Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Huawei MeeTime, Aplikasi Video Call Kaya Fitur & Hemat Bandwidth

0 1.782

Pada kondisi merebaknya Covid-19 yang menganjurkan untuk #dirumahaja, aplikasi video call kian banyak dipakai untuk berbagai keperluan. Bahkan, Huawei pun mengembangkan aplikasi dengan fungsi yang seperti ini. Raksasa teknologi asal Tiongkok ini baru saja meluncurkan aplikasi Huawei MeeTime.

Aplikasi ini dirilis setelah Huawei baru saja mengumumkan lini flagship mereka, P40 series secara global, dan akan diperkenalkan di Indonesia 10 April nanti. Datang dengan versi EMUI 10.1 terbaru, aplikasi Huawei MeeTime nantinya bisa digunakan untuk melakukan panggilan video dalam semua skenario. Huawei mengklaimnya sebagai yang pertama di dunia.

Baca juga: Huawei P40 Pro+ Bawa Dua Kamera Telefoto OIS 100x Zoom

Fitur Unggulan Huawei MeeTime

“Huawei MeeTime dapat menghubungkan Anda dengan keluarga dan teman-teman kapan saja dan di mana saja melalui panggilan video berkualitas tinggi, bahkan dalam kondisi cahaya yang redup atau jaringan yang kurang maksimal,” jelas Lo Khing Seng, Deputy Country Head, Huawei Consumer Business Groups pada siaran pers yang diterima Gizmologi di Jakarta.

Keunggulan tersebut dimungkinkan berkat integrasi antara perangkat lunak dan perangkat keras Huawei. Aplikasi Huawei MeeTime akan sepenuhnya menggunakan kemampuan distribusi Huawei, memanfaatkan seluruh bagian chipset Kirin besutan Huawei seperti CPU, GPU Turbo dan NPU, meningkatkan kemampuan ekosistem Huawei kedepannya. Video yang dihasilkan pada saat melakukan panggilan telepon diklaim berkualitas tinggi hingga resolusi 1080p.

Dim Light Compensation Huawei MeeTime
Ilustrasi fitur Dim Light Compensation pada panggilan video MeeTime.

Ketika dalam kondisi cahaya redup, algoritma Dim Light Compensation pada aplikasi Huawei MeeTime secara otomatis mendeteksi garis wajah dan mengoptimalkan algoritma pengenalan wajah dengan peningkatan cahaya AI, kompensasi kecerahan, serta pengurangan noise (noise reduction) untuk mempertahankan kualitas video.

Untuk mempersiapkan kondisi internet yang sedang tidak stabil atau sinyal yang rendah, fitur Ratio Super Resolution secara otomatis akan aktif. Memanfaatkan kemampuan CPU dan GPU pada chipset Kirin di smartphone Huawei, kualitas gambar akan diimbangi dengan merekonstruksi resolusi rasio dan Encode Perception, secara teknis akan fokus pada pengkodean target utama, mengurangi bit stream.

Dengan kemampuan video resolusi tinggi yang ditawarkan, Huawei juga memastikan penggunaan bandwidth lewat MeeTime akan dihemat 40%, mengadopsi teknologi AI seperti memprediksi perubahan bandwidth, mengatur frame rate, dan rasio resolusi untuk memastikan panggilan video tetap lancar. Huawei mengklaim jika layanan video MeeTime dengan resolusi 1080p mengambil daya hanya 60% dari panggilan FaceTime video 720p milik Apple.

Screen sharing Huawei MeeTime
Fitur berbagi layar pada Huawei MeeTime.

Huawei MeeTime juga membawa fitur screen sharing atau berbagi layar, plus dukungan kamera pihak ketiga untuk berbagi tampilan dengan lebih baik melalui panggilan video. Fitur ini pastinya akan tersedia pada Huawei P40 series, dan lini seri flagship Huawei lainnya yang sudah menggunakan perangkat lunak terbaru EMUI 10.1.

“Kami berharap inovasi baru ini akan semakin meningkatkan quality time bagi para pengguna dan dapat menyatukan semua orang,” tutup King Seng.

Sayangnya, aplikasi ini hanya berjalan di platform antarmuka EMUI 10.1 milik Huawei. Bakal useless kalau pengguna Huawei masih sedikit. Padahal di luar sana, banyak aplikasi yang memiliki kemampuan serupa.


Beli smartphone Huawei di:

SHOPEE BLIBLI LAZADA ERASPACE  JD.ID