Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Samsung dan MediaTek Bawa Dukungan Wi-Fi 6 ke 8K TV Pertama di Dunia

0 9.957

Kolaborasi dilakukan Samsung dan MediaTek dengan merilis 8K QLED TV pertama di dunia yang memiliki dukungan Wi-Fi 6. Ada dua produk yang dirilis yaitu Samsung 8K QLED Y20 (Q950 & Q900). Keduanya dilengkapi dengan chipset khusus dari MediaTek, memungkinkan televisi kelas flagship ini menjadi satu-satunya televisi 8K di dunia yang mendukung jaringan tersebut.

Dukungan jaringan Wi-Fi 6 akan memberikan pengalaman hiburan yang lebih halus bagi konsumen, dengan streaming dan gabung yang lebih lancar, serta akses internet bebas hambatan. Lewat kedua televisi terbaru ini, Samsung dan MediaTek mendorong maju perkembangan industri televisi terkemuka untuk konektivitas dan pengalaman pencitraan dan tontonan 8K premium.

Kerjasama Samsung dan MediaTek

Samsung 8K QLED TV MediaTek

“Samsung sudah lama menjadi mitra strategis MediaTek, dan dorongannya yang konsisten dalam berinovasi telah memungkinkan MediaTek untuk terus menghadirkan solusi-solusi IC terkemuka di industri, seperti keluarga Wi-Fi 6 kami,” kata Jerry Yu, Senior Vice President dan General Manager, Intelligent Devices Business Group, MediaTek dalam sebuah rilis. “Samsung mendorong pertumbuhan segment televisi cerdas premium dan kolaborasi dengan Samsung dalam Wi-Fi dan 8K merupakan awal dari permintaan global yang kuat akan solusi-solusi konektivitas tingkat lanjut dan Wi-Fi 6.”

Baca juga: Inilah 9 Fitur Terbaik Helio P95, Chipset Terbaru MediaTek

Teknologi Wi-Fi MediaTek sendiri sudah digunakan dalam ratusan produk di seluruh dunia, mulai dari ponsel, perangkat audio, TV digital, pemutaar Blu-ray, STB IPTV hingga web camera. MediaTek terus berencana untuk merilis produk yang mendukung jaringan Wi-Fi 6 untuk pasar-pasar penting termasuk router ritel, broadband, perangkat elektronik, gaming, mobile serta Internet of Things (IoT).

Fitur Samsung 8K QLED TV

Samsung Q950 memiliki tampilan layar dengan tepian yang hampir tidak terlihat, mengingat dimensinya yang besar (65, 75 & 85 inci) dan bezel hanya 15mm. Hal tersebut memungkinkan TV flagship Samsung terbaru ini punya rasio layar ke bodi hampir 99%, dibandingkan TV lain yang rata-rata hanya di 95%.

Dilengkapi sebuah prosesor tambahan, Samsung Q950 bisa meningkatkan kualitas tampilan video resolusi rendah ke 8K secara otomatis lewat bantuan kecerdasan buatan (AI).Setiap sisi layarnya dilengkapi speaker dengan sub-woofer di bagian belakang.

Selain mengintegrasikan baik Amazon Alexa dan Google Assistant, Bixby juga hadir dengan perintah suara yang lebih mudah. Pengguna dapat meminta TV untuk menampilkan suasana menenangkan dan layar akan secara otomatis menampilkan pemandangan yang bisa membuat rileks. Dikutip dari laman resmi Samsung Amerika Serikat, harga yang ditawarkan untuk Samsung Q900TS 75 inci mencapai 7499 USD, atau sekitar Rp107 jutaan rupiah.


Beli produk Samsung online di:

 SHOPEE LAZADA BLIBLI Eraspace JD.ID