Komparasi OPPO Reno6 Pro 5G vs vivo X60 Pro: Chipset Sama, Performa OPPO Lebih Kencang

Konsumen kini benar-benar dimanjakan dengan banyaknya pilihan smartphone yang sudah ada di pasaran. Budget berapa pun tersedia, mulai dari seri flagship puluhan juta, sampai kelas entri sejutaan. Termasuk mereka yang ingin merasakan pengalaman flagship namun budget lebih terbatas.

Maka hadirlah beberapa produk dengan spesifikasi yang sedikit disesuaikan, membawa segelintir fitur flagship dalam banderol harga yang tak jauh dari Rp10 juta. Dua seri yang tergolong baru di tahun 2021 adalah OPPO Reno6 Pro 5G dan vivo X60 Pro. Berada pada rentang harga Rp10 – Rp11 jutaan.

Baca juga: Review OPPO Reno6 Pro 5G: Versi Paling Premium Layak Beli

Meski chipset-nya sama, penawaran milik OPPO masih lebih unggul secara performa keseluruhan. Untuk itu, berikut kami buatkan komparasi spesifikasi khusus performa antara OPPO Reno6 Pro 5G vs vivo X60 Pro, demi memudahkan Gizmo friends saat memilih satu di antara keduanya.

Spesifikasi Hardware

Qualcomm Snapdragon 870 5G

Ya, chipset yang digunakan memang sama, yaitu Snapdragon 870 5G. Cip ini merupakan versi overclock dari seri 865 Plus 5G, alias terbaik di tahun 2020. Gunakan proses fabrikasi 7nm, serta memiliki CPU dengan satu inti Kryo 585 clock speed tertinggi, mencapai 3,2GHz.

Dipasangkan dengan penyimpanan internal 256GB berjenis UFS 3.1, serta kapasitas RAM 12GB, tentunya baik OPPO Reno6 Pro 5G & vivo X60 Pro bakal mampu melibas aplikasi maupun gim favorit dengan mudah. Namun ada sedikit perbedaan pada teknologi penambahan RAM di masing-masing smartphone.

Khusus pada OPPO Reno6 Pro 5G, ukuran penambahan RAM dapat sesuai keperluan. Mulai dari 3GB, 5GB sampai 7GB. Otomatis, opsi terbesarnya membuat smartphone ini memiliki RAM sampai 19GB, terbesar dari flagship masa kini. Sehingga proses multitasking mulai dari aplikasi sampai gim berat bakal lebih lancar.

Performa

RAM Expansion OPPO Reno6 Pro 5G

Ketika tim Gizmologi menjajal kedua smartphone sebagai daily driver alias penggunaan sehari-hari, cukup terasa bila OPPO Reno6 Pro 5G mampu berikan performa yang lebih gesit, serta proses perpindahan aplikasi lebih instan. Hal tersebut berhasil tercapai berkat optimasi hardware serta sistem operasi ColorOS 11.3 yang dibawanya.

Di smartphone OPPO, tombol home virtual dapat digeser ke kiri dan kanan untuk berpindah aplikasi secara instan. Sementara FunTouch OS pada vivo tak memungkinkan pengguna untuk berpindah antar aplikasi hanya dengan metode sama dalam mode layar penuh, alias harus menggesernya ke atas, menahan untuk sekian detik, baru bisa melihat daftar aplikasi lain.

Dengan GPU Adreno 650, bermain gim di OPPO Reno6 Pro 5G bakal lebih nyaman, berkat bodi belakang yang terasa lebih dingin dalam sentuhan. Alasannya tentu karena adanya hardware tambahan.

OPPO menyematkan sistem pendingin berupa vapor chamber dengan ketebalan 0,4mm saja. Memiliki luas 3,168mm persegi, penyebar panas satu ini dapat mencakup 32% area perangkat, sehingga suhu bisa lebih terjaga. Saat suhu bodi terjaga, kondisi throttling bisa dicegah, agar visual gim bisa terus berjalan mulus meski dalam durasi penggunaan lama.

Fitur Pendukung Lain

Layar vivo X60 Pro

vivo sendiri tak berikan banyak fitur ekstra lain yang mampu berikan performa komputasi atau gaming lebih baik, selain Ultra Game Mode. Berbeda dengan ColorOS 11.3 milik OPPO Reno6 Pro 5G yang membawa fitur lebih kaya.

Selain System Booster yang bekerja otomatis untuk tingkatkan performa lewat optimalisasi software, fitur Quick Startup juga bisa dimanfaatkan agar kamu bisa masuk ke dalam gim tanpa harus menunggu waktu loading awal terlalu lama. OPPO juga sematkan vibration motor lebih presisi serta setup speaker stereo—dua hal yang absen pada vivo X60 Pro.

Kelengkapan OPPO Reno6 Pro 5G

Begitu pula dengan performa pengisian dayanya. Kapasitas baterai OPPO Reno6 Pro 5G signifikan lebih besar di 4,500 mAh (vs 4,200 mAh di vivo X60 Pro). Selain lebih besar, teknologi fast charging milik OPPO juga jauh lebih superior.

Lewat 65W SuperVOOC 2.0, mengisi daya baterai OPPO hanya memerlukan waktu sekitar 30 menit saja, dan kamu bisa lanjut main gim atau menggeber smartphone kembali. Sementara pada vivo, durasi yang sama baru mencapai 70%, alias membutuhkan waktu total sekitar satu jam.

Kesimpulan

Layar OPPO Reno6 Pro 5G

Dapat disimpulkan pada beberapa poin di atas, penggunaan chipset yang sama tak lantas membuat performa kedua smartphone ini menjadi identik. Secara keseluruhan, smartphone terbaru OPPO bisa berikan pengalaman lebih baik untuk multitasking maupun saat bermain gim.

Fitur-fitur ekstra yang dibawa oleh OPPO Reno6 Pro 5G mampu berikan pengalaman yang lebih menyenangkan. Mulai dari kapasitas RAM tambahan lebih lega, navigasi lebih mudah untuk berpindah aplikasi, sampai sistem pendingin khusus. Plus mode gaming yang cukup membantu percepat proses loading.

Semua bisa dihadirkan dalam desain yang stylish, dengan ketebalan 8mm dan bobot sangat ringan. Membuat OPPO Reno6 Pro 5G unggul dalam bagian performa secara keseluruhan, tak hanya komputasi saja, juga secara software sampai teknologi pengisian dayanya.

Tinggalkan komen