Gizmologi
The Gizmo & Technology Universe. Situs teknologi dan gadget terkini.

Hadirkan Konten Islami, Aplikasi Umma Adopsi Teknologi AI

Tak hanya berikan informasi permudah ibadah, didukung dengan teknologi kecerdasan buatan umma menawarkan konten Islam yang dipersonalisasi sesuai ketertarikan pengguna dan fitur komunitas

Memiliki jumlah umat Islam yang terbanyak di dunia, Indonesia adalah pasar yang potensial untuk hal berbau religi. Aplikasi islami pun bermunculan, salah satu yang terbaru adalah Umma. Ini adalah aplikasi mobile yang memberikan informasi untuk mempermudah ibadah umat Islam.

Hal itu didukung berdasarkan laporan dari Pew Research Center. Lembaga riset internasional tersebut mengungkapkan ketertarikan terhadap platform terkait agama yang cukup tinggi di Indonesia. Sebanyak 93% responden di Indonesia menganggap agama memiliki peran penting dalam kehidupan mereka.

Menurut Indra Wiralaksmana, CEO dan Co-Founder umma, aplikasi ini dikembangkan untuk menjawab kebutuhan kaum muslim akan informasi seputar Islam yang terpercaya dalam satu wadah. “Misi kami adalah membantu pengguna untuk bersama-sama menjadi muslim yang lebih baik (khairu ummah) melalui pemanfaatan teknologi,” ujar Indra.

Sejak hadir di tengah masyarakat Indonesia, Indra menambahkan, pihaknya melihat meningkatnya antusiasme terhadap aplikasi umma. “Per April 2019, aplikasi umma telah diunduh oleh lebih dari 2,5 juta pengguna di Indonesia dengan pertumbuhan pengguna yang cukup tinggi, yakni sekitar 50% per kuartal dari periode Ramadhan tahun 2018,” ungkapnya.

Sementara itu Garibaldi Thohir, salah satu pemegang saham umma, mengatakan jumlah pengguna yang cukup tinggi membuktikan bahwa pembelajaran akan Islam telah menyatu dengan dan menjadi bagian dari gaya hidup sehari-hari mulai dari halal travel, fesyen & hobi serta gerakan komunitas terutama di generasi muda.
Baca juga: Mengenal Muslimnesia, Aplikasi Kekinian untuk Muslim Milenial

Fitur Aplikasi Umma

Saat ini, konten aplikasi umma telah diisi lebih dari 80 ustadz dan ulama populer di tengah masyarakat yang siap berbagi informasi kepada para pengguna.Berbeda dengan aplikasi muslim lainnya, umma menawarkan berbagai konten Islami yang dipersonalisasi dengan memanfaatkan teknologi kecerdasan buatan dan fitur komunitas.

Aplikasi umma diklaim memiliki keunggulan dibanding aplikasi muslim lainnya. Karena sebagai aplikasi yang dikembangkan oleh anak muda Indonesia, umma memiliki pengetahuan yang mendalam mengenai kebutuhan masyarakat muslim di Indonesia, termasuk di golongan milenial dan generasi Z.

Aplikasi ini menawarkan dukungan kemudahan bagi umat Islam dalam beribadah, berinteraksi serta berbagi informasi antar sesama kaum muslim. Pengembangan umma sangat terbuka untuk dapat memfasilitasi berbagai kebutuhan lain masyarakat muslim di tanah air.  Beberapa fitur unggulan di aplikasi Umma adalah seperti di bawah ini.

1. Penunjang Beribadah

Terdiri dari waktu shalat dan penunjuk arah kiblat yang dapat digunakan di lokasi manapun berbasis GPS.  Fitur Al Qur’an dan Terjemahan umma memiliki kelebihan dengan menawarkan kumpulan rekomendasi ayat-ayat Al-Quran dengan berbagai tema kehidupan.

Related Posts
1 daripada 30

2. Konten

Konten pada umma terdiri dari beragam artikel serta berbagai video kajian dan ceramah ustadz yang telah diverifikasi dan dimoderasi. Sebagai platform teknologi, konten umma dipersonalisasi sesuai ketertarikan pengguna dengan menggunakan teknologi kecerdasan buatan (artificial intelligence)

3. Komunitas 

Fitur ini berisikan grup percakapan yang dimoderasi untuk memfasilitasi pengguna umma yang berasal dari beragam latar belakang untuk berdiskusi maupun melakukan tanya jawab dengan ustadz pembina grup tersebut.

Fitur komunitas ini yang membedakan kami dengan platform lainnya. Melalui fitur komunitas, umma mendorong umat muslim Indonesia untuk saling bahu-membahu melalui diskusi yang positif.  Lebih dari 1 tahun, aplikasi tersebut telah memfasilitasi terbentuknya 80 komunitas baru dan akan terus bertambah.

Program Ramadan “Ummah”

Di bulan suci Ramadan 1440 H, umma meluncurkan program Ramadhan Ummah (“Rummah”).  Program khusus ini memudahkan pengguna dalam beribadah, belajar serta berdonasi bersama dengan pengguna lainnya. Terdapat fitur khusus yang menjadi one stop solution untuk para pengguna kami untuk lebih mudah beribadah dan melakukan berbagai amalan di bulan suci.

Selama bulan Ramadhan, konten-konten terkait Ramadan menjadi salah satu konten yang paling banyak diakses oleh para umat muslim.  Berdasarkan data internal di Ramadan tahun lalu, konten yang paling banyak diakses para pengguna kami selama periode Ramadhan adalah konten-konten seperti keutamaan Ramadhan, amalan-amalan mulia di Bulan Ramadhan, do’a-do’a Ramadhan, dan bahkan sampai dengan resep makanan untuk sahur dan berbuka puasa.

Program Rummah menawarkan berbagai konten penunjang pelaksanaan ibadah sepanjang bulan suci, mulai dari:

  1. Penunjang Beribadah – Terdiri dari waktu sholat dan penunjuk arah kiblat yang dapat digunakan di lokasi manapun berbasis GPS.

  2. Memperdalam Ajaran Agama – Melalui beragam artikel siraman rohani dan berbagai video kajian ustad, kaum muslim dapat menambah pengetahuan mengenai agamanya.  Konten yang ada dipersonalisasi sesuai ketertarikan pengguna dengan memanfaatkan teknologi kecerdasan buatan.

  3. Konten Ramadhan – Bacaan-bacaan dan tips bermanfaat termasuk resep-resep makanan untuk membantu umat menjalankan ibadah puasa dengan baik dan meraih kesuksesan Ramadhan.

  4. Mutaba’ah Yaumiyah – Fitur untuk merekam kegiatan ibadah pengguna sehari-hari di sepanjang Bulan Ramadhan.  Melalui Mutaba’ah Yaumiyah pada aplikasi umma, pengguna akan mendapatkan poin untuk setiap aktivitas ibadah dan amalan harian yang telah dilakukan dan direkam.  Poin yang terkumpul dapat kemudian didonasikan oleh pengguna dalam bentuk uang tunai ke badan amal yang dipilih oleh pengguna tersebut.

Setiap poin yang dihasilkan pengguna umma dari aktivitas ibadah mereka akan dikonversi menjadi donasi yang akan disalurkan oleh umma melalui Dompet Dhuafa dan Kitabisa.com sesuai dengan program donasi yang dipilih pengguna.  “Kami berharap pengguna umma bisa mewujudkan ketercapaian target total donasi Rp 1 miliar melalui fitur Mutaba’ah Yaumiyah yang ada,” ujarnya.

Dalam peluncuran program Rummah hari ini, umma juga menandatangani nota kesepahaman dengan GOJEK. Dalam hal ini, Umma menyediakan fitur informasi waktu sholat dalam aplikasi GOJEK.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.