Gizmologi
The Gizmo & Technology Universe. Situs teknologi dan gadget terkini.

Tips Jitu Menghemat Baterai iPhone

Sebagai pengguna iPhone tentunya memiliki problem tersendiri saat menggunakannya, salah satunya adalah daya tahan baterai. Mengapa? Karena iPhone memiliki kapasitas baterai yang tergolong kecil. Hanyasebesar 1000 sampai 3000 mAh. Kapasitas bateri ini tentu sangat sedikit untuk kamu yang gemar traveling ataupun pekerja yang lebih banyak menghabiskan waktu di lapangan.

Pasalnya, setiap kamu ingin berpergian harus selalu membawa powerbank untuk mengantisipasi ketika baterai iPhone mu hampir habis. Lalu bagaimana kalo kamu lupa membawa powerbank? Pastinya kamu harus bersusah payah untuk mencari stop kontak agar dapat mengisi daya.

Baca juga: Akan Tampil Beda, Ini Beberapa Bocoran tentang iPhone 11

Nah, daripada galau karena baterai yang cepat habis, kita bisa melakukan beberapa hal untuk menghemat konsumsi daya iPhone. Apa saja itu? Simak tips berikut ini ya.

1. Matikan Fitur Background App Refresh

Background App Refresh adalah salah satu fitur di IOS yang mengijinkan aplikasi-aplikasi terinstall untuk memperbaharui data meski sedang tidak digunakan. Hal ini tentunya akan sangat menguras kinerja baterai karena dipaksa bekerja setiap waktu. Untuk mengatasinya, kamu hanya perlu klik setting > general > Background App Refresh. Kamu bisa memilih aplikasi apa saja yang ingin kamu selalu aktifkan atau yang ingin dinonaktifkan.

Related Posts
1 daripada 16

2. Menggunakan Low Power Mode

Ketika Low Power Mode diaktifkan, iPhone akan dapat digunakan lebih lama hingga anda perlu mengisi daya, namun beberapa fitur mungkin perlu waktu lebih lama untuk diperbaharui. Mode daya rendah dapat mempengaruhi fitur seperti Penarikan email, Hey siri, beberapa efek visual, dan foto iCloud (dijeda beberapa saat).

Untuk mengaktifkan atau menonaktifkan Mode Daya Rendah, buka Pengaturan > Baterai. Anda juga dapat mengaktifkan dan menonaktifkan Mode Daya Rendah dari Pusat Kontrol. Buka Pengaturan > Pusat Kontrol > Sesuaikan Kontrol, lalu pilih Mode Daya Rendah untuk menambahkannya ke Pusat Kontrol.

3. Hapus Aplikasi Yang Tidak Terpakai

Hal ini mungkin sering dianggap sepele oleh para penggu iPhone, padahal aplikasi yang tidak terpakai merupakan salah satu faktor borosnya baterai kamu. Selain menghemat baterai, menutup aplikasi yang sedang tidak digunakan bisa meringankan kinerja prosesor. Caranya yaitu dengan menekan tombol Home dua kali, lalu geser keatas.

4. Lakukan Kalibrasi Baterai

Kalibrasi baterai adalah proses normalisasi terhadap baterai agar kapasitas baterai terbaca oleh sistem secara benar dan akurat layaknya pertama kali digunakan. Oleh karena itu proses kalibrasi baterai dapat bekerja lebih maksimal dan kamu sebagai pengguna juga dapat lebih tahu secara pasti seberapa banyak daya yang masih bisa digunakan. Hal yang harus kamu lakukan adalah dengan menghabiskan baterai hingga mati total, lalu mengisi daya sampai penuh dalam keadaan mati. Sebainya kalibrasi baterai dilakukan sebulan sekali agar baterai lebih awet dan segar.