sekolah

Jenis tugas yang harus dikumpulkan mungkin bermacam-macam, mulai dari prakarya maupun gambar atau teks dokumen. Ada yang dibuat secara digital, ada juga yang mungkin masih harus dikerjakan lewat tulisan tangan, baru kemudian difoto lalu diunggah ke virtual classroom atau melalui penyimpanan cloud yang disediakan oleh para guru.

Untuk memotret dokumen seperti kertas maupun halaman buku, ada aplikasi yang dirancang khusus agar memudahkan proses pengambilan gambar. Tanpa aplikasi, kamu harus membuat ujung dokumen pas dengan frame yang ada di kamera, supaya foto bebas distraksi. Nah, lewat aplikasi seperti Office Lens bisa kamu gunakan agar hal tersebut tidak perlu dilakukan.

Disediakan oleh Microsoft, aplikasi Office Lens juga tersedia sebagai bagian dari Microsoft Office. Lewat aplikasi ini, kamu hanya perlu mengarahkan kamera ke halaman buku yang ingin difoto, tidak perlu terlalu dekat, dan nanti tampilan aplikasi akan menyesuaikan cropping yang pas. Jepret, dan Office Lens bakal menyesuaikan layout foto otomatis.

Aplikasi Office Lens juga mendukung foto kartu identitas, sampai tulisan di papan seperti whiteboard, selain dokumen di atas. Kamu juga bisa lakukan penyesuaian lebih lanjut, dan menyimpan foto dalam berbagai format, termasuk PDF. Bisa juga disimpan langsung ke cloud ataupun ke memori smartphone, yang kemudian bisa kamu teruskan ke pengajar.

Perhatikan pencahayaan dan rawat kamera smartphone

Untuk membantu aplikasi seperti Office Lens dalam melakukan cropping, kamu bisa mengambil foto di area rumah dengan latar bersih, tanpa terlalu banyak objek. Begitu pun saat sedang tatap muka daring menggunakan Google Meet, Zoom, dan lainnya, perhatikan pencahayaan yang bagus. Pilih sudut ruangan yang paling terang, atau manfaatkan lampu tambahan bila perlu. Supaya teks yang ada di dokumen atau objek bisa terlihat lebih jelas dan terang.

Ada juga satu tips yang simpel banget, tapi nggak boleh dilewatin sebelum ambil foto dari kamera smartphone, yaitu membersihkan kaca kamera belakang. Selama school from home, dengan lebih tingginya intensitas penggunaan smartphone, akhirnya perangkat tersebut kita gunakan dan bawa ke mana-mana. Ditaruh ke sana-sini, termasuk meja makan, bisa membuat kaca kamera belakang kotor.

Jadi sebelum mencoba untuk mengabadikan objek atau dokumen tugas, pastikan untuk membersihkan kaca kamera smartphone kamu. Gampang aja kok, bisa pakai microfiber cloth, kain lap kacamata, atau ujung kain kaus yang lagi kamu pakai. Belum pernah coba? Silakan langsung dicoba, dan jangan kaget kalau hasilnya bakal beda banget ya.

Manfaatkan Fitur Kamera Bawaan Smartphone

Meski hadir dengan harga yang terjangkau, Samsung lengkapi smartphone Android terjangkaunya dengan kamera mumpuni. Mulai dari Samsung Galaxy A01 Core, Galaxy A01 sampai Galaxy A11, semuanya dilengkapi kamera depan dan belakang yang berkualitas. Untuk mengabadikan tugas, ataupun konten video sekalipun.

Samsung Galaxy A01 Core dilengkapi kamera belakang beresolusi 8MP, sementara Galaxy A01 dan Galaxy A11 punya resolusi lebih tinggi di 13MP. Ketiganya mampu merekam video hingga resolusi full HD 30fps. Sudah cukup untuk abadikan prakarya atau tugas lainnya yang perlu dokumentasi lebih dari sekadar foto saja.

Khusus di Galaxy A01 dan Galaxy A11, dilengkapi dengan sensor tambahan 2MP depth sensor. Dengan begitu, kamu bisa manfaatkan fitur live focus, untuk membuat latar belakang objek dibuat buram atau punya efek bokeh. Dengan begitu, hasil foto bisa fokus ke objek utama saja, bisa menyembunyikan kondisi kamar kamu yang mungkin lagi berantakan.

Nah, itu tadi beberapa tips untuk memanfaatkan kamera smartphone supaya bikin tugas school from home (SFH) jadi gampang. Punya tips lainnya yang belum kami sampaikan? Bisa kamu tuliskan lewat kolom komentar di bawah ya!


Disclaimer: artikel ini merupakan kerja sama dengan Samsung Indonesia