Gizmologi
The Gizmo & Technology Universe. Situs teknologi dan gadget terkini.

Realme 5 Pro vs Samsung Galaxy A50s: Kompetisi Smartphone Midrange Seri 5

Smartphone midrange atau kelas menengah adalah segmen pasar yang sangat potensial. Pasar ini memenuhi kebutuhan pengguna yang ingin smartphone dengan kinerja mumpuni, namun dengan bujet yang masih sesuai kantong. Di segmen ini, ada dua produk baru yang masuk pasar dan bersaing yaitu realme 5 Pro vs Samsung Galaxy A50s.

Realme 5 Pro adalah suksesor dari generasi sebelumnya yaitu realme 3 Pro. Sedangkan Samsung Galaxy A50s adalah pembaruan dari seri Galaxy A50 yang dirilis pada Maret lalu.  Baik sebagai generasi baru maupun update, kedua produk tersebut membawa peningkatan maupun penambahan fitur yang cukup penting.

Keduanya juga merupakan idola baru di segmennya masing-masing. Nah, seperti apa fitur dan spesifikasi yang ditawarkan kedua perangkat ini? Apa produk yang sebaiknya dipilih sebagai daily driver? Sebelum memutuskan membeli, yuk simak komparasi realme 5 Pro vs Samsung Galaxy A50s berikut ini.

Desain

Ciri khas realme langsung terpancar begitu memegang perangkat ini. Realme 5 Pro mengadopsi desain potongan berlian yang merupakan ciri khas desain smartphone sub-brand dari Oppo ini. Namun berbeda dari tekstur pemotongan matte sebelumnya, generasi baru mengadopsi permukaan asli yang dipoles dan tekstur skala nano baru.

Seluruh proses desain melibatkan 15 kali pembuatan prototipe dan 78 kali penyesuaian detail di bagian belakang, menghasilkan efek visual baru – warna holografik dengan tekstur potongan. Dengan mengoptimalkan lekuk samping tubuh, bingkai tengah secara visual lebih ramping dan ringan. Desain 3D yang ramping melengkung ke belakang, membuatnya pas di telapak tangan. Desain ergonomis seperti ini memberikan nuansa yang lebih nyaman saat dilihat maupun digenggam.

Realme 5 Pro tersedia dalam dua pilihan warna. Pertama, crystal green dengan warna cerah yang menambah kemewahan. Kedua, sparkling blue yang selama ini menjadi warna favorit pengguna realme dimana memperlihatkan kesan misterius dan premium. Kamu warna apa?

Sementara itu Samsung Galaxy A50s juga tampil atraktif dengan body bagian belakang motif diamond cutting yang dinamis dan keren. Ponsel ini memiliki tiga pilihan warna yaitu Prism Crush Black, Prism Crush White, dan Prism Crush Green.

Tetapi di sisi lain jadi terkesan mirip dengan smartphone kompetitor yang sudah lebih dulu menerapkan konsep serupa seperti dari OPPO dan Realme ini juga. Dalam dunia bisnis, sah-sah saja menerapkan konsep ATM (amati, tiru, modifikasi).

Secara keseluruhan, desain kedua produk ini oke untuk di kelasnya. Namun ketika dibandingkan, terlihat kualitas desain realme 5 Pro yang lebih solid dan kokoh dengan karakter lebih tegas.

Layar

realme 5 pro vs galaxy a50sRealme 5 Pro dibekali memiliki layar berukuran 6,3 inci dengan resolusi FHD+ (2340 × 1080) yang menawarkan tampilan lebih luas dan lebih jelas. Bezel di tepi layar sangat tipis hingga mencapai rasio layar sangat tinggi 90,6%. Sementara itu pesaingnya, Samsung Galaxy A50s memiliki layar penuh Super-AMOLED resolusi FHD+ dengan ukuran yang sedikit lebih luas yaitu 6,4 inci. Resolusinya FHD+ dengan konsep poni mungil di atas untuk menaruh kamera depan.

Jika dilihat sekilas tanpa memperhatikan ikon-ikon aplikasi, dipastikan kita akan kesulitan untuk membedakan keduanya. Karena memang secara struktur desain tampilan depan sangat mirip. Bahkan pada poninya pun mirip. Samsung menyebutnya sebagai Infinity-U, sedangkan di realme 5 Pro disebut “dewdrop”.  Hanya beda penamaan saja.

Kamera

Walau masih tergolong pemain baru, tetapi realme justru membuka era quad-camera resolusi tinggi 48 MP di pasar. Sehingga memberikan pengalaman fotografi serba bisa yang dapat diterapkan dalam berbagai skenario. Ini merupakan keunggulan utama dari realme 5 Pro.

Secara teknis, realme 5 Pro dibekali quad-camera dengan konfigurasi kamera utama 48 megapiksel (Sony IMX586) + 119 ° lensa ultra-wide-angle + lensa ultra macro + lensa portrait di belakang.

Kamera dilengkapi dengan sejumlah fitur unggulan. Di antaranya Nightscape yang menghasilkan foto pemandangan malam dengan kecerahan dan detail istimewa berkat fitur AI. Kemudian Chroma Boost yang meningkatkan efek fotografi yang lebih kaya warna.

Hal baru di realme 5 Pro adalah Ultrawide. Ini merupakan kamera pertama realme yang memiliki kamera wide-angle HD dengan piksel 8MP, sudut lebar 119° dengan apertur f/2.25. Fitur ini sangat cocok untuk mengambil foto lanskap, bangunan maupun foto grup dengan banyak orang. Kemampuan kamera realme 5 Pro yang juga baru adalah ultra makro. Dengan rentang fokus 4cm, kita dapat mengambil foto yang lebih jelas dalam jarak lebih dekat, dengan mudah menangkap berbagai detail seperti bunga, tanaman, serangga kecil dan tetesan air.

Bagaimana dengan yang gemar swafoto? Kamera depan realme 5 Pro memiliki resolusi 16-megapiksel, aperture f/2.0 sensor gambar Sony IMX471 dengan lensa 5P. Kamera juga mendukung Quad Bayer smart pixel 4-in-1 technology yang dapat mensintesis 2μm piksel besar untuk kinerja selfie yang baik di lingkungan rendah cahaya. Warna kulit dalam gambar tetap alami dan detailnya sangat dipulihkan.

Nah bagi yang ingin membuat konten video, kualitas di realme 5 Pro ditingkatkan dengan dukungan perekaman video hingga resolusi 4K. Bukan hanya itu saja, kamera depan dan belakang keduanya memiliki fungsi Electric Image Stabilization (EIS). Fungsi video juga mendukung perekaman video gerakan lambat dalam resolusi 960fps pada reesolusi 720p.

Di sisi lain, Samsung Galaxy A50s juga tak mau kalah dalam urusan kamera. Memang dalam hal jumlah lensa, ponsel ini hanya memiliki triple camera. Namun kamera utama sama-sama sebesar 48MP. Kemudian lensa Ultra Wide dengan sudut pandang 123° juga dibenamkan sejak seri sebelumnya.

Begitupun dengan Depth Lens yang dapat menghasilkan efek bokeh secara optimal melalui fitur Live Focus. Pengguna dapat mengatur kedalaman bokeh bahkan memiliki berbagai opsi seperti efek blur yang berputar (spin), zoom, color pop, mono, side, serta efek warna vintage.

Related Posts
1 daripada 4

Samsung Galaxy A50s yang diadopsi dari seri flagship adalah fitur Super Steady. Ini penting banget untuk merekam video secara mulus dan meminimalisasi goncancan, bahkan untuk merekam momen aksi cepat di segala situasi agar menghasilkan konten yang semakin unik, kreatif, dan otentik.

Bisa dibilang, realme 5 Pro vs Samsung Galaxy A50s memakai pendekatan yang berbeda di sektor kamera. realme 5 Pro lebih condong ke foto, sedangkan Galaxy A50s bisa dimaksimalkan untuk bikin konten video.

Fitur

Realme 5 Pro ini memakai antarmuka ColorOS 6.0 yang sudah disesuaikan dengan realme dimana desainnya disebut terinspirasi dari ruang angkasa. Desain antarmuka ini juga disesuaikan dan pengalaman stock Android eksklusif, sehingga dapat menciptakan pengalaman sistem yang sederhana dan halus.

Fitur yang cukup berguna adalah tersedianya Ruang pribadi bagi yang butuh kenyamanan lebih karena bisa menyembunyikan aplikasi, foto, file, dan konten lainnya. Pengguna dapat masuk ke ruang tersembunyi melalui sidik jari privasi yang ditetapkan secara terpisah, mengunci ponsel secara manual dan mematikan kata sandi biometrik ponsel.

Bagi para gamers, realme 5 Pro juga dijejalkan fitur penting Hyper Boost 2.0 yang kini didukung Frame Boost dan Touch Boost. Fitur ini dapat meningkatkan kinerja dan stabilitas ponsel selama permainan, dan memastikan pengalaman bermain game terbaik bagi pengguna.

Untuk memberikan pengalaman yang lebih baik kepada pengguna yang menyukai musik, realme telah mengembangkan teknologi optimisasi kualitas suara speaker kecil Dirac Power Sound bersama dengan Dirac Research AB.  Teknologi ini secara khusus ditargetkan pada tiga performa utama speaker kecil yang digunakan pada ponsel untuk pengoptimalan kualitas suara keseluruhan, bass dan volume.

Sementara itu Galaxy A50s memakai One UI yang menjadi standar bagi semua smartphone Android besutan Samsung. Bagi yang terbiasa memakai ponsel Samsung, tentu sudah sangat familiar dengan antarmuka yang sederhana dan mudah digunakan ini.

Fitur lain yang tak kalah penting, bahkan sangat berguna bagi para komuter maupun pemilik kendaraan pribadi di Jakarta adalah NFC. Ya, Samsung Galaxy A50s telah didukung dengan NFC dan Samsung Pay yang memudahkan untuk melakukan transaksi pembelian tanpa uang tunai maupun kartu kredit.

Dengan NFC, kita bisa melakukan top-up kartu e-money langsung dari smartphone. Maupun berbelanja di sejumlah merchant yang mendukung. Sedangkan Samsung Pay memberikan kemudahan berbelanja dengan swipe-up di home screen. Saat ini Samsung Pay baru bekerja sama dengan DANA.

Selanjutnya bagi yang gemar bermain game, terdapat AI Gaming Booster yang di vendor lain pun, konsep ini sudah diterapkan. Intinya, fitur AI Gaming Booster dapat mengenali tipe game yang sedang dimainkan dan secara otomatis mengoptimalkan performa. Sehingga memberikan tampilan yang detail serta meminimalisir terjadinya lag pada saat proses bermain game online.

Kinerja

Chipset adalah bagian sentral dari ponsel. Karena inilah otak yang membuat perangkat berjalan dengan sebagaimana mestinya. realme 5 Pro dipersenjatai dengan prosesor Qualcomm Snapdragon 712 AIE. Dibanding dengan realme 3 Pro yang memakai Snapdragon 710, ada sedikit peningkatan pada chipset generasi baru dengan arsitektur delapan inti Kryo ini.

Sementara Samsung Galaxy A50s untuk dapur pacunya dibekali dengan chipset Exynos 9611. Sebagaimana realme 5 Pro yang chipsetnya ditingkatkan dari sebelumnya Galaxy A50s ini juga mengalami peningkatan walau tidak signifikan. Secara kelas, kedua chipset tersebut berada di segmen yang sama.

Selanjutnya pada sektor memori, realme 5 Pro menggunakan LPDDR4X + UFS2.1. Ini merupakan paket konfigurasi berkecepatan tinggi dengan pilihan memori 4+128GB dan 8GB + 128GB. Sementara itu untuk Galaxy A50s pilihan memori yang tersedia adalah varian 4GB+64GB dan 6GB + 128GB.

Untuk menunjang aktivitas pengguna, realme 5 Pro dilengkapi dengan baterai berkapasitas tinggi 4035mAh. Baterai diperkuat dengan fungsi AI Freezer yang dapat memprediksi penggunaan aplikasi, dan segera membekukan aplikasi yang tidak digunakan untuk menghemat daya. Sistem pengisian daya juga telah mendukung VOOC Flash Charge 3.0 25 watt.

Di sisi lain, Samsung Galaxy A50S juga memakai baterai berkapasitas 4.000 mAh yang telah mendukung fast charging 18 watt.

Kesimpulan

Dari ulasan di atas, pasti sudah tahu dong apa saja yang ditawarkan pada realme 5 Pro vs Samsung Galaxy A50s. Secara umum, kedua perangkat ini menawarkan kemampuan yang seimbang. Keduanya memilih pendekatan berbeda, sehingga seharusnya makin mempermudah pengguna yang ingin memilih ponsel sesuai kebutuhan.

Realme 5 Pro menjadi perangkat mobile photography unggulan berkualitas tinggi di industri, jauh melampaui level harganya. Jika ingin memiliki perangkat dengan kemampuan fotografi mumpuni, kecepatan ngebut, desain yang stylish, maka inilah pilihannya.

Samsung Galaxy A50s menjadi perangkat Samsung yang paling value for money karena telah dibekali fitur yang lengkap di kelas midrange. Bagi yang ingin lebih mengeksplor kemampuan video dan membutuhkan koneksi NFC, maka ponsel ini bisa jadi pilihan menarik.

Bagaimana dengan harga? Samsung Galaxy A50s dibanderol dengan harga Rp 4.099.000,- untuk kapasitas RAM 4GB, dan Rp 4.899.000,- untuk RAM 6GB. Sedangkan realme 5 Pro dipasarkan dengan harga Rp 2.999.000 untuk varian 4GB +128GB dan Rp 3.699.000 untuk kapasitas 8 + 128 GB.

Dengan spesifikasi yang hampir mirip, realme 5 Pro dipasarkan dengan harga yang jauh lebih murah. Tentu ini bisa jadi pertimbangan penting juga bagi konsumen ketika memutuskan untuk membeli perangkat.