Gizmologi
The Gizmo & Technology Universe. Situs teknologi dan gadget terkini.

Tips Memotret Dengan Kamera Canon Agar Hasilnya Ciamik

Kamu punya kamera Canon dan ingin menghasilkan foto ciamik? Buat apa beli kamera jika tidak bisa mengoperasikannya. Hehehe. Untuk mendapatkan hasil foto yang keren, bukan perkara sulit. Terpenting pastikan kamu memahami berbagai cara pengaturan kameranya, memiliki pengetahuan terkait trik atau efek dalam membidik objek foto dan sebagainya.

Nah, supaya hasil fotonya semakin maksimal apa saja yang bisa diterapkan? Simak tips memotret dengan kamera Canon berikut ini, Gizmolovers.

1. Format Kartu Memori

Sebelum menggunakan kamera DSLR Canon sangatlah penting untuk selalu melakukan format pada kartu memorinya. Nah, untuk foto-foto sebelumnya pindahkan dahulu pada laptop atau komputer. Untuk melakukannya bisa mengakses menu Yellow Set Up. Selain itu bisa juga terdapat pada opsi My Menu Option.

Kenapa harus melakukan format pada kartu memorinya? Tujuannya supaya data foto yang tersimpan terjamin keamanannya dan tidak mudah terhapus. Cara inipun menjadikan performa kamera bertambah handal. Kamu bisa memilih opsi Low Level Format guna melakukan perlindungan pada kartu dari data atau file yang tersembunyi.

2. Tentukan Titik Auto Fokus

Titik auto focus pada pusat viewfinder akan memperkuat sistem fokus. Jenis kamera DSLR kelas menengah umumnya diperkuat dengan 9 titik auto focus. Sedangkan untuk tipe lainnya bisa mempunyai titik auto fokus mencapai 61 poin. Kalau kamu memilih sistem auto fokus itu, berarti sudah melakukan pengaturan otomatis. Sehingga seluruh titik fokusnya akan aktif.

Kalau ingin mengetahuinya bisa dengan menekan tombol Grid, sehingga seluruh titik fokusnya terlihat terang. Kamera ini akan mengoperasikan fungsinya sesuai setingan yang sudah kamu aplikasikan. Hal ini pun tidak hanya terjadi untuk subjeknya saja.

Related Posts
1 daripada 7

Untuk itu, penting untuk memiliki titik auto fokus secara manual. Caranya dengan mengulir tombolnya yang terdapat di Main Dial. Sejumlah kamera DSLR memberikan kemungkinan bagi penggunannya untuk menentukan sekumpulan titik auto fokusnya. Tentunya yang lebih berguna dalam membidik target gambar bergerak.

3. Atur Kualitas Foto Dalam Format RAW

Kamera besutan Canon bisa menghasilkan rekaman foto dalam dua format yakni Raw dan JPEG. Kalau memilih format JPEG, maka ukuran filenya lebih kecil. Oleh karena hasil fotonya sudah diolah terlebih dahulu sebelum akhirnya tersimpan di kartu memori. Sedangkan format foto Raw ukuran filenya lebih besar. Wajar saja saat proses penyimpanan filenya lebih lama. Jadi bisa menghambat kamu yang ingin menjepret gambar dalam jumlah banyak sekaligus.

Dengan begitu, lebih disarankan untuk menerapkan format foto JPEG, kalau ingin membidik subjek yang fast moving (bergerak cepat). Walaupun foto berformat Raw menjanjikan kualitas foto lebih baik, namun terkendala dengan lamanya waktu untuk penyimpanannya.

4. Tingkat Kecerahan Layar Kamera

Kamu bisa melakukan pengaturan terhadap tingkat kecerahan layar pada kamera. Caranya dengan mengakses menu Set Up. Namun penting pula untuk selalu dipahami, bahwa konsumsi baterai kamera kamu bakalan lebih boros kalau tampilan layarnya diatur semakin terang.

5. Konfirmasi Auto Focus

Agar kamera bisa membidik objek foto lebih fokus, maka kamu bisa memencet bagian tombol shutter separuh jalan atau secara ringan. Kalau tindakan ini dilakukan maka view finder akan menampilkan cahaya berkedip sebagai konfirmasi agar bisa fokus. Nah, jika fokusnya sudah didapatkan maka cahaya tersebut akan terlihat memiliki cahaya yang tetap atau tidak berkedip lagi.

Hasil Foto Semakin Tajam

Kalau foto di View Finder nampak buram, padahal cahaya konfirmasi Auto Focusnya tetap menyala, maka lakukan sesuatu. Kamu bisa sesuaikan pengaturan Diopter Eyepiece yang terdapat pada bagian belakang Rubber Eyecup.

 

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More