OPPO Find X3 Pro 5G vs iPhone 12 Pro: Komparasi Duo Flagship Terbaik 2021

Persaingan smartphone flagship di tahun 2021 jauh lebih seru dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Para vendor smartphone berlomba hadirkan spesifikasi terbaik, serta diferensiasi yang diharap mampu menarik perhatian konsumen. Termasuk dua flagship yang masuk ke jajaran terbaik yang tersedia resmi saat ini, OPPO Find X3 Pro 5G & iPhone 12 Pro.

OPPO Indonesia konsisten hadirkan lini terbaiknya sejak seri Find pertamanya. Sementara lewat iPhone 12 Pro, Apple hadirkan smartphone terbaiknya dengan banderol harga lebih mahal. Keduanya tampil dengan desain berbeda—kecuali satu bagian yang membuatnya identik, serta spesifikasi di atas kertas yang menarik untuk dibandingkan.

Baca juga: Review OPPO Find X3 Pro: Unik dan Premium, Mendekati Sempurna

Lantas lebih baik mana antara OPPO Find X3 Pro 5G & iPhone 12 Pro? Berikut kami coba bandingkan spesifikasi di antara keduanya, agar memudahkan Gizmo friends ketika hendak memutuskan untuk membeli salah satu dari dua smartphone terbaik yang tersedia saat ini.

Desain

Desain iPhone 12 Pro

Kalau flagship OPPO tampil serba seamless dengan lekukan di sana sini, iPhone 12 Pro justru tampil lebih kaku. Bagian frame atau bingkainya dirancang flat, sehingga mungkin bakal terasa kurang nyaman bagi Sebagian orang. Material stainless steel yang digunakan juga sangat mudah sekali kotor.

Kedua smartphone sama-sama punya sertifikasi IP68 untuk ketahanan air hingga 1,5 meter (dalam 30 menit). Walaupun punya layar lebih besar, OPPO Find X3 Pro hanya 4 gram lebih berat di 193 gram. Bodi belakangnya gunakan material kaca berlapis Gorilla Glass seperti iPhone, punya permukaan doff tahan kotor untuk warna tertentu.

OPPO Find X3 Pro

Walaupun desain modul kameranya mirip, OPPO terlihat lebih modern dan stylish berkat tonjolannya yang dibuat seamless. Mulai dari ujung bodi belakang sampai modul kamera, lekukannya dibuat tersambung tanpa patahan. Menjadi inovasi tingkat tinggi, perdana dalam dunia desain smartphone.

Sisi ujung kiri dan kanannya pun memiliki lengkungan yang membuatnya lebih terasa natural saat tersentuh dengan telapak tangan. Bila desain kaku dan tidak bisa subyektif, bisa dipastikan bila OPPO Find X3 Pro lebih nyaman di genggaman.

Layar

Layar iPhone 12 Pro

Keduanya sama-sama memiliki panel layar yang superior, yaitu OLED yang mendukung Dolby Vision serta bisa menyala sangat cerah bila diperlukan. Apple gunakan perlindungan kaca keramik, sementara OPPO percayakan Gorilla Glass 5 agar lebih tahan gores.

Namun tak bisa dipungkiri, spesifikasi layar iPhone 12 Pro masih tertinggal. Baik versi Pro maupun Pro Max, sama-sama belum mendukung refresh rate tinggi serta memiliki notch yang cukup lebar di bagian atas—digunakan untuk meletakkan sensor kamera demi fitur keamanan Face ID.

OPPO Find X3 Pro

Sementara Find X3 Pro punya resolusi lebih tinggi mencapai 1440p, refresh rate 120Hz, hingga touch sampling rate 240Hz. Dan panel AMOLED yang diusungnya sudah berjenis LTPO, singkatan dari low-temperature polycrystalline oxide. LTPO memungkinkan layar smartphone berjalan pada refresh rate sangat rendah, serendahnya sampai 5Hz.

Artinya, bila smartphone sedang tidak digunakan (seperti membaca buku atau mengaktifkan always-on display—belum tersedia di iPhone 12), konsumsi daya baterai bisa ditekan secara signifikan. Fitur keamanan tetap prima lewat in-display fingerprint sensor yang sangat reliabel.

Plus, fitur ekstra seperti O1 Ultra Vision Engine juga cukup memanjakan mata. Bisa benar-benar mengekskalasi kualitas video standar menjadi lebih berwarna, seolah direkam dengan kamera yang punya standar HDR. Hanya melalui satu sentuhan saja.

Kamera

Kamera iPhone 12 Pro

Walaupun terlihat mirip, konfigurasi empat sensor yang ada pada bodi belakang flagship OPPO dan Apple dirancang berbeda. Apple gunakan tiga sensor 12MP dengan satu sensor LiDAR, berfungsi untuk mengambil info kedalaman objek lebih akurat. Baik sensor utama dan telephoto 2x optical zoom sama-sama dilengkapi OIS.

Sementara sensor telephoto 2x optical di Find X3 Pro punya resolusi 13MP, namun belum dilengkapi stabilisasi tingkat hardware. Namun sensor wide dan ultra wide-anglenya gunakan sensor Sony IMX766 50MP dengan dimensi fisik sensor besar. Dengan begitu, keduanya bisa berikan hasil foto konsisten dan berkualitas tinggi selayaknya flagship.

OPPO Find X3 Pro

Kalau sensor ultra-wide milik iPhone 12 Pro tak dilengkapi autofokus, milik OPPO Find X3 Pro sudah gunakan omnidirectional PDAF, membuatnya bisa mengambil foto jarak dekat (makro) sampai 4cm. Ingin yang jauh lebih dekat? Masih ada sensor tambahan 3MP, yang punya fungsi sebagai microlens.

Dilengkapi ring flash khusus, sensor unik pada Find X3 Pro ini bisa menangkap detail terkecil hingga pembesaran 60 kali, lagi-lagi pertama kali di industri smartphone. Setup empat kamera ini membuat flagship OPPO lebih versatile dalam menangkap berbagai momen dan objek, sembari tetap tampil stylish.

Pada sektor perekaman video, tergolong imbang mengingat keduanya sama-sama bisa merekam sampai resolusi 4K 60fps, 1080p 240fps, hingga video format 10-bit HDR. Untuk kamera depan, Apple lebih unggul karena sama-sama bisa merekam video 4K, meski OPPO punya resolusi lebih besar.

Fitur

iOS 14 iPhone 12 Pro

Berbicara iPhone, maka fitur-fitur yang dibawa pada iOS terbarunya bakal lebih maksimal bila diikuti dengan penggunaan ekosistem perangkat Apple lain, seperti iPad maupun komputer Mac. Untuk memanfaatkan fitur seperti AirDrop, atau panggilan video FaceTime.

Memang, iOS 14 sudah mulai mengejar ketertinggalan dalam hal kustomisasi, dengan hadirnya opsi widget baru. Pun hingga kini, belum banyak pengembang aplikasi pihak ketiga yang mengoptimalkan atau manfaatkan fitur baru tersebut.

OPPO Find X3 Pro

OPPO Find X3 Pro jalankan Android 11 dengan tampilan antarmuka ColorOS 11.1 yang semakin matang. Kustomisasi yang diberikan jauh lebih banyak, namun masih terlihat elegan alias memanjakan mata. Mulai dari pilihan live wallpaper yang bisa bergerak, sampai ringtone yang dibuat langsung oleh komposer film ternama, Hans Zimmer.

Baru-baru ini, OPPO Indonesia juga telah bekerja sama dengan Bang & Olufsen, berkolaborasi untuk ciptakan sebuah playlist khusus “Tune in Colour” lewat aplikasi OPPO Relax, untuk temani penggunanya beraktivitas sehari-hari. Pertegas nilai eksklusif yang konsumen dapat ketika menggunakan perangkat flagship dari OPPO.

Performa

Walaupun di atas kertas spesifikasinya terlampau jauh, bisa dibilang keduanya mampu berikan performa yang sama-sama kencang. OPPO Find X3 Pro 5G menggunakan chipset terbaik dari Qualcomm dengan Snapdragon 888, sementara Apple pakai cip racikan sendiri, A14 Bionic. Sama-sama gunakan fabrikasi 5nm.

Untuk bermain gim berat, selain mampu melibasnya dengan lancar, perangkat OPPO dilengkapi dengan sistem pendingin khusus untuk menjaga suhu perangkat, agar tetap optimal dan nyaman meski digunakan jangka panjang. ColorOS 11 juga punya mode gim khusus yang dapat memblokir atau tampilkan notifikasi supaya tak mengganggu ketika sedang bermain.

Keduanya sama-sama tak dilengkapi dengan slot kartu microSD—mungkin tujuannya agar performa tetap kencang, ya, mengingat kecepatan read/write kartu memori belum bisa sekencang UFS pada memori internal. Sebagai alternatif, Find X3 Pro sediakan opsi USB OTG hadir bila memang dibutuhkan.

Baterai

Tak hanya kapasitasnya yang lebih besar, OPPO Find X3 Pro juga punya teknologi pengisian daya yang jauh lebih superior. Karena dimensi fisik lebih kecil, iPhone 12 Pro memiliki baterai berkapasitas 2,815 mAh. Dukungan fast charging 20W membuat proses isi daya 50% perlu waktu 30 menit. Atau 15W secara nirkabel.

Sementara flagship OPPO hanya butuh waktu 10 menit untuk isi baterai 4,500 mAh hingga 40%, atau tak sampai 30 menit tambahan sampai penuh. Hal tersebut berkat dukungan SuperVOOC 2.0 65W yang diusungnya.

Tanpa kabel? Bisa juga, lewat AirVOOC 30W, terisi penuh dalam waktu 80 menit. Dan bila memerlukan daya khusus untuk mengisi TWS maupun smartwatch, bodi belakang OPPO Find X3 Pro bisa berperan sebagai wireless charger dengan arus maksimum 10W.

Kesimpulan

iPhone 12 Pro

Keduanya memang memiliki ekosistemnya masing-masing, jalankan sistem operasi yang berbeda. Namun karena masih sama-sama smartphone flagship, jadi sah-sah saja untuk dibandingkan. iPhone 12 Pro hadir dalam dua ukuran layar, punya desain serba tegas, dengan harga yang juga jauh lebih mahal.

Meski spesifikasi di atas kertas cukup tertinggal, kualitas kamera serta performanya bisa dibilang setara dengan flagship Android masa kini. Sementara OPPO menghadirkan sebuah flagship yang benar-benar premium lewat Find X3 Pro, membawa desain modul kamera unik ‘ramah kantong’ sembari tetap menarik perhatian.

OPPO Find X3 Pro

Layarnya lebih superior, teknologi fast charging jauh lebih kencang, hingga setup kameranya yang unik nan lengkap. Dengan begitu, smartphone OPPO bisa tangkap lebih banyak sudut pandang foto maupun video tanpa batasan jarak fokus dekat. Belum lagi banderol harga yang lebih terjangkau.

Sekali lagi, keputusan akhir harus disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing. Dengan komparasi dan penjabaran spesifikasi serta fitur di atas, semoga bisa membantu Gizmo friends dalam menentukan pilihan atas dua flagship resmi yang populer ini ya.

Tinggalkan komen