Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Nasib Google Family Link, Aplikasi Parenting yang Diserbu Ulasan Negatif

0 2.210

Kini tak hanya orang dewasa, anak-anak pun sudah terbiasa memegang smartphone dan menggunakannya sehari-hari. Kebutuhannya bermacam-macam, tak hanya sebagai hiburan, juga digunakan sebagai media pembelajaran digital terutama dalam masa pandemi seperti sekarang ini. Untuk mencegah agar sang anak tidak mengakses konten yang kurang relevan, para orang tua menggunakan aplikasi Google Family Link untuk memberikan batasan khusus, yang, tentunya tak disukai oleh anak-anak.

Namanya juga aplikasi yang didesain untuk berikan batasan, otomatis sang anak tak dapat menggunakan smartphone mereka dengan leluasa. Akibatnya, mereka berbondong-bondong menyerbu aplikasi tersebut di Google Play Store, berikan rating buruk serta menyampaikan keluhan mereka lewat komentar. Ada yang menyampaikan kekecewaaan, sampai marah besar.

Baca juga: Netflix Tingkatkan Fitur Kontrol Orang Tua untuk Tayangan Anak-anak

Punya Rating Rendah, Dihujani Komentar Negatif dari Anak

Komentar Google Family Link
Salah satu ulasan yang dapat ditemukan pada Google Family Link khusus anak.

Hal ini menjadi viral setelah seorang pengguna Facebook, Taufik Hidayat mengunggah beberapa tangkapan layar, memperlihatkan situasi aplikasi Google Family Link untuk anak-anak & remaja di Google Play Store. Tak hanya dihujani banyak komentar negatif, aplikasi tersebut memiliki rating yang sangat rendah, yaitu 1,6 saja dari total 56 ribu ulasan.

Dalam sebuah ulasan, seorang anak mengeluhkan jika ia tak bisa menginstall aplikasi, melakukan root, memindahkan data sampai mengunduh aplikasi tambahan. Mereka membutuhkan izin dari orang tua, yang, memang, menjadi tujuan utama dipasangnya aplikasi itu pada smartphone mereka. Ia sampai menyebutkan sila ke-5 dari pancasila untuk menuntut kebebasan menggunakan smartphone-nya tanpa batasan dan merasa tidak adil akan hal itu.

Sementara ketika kami akses di Google Play Store, Google Family Link versi orang tua memiliki total 460 ribu ulasan dengan rating 4,3. Meski begitu, tak sedikit ulasan yang kurang baik. Beberapa orang tua mengeluhkan aplikasi yang masih dapat diakses meski telah diatur waktu penggunaannya, dengan cara menghapus dan memasang kembali aplikasi tersebut. Anak-anak memang cerdas dalam menemukan celah, ya.

Fitur Yang Ditawarkan Google Family Link

Fitur Google Family Link

Sebagai informasi, Google merilis Family Link khusus agar orang tua dapat memiliki kendali sepenuhnya atas aktivitas yang dilakukan pada smartphone anak. Orang tua akan menerima laporan aktivitas dari masing-masing aplikasi, durasi membaca buku, bermain game, menonton video dan sebagainya. Tiap aplikasi dapat dibatasi durasi aksesnya per hari, serta orang tua dapat menyetel waktu tidur agar perangkat terkunci otomatis jika sudah waktunya untuk tidur. Mereka juga dapat mengunci smartphone anak sewaktu-waktu bila diperlukan, plus akses lokasi untuk mengetahui keberadaan anak.

Aplikasi ini memerlukan akun Google baik pada orang tua maupun sang anak. Orang tua dapat memasang Google Family Link pada smartphone mereka yang menjalankan Android 5 atau iPhone dengan versi minimum iOS 9, serta pada smartphone anak dengan OS Android versi Nougat atau lebih baru. Satu akun orang tua dapat mengontrol sekitar enam akun anak, dan ketiga usianya sudah melewati 13 tahun, akan ada opsi untuk mengubah akun anak menjadi akun dewasa, tanpa pembatasan.