Komparasi Kamera OPPO Reno6 Pro 5G vs vivo X60 Pro: Bokeh Flare Portrait Jadi Daya Jual Utama

Setelah membandingkan OPPO Reno6 Pro 5G vs vivo X60 Pro dalam aspek performa, kini giliran salah satu daya jual utama dari kedua smartphone Rp10 jutaan ini, yaitu sektor kamera. Tak melulu perlu kamera profesional, kini kamera smartphone yang semakin canggih mampu ambil foto dan video berkualitas tinggi.

vivo mulai berinovasi untuk meningkatkan kualitas kamera, sementara OPPO sudah sejak lama dikenal dengan lini smartphone yang memang unggulkan kamera. Jauh sebelum seri terbaru, cukup banyak inovasi yang dihadirkan pada seri-seri terdahulu. Sebut saja OPPO Reno 10x Zoom yang punya mekanisme kamera tersembunyi, serta kemampuan 10x hybrid zoom.

Baca juga: Review OPPO Reno6 Pro 5G: Versi Paling Premium Layak Beli

Punya pendekatan yang berbeda, keduanya sama-sama dibekali dengan banyak fitur khusus foto dan video. Meski begitu, OPPO Reno6 Pro 5G mampu hasilkan konten yang lebih menarik dan beragam—salah satunya berkat fitur unggulannya yaitu Bokeh Flare Portrait yang bisa tangkap emosi manusia dengan lebih dramatis.

Spesifikasi Kamera

Kamera OPPO Reno6 Pro 5G

Yang terpenting pada bagian ini adalah kualitas sensor utama yang dibawa masing-masing smartphone. Dengan tiga sensor, vivo X60 Pro punya sensor utama 48MP 1/2” dengan PDAF dan OIS. Sementara OPPO Reno6 Pro 5G pakai sensor Sony IMX766 yang notabene sama persis dengan sang kakak, OPPO Find X3 Pro.

Selain lebih besar secara resolusi di 50MP, sensor tersebut punya dimensi fisik lebih besar di 1/1,56”. Hal tersebut membuat dimensi piksel individunya lebih besar, sehingga mampu tangkap lebih banyak cahaya dan secara otomatis tangkap detail lebih tinggi serta minim noise. Teknologi omnidirectional PDAF juga berikan kecepatan fokus lebih instan di beragam kondisi.

Kamera vivo X60 Pro

Sensor telefoto di keduanya sama-sama beresolusi 13MP dengan 2x optical zoom. Namun untuk sensor ultra wide-angle, OPPO Reno6 Pro 5G punya resolusi lebih besar di 16MP f/2.2. Hasilkan foto dengan sudut pandang lebar dengan kualitas yang tak jauh berbeda dari sensor utamanya.

Di depan, baik vivo X60 Pro & OPPO Reno6 Pro 5G sama-sama punya kamera punch-hole 32MP. Dan masih terkait dengan resolusi kamera, OPPO sediakan mode khusus, Extra HD yang bisa tangkap gambar dengan resolusi mencapai 108MP. Untuk detail terbaik dan keperluan cropping setelah foto diambil.

Fitur Kamera Unggulan

Kamera OPPO Reno6 Pro 5G

Untuk bagian ini, keduanya sama-sama berikan jumlah yang banyak dalam hal mode kamera tambahan. Mulai dari mode profesional, augmented reality, mode khusus untuk malam hari serta pengambilan gambar dalam resolusi penuh. Namun pilihan mode tambahan milik OPPO Reno6 Pro 5G lebih menarik.

Selain mode Expert yang bisa atur parameter manual seperti ISO dan shutter speed untuk pengambilan foto, OPPO juga berikan kemampuan yang sama untuk perekaman videonya, lewat mode Movie. Pengguna dapat memilih satu dari tiga sensor kamera belakangnya, menampilkan grid sebagai panduan tambahan, serta stabilisasi tambahan berbasis EIS.

vivo X60 Pro 103

Mode lainnya, Dual-View Video juga bisa digunakan untuk rekam momen berharga secara simultan, baik dari kamera depan dan belakang sekaligus. Tampilannya bisa diatur sesuai selera, baik 50:50 atau dengan kotak maupun lingkaran kecil. Cocok untuk bikin reaction video seru bersama teman dan keluarga.

Baik vivo X60 Pro maupun OPPO Reno6 Pro 5G sama-sama bisa hasilkan foto maupun video dengan efek potret. Untuk hasilkan konten yang lebih menarik, OPPO hadirkan efek Bokeh Flare Portrait yang mampu simulasikan hasil foto selayaknya menggunakan kamera profesional dengan sensor besar.

Mode ini dapat menghasilkan subyek yang jelas dengan background blur yang creamy, membuat sumber cahaya di sekitar terlihat membulat. Bisa diproses secara real-time, Bokeh Flare Portrait juga bisa diaktifkan saat merekam video baik dari kamera belakang maupun depan. Algoritma yang optimal hasilkan efek yang terlihat sangat natural.

Kualitas Foto

Dengan sensor utama yang lebih superior, OPPO Reno6 Pro 5G mampu tangkap foto dengan detail lebih tinggi. Mode AI bisa dimanfaatkan untuk mendeteksi objek dan otomatis berikan peningkatan saturasi, kontras dan pencahayaan yang sesuai, sehingga langsung siap untuk diunggah ke media sosial favorit.

vivo X60 Pro sendiri unggul dengan stabilisasi OIS 5-axis yang mampu berikan kestabilan tinggi secara hardware, di mana hal tersebut mampu berikan benefit pengambilan foto malam lebih mudah saat harus tangkap foto dalam durasi lebih dari satu detik. Namun hal tersebut tak diperlukan di OPPO Reno6 Pro 5G.

Sensornya yang lebih besar mampu tangkap cahaya lebih banyak. Sehingga ketika kondisi gelap sekalipun, hanya perlu waktu sepersekian detik saja untuk proses foto dengan mode malam, tak perlu berlama-lama menunggu. Sehingga untuk subyek seperti manusia, risiko blur dapat direduksi.

Efek Bokeh Flare Portrait juga mampu membuat hasil foto potret punya hasil yang dramatis. Selain pada kondisi malam dengan latar belakang lampu perkotaan, juga cocok untuk jenis latar lain seperti cahaya yang muncul dari dahan pohon. Algoritma AI juga sekaligus berikan peningkatan pada tampilan wajah subyek, berikan efek yang natural.

Kualitas Video

Kedua smartphone sama-sama bisa merekam video dengan resolusi tinggi 4K 60fps. Namun hanya OPPO saja yang bisa rekam video 4K 30fps dari ketiga sensornya, sementara vivo harus menurunkan resolusi sebatas 1080p.

Kalau vivo X60 Pro hanya unggulkan opsi stabilisasi, OPPO Reno6 Pro 5G juga punya mode Ultra Steady untuk tangkapan video super stabil meski tanpa bantuan gimbal atau aksesori eksternal lainnya. Dan seperti yang telah disebutkan sebelumnya, Bokeh Flare Portrait juga hadir untuk perekaman video, dengan resolusi maksimum 1080p.

Terdapat sebuah tombol khusus untuk aktifkan AI Highlight Video—sebuah fitur yang secara otomatis tingkatkan kualitas video dalam dua skenario berbeda. Dalam kondisi pencahayaan ekstrim siang hari, algoritma Live HDR otomatis aktif untuk seimbangkan area yang terlalu gelap dan terang.

Sementara dalam kondisi cahaya gelap, mode ini aktifkan algoritma Night, seolah berikan efek mode malam dalam video. Algoritma tersebut aktif secara real-time, alias hasil video langsung terlihat meski video belum direkam. Sehingga tak perlu menambahkan lampu khusus saat malam hari.

Kesimpulan

Tawarkan fitur stabilisasi sebagai nilai jual utamanya, vivo X60 Pro masih kalah saing dalam hal jumlah fitur serta kualitas foto dan video secara keseluruhan. OPPO Reno6 Pro 5G tak hanya punya sensor yang lebih superior, namun juga fitur ekstra yang dibawanya cukup esensial dalam kreasikan konten dari kameranya.

Mulai dari Bokeh Flare Portrait yang bisa diterapkan pada foto dan video, sampai mode AI Highlight Video yang belum ada pada kompetitor. Lebih fleksibel untuk hasilkan momen terbaik dalam segala kondisi, baik siang hari hingga malam hari.

Tinggalkan komen