Mengenal Noizz, Aplikasi Edit Video Populer di Android

Berkat adanya teknologi seperti kecerdasan buatan atau AI, kini aplikasi edit foto maupun video sudah semakin canggih. Mulai dari bisa hapus objek, mengganti tampilan langit dan lain sebagainya. Pilihan aplikasi pihak ketiga pun kini semakin banyak, dan salah satu yang cukup populer belakangan ini adalah Noizz.

Meski judulnya “video editor”, sejatinya aplikasi edit foto Android satu ini punya kemampuan yang lebih fokus untuk ubah foto yang tersimpan di dalam galeri, menjadi video yang lebih menarik untuk dibagikan ke media sosial. Familiar dengan logo serta tampilan aplikasinya? Wajar bila kamu sebelumnya pernah gunakan aplikasi Biugo.

Penggantian nama aplikasi tersebut terjadi pada Oktober 2019 lalu, di mana Biugo tetap menjadi nama perusahaan yang menaungi aplikasi editor video tersebut. Dirilis pertama kali sejak 2015 oleh Axel Springer Polska asal Brazil, Noizz sendiri memiliki makna sama layaknya kata dalam bahasa Inggris, “noise”.

Baca juga: Instagram Reels Sudah Hadir di Indonesia, Pesaing Terberat TikTok

Dengan template foto dan video unik, diharapkan para penggunanya bisa membagikan konten video yang bersifat spontan, positif dan berasal dari kehidupan harian. Lantas apa bedanya dengan Snapchat, Instagram Stories maupun TikTok?

Noizz Berikan Banyak Pilihan Membuat Konten

Noizz 003

Aplikasi ini utamanya hadir sebagai aplikasi editor video, berbeda dengan tiga platform yang telah disebutkan di atas, di mana juga mengutamakan pengguna layaknya sebuah platform media sosial. Memang, kamu bisa menemukan menu khusus di mana sesama pengguna saling berbagi konten, termasuk bisa saling follow.

Namun bila diakses saat ini, kebanyakan pengguna berasal dari Indonesia, India dan regional asal aplikasi ini dibuat. Kontennya pun cenderung amatir, alias sangat berbeda dengan TikTok hingga Instagram Reels. Dalam deskripsi aplikasinya, diklaim bila Noizz sempat menjadi salah satu aplikasi editor video yang direkomendasikan Google Play 2021.

Akun resmi Noizz Indonesia pun bisa ditemukan di Facebook, meski sudah lama tidak memposting informasi terbaru terkait pengembangan aplikasi ini. Bila diintip dari Google Play Store, aplikasi edit foto gratisan ini berhasil diunduh lebih dari 100 juta pengguna, dan terus diperbarui hingga awal Juli kemarin.

Noizz tawarkan banyak sekali template yang bisa pengguna pilih untuk membuat konten. Mulai dari konten foto hingga video, dengan template bertema animasi hingga alam. Bahkan cropping otomatis untuk subjek manusia agar pas ke dalam latar bergerak yang sudah dipilih. Prosesnya cenderung instan dan mudah digunakan.

Punya Tampilan Antarmuka Mirip TikTok

Noizz

Penasaran ingin mencoba aplikasi Noizz? Pengguna smartphone Android bisa langsung mengunduhnya lewat Google Play Store. Aplikasi ini gratis, meski cukup banyak iklan di dalamnya. Namun kamu tidak wajib untuk membuat akun, kecuali ingin berbagi dengan pengguna lain di dalam aplikasi.

Pada tampilan awal, bakal langsung ditampilkan pilihan efek terbaru. Sementara tombol kamera jadi pintasan untuk membuat foto langsung, lengkap dengan filter dan efek beauty bawaan dari Noizz. Ada dua tombol besar di sisi atas, yaitu “Magic Video” dan “Magic Picture”.

Sesuai dengan namanya, masing-masing menentukan hasil akhir konten yang ingin dihasilkan. Magic Picture berarti sekadar edit foto saja, sementara dengan Magic Video, konten bisa lebih kompleks. Kamu bisa input video atau beberapa foto sekaligus, untuk kemudian diolah menjadi konten menarik.

Template seperti Magic Cut otomatis memotong bagian wajah dan ditempelkan ke objek maupun subjek pada template tertentu, serupa dengan FaceApp yang sempat populer tahun lalu. Bila selesai eksplorasi, tinggal bagikan hasil akhir ke WhatsApp Status, Instagram Stories atau platform lainnya sesuai selera. Selamat mencoba!

Tinggalkan komen