WhatsApp Siap Hadirkan Fitur Transfer Data dari iOS ke Android

Jakarta, Gizmologi – Meski jadi salah satu aplikasi berkirim pesan paling popular di kalangan pengguna smartphone, WhatsApp yang kini menjadi bagian dari Facebook masih punya sebuah kekurangan yang membuat orang enggan berganti smartphone. Terutama bagi mereka yang berencana untuk lintas platform.

Ya, selama ini tidak ada cara resmi untuk memindahkan data obrolan dari WhatsApp Android ke iOS, begitu pula sebaliknya. Tak seperti Telegram yang secara otomatis menyimpan semua data ke servernya, WhatsApp gunakan dua penyimpanan cloud berbeda untuk masing-masing platform; Google Drive di Android, serta iCloud di iOS. Otomatis mencegah proses sinkronisasi keduanya.

Baca juga: Untung-Rugi Install Aplikasi Mod Pengganti WhatsApp

Namun situasi nampaknya bakal berakhir dalam waktu dekat, setidaknya pada beberapa pekan ke depan. Pasalnya, dalam acara peluncuran smartphone layar lipat Samsung terbaru, Galaxy Z Fold3 & Z Flip3, diumumkan bila bakal ada cara baru untuk memindahkan data WhatsApp. Dari smartphone Apple dengan iOS ke Android terbaik Samsung yang diluncurkan saat itu.

Ini merupakan titik cerah kedua, setelah beberapa bulan lalu sudah mulai muncul ‘hilal’ atas ketersediaan fitur ini. Memang, jangan senang dulu, karena fitur transfer data WhatsApp lintas platform ini baru sekadar rencana, alias belum tersedia saat ini juga.

Pengguna Galaxy Z Fold3 & Z Flip3 Bakal Bisa Menikmatinya Lebih Dulu

Dalam gelaran acara daring tersebut, Samsung menyebutkan bila nantinya pengguna smartphone Apple yang berpindah ke seri layar lipat mereka, bisa memindahkan data WhatsApp-nya secara langsung dan resmi, tanpa perlu menggunakan aplikasi pihak ketiga. Tentunya, dengan beberapa catatan.

Proses transfer memerlukan kabel alias tidak menggunakan cloud. Untuk memindahkan seluruh data obrolan dan media, diperlukan kabel fisik USB-C ke lightning, untuk disambungkan ke masing-masing perangkat. Dan bila sebelumnya sudah ada backup di Android, pengguna harus memilih antara yang baru dikirim dari iOS, atau file backup lama, alias tidak bisa digabungkan.

Pihak WhatsApp juga menyebutkan bila fungsi ini bakal hadir lebih dulu di seri smartphone Samsung terbaru yang baru saja diluncurkan. Ke depannya, bakal menyusul ke seri lainnya yang jalankan Android 10 ke atas dalam beberapa pekan. Tidak disebutkan kapan bakal tersedia di Android selain Samsung, atau kemampuan sebaliknya alias dari Android ke iOS.

Sudah Dirumorkan Sejak Bulan April Lalu

WhatsApp iOS Android 101

Sebelumnya, berita terkait kemungkinan adanya fitur sejenis muncul sejak bulan April. Saat itu, WABetaInfo yang sudah biasa membocorkan fitur-fitur yang akan datang secara akurat, menyampaikan bila pihak Facebook sedang kembangkan cara untuk transfer data lintas platform.

Bentuk screenshot tampilannya pun sudah ditampakkan, menampilkan menu “Move chats to Android” yang mengindikasikan kemampuan mengirim data dari perangkat iOS. Kemudian pada akhir bulan Juli, rumornya semakin kuat dengan kemunculan screenshot baru.

WhatsApp iOS Android

Saat itu, kemampuan memindah data WhatsApp dari iOS ke Android muncul pada aplikasi Switch to Android rancangan Google. Ditampilkan bila iPhone harus dalam keadaan menyala dengan kondisi kunci terbuka, supaya proses transfer data berjalan lancar.

Dengan hadirnya fitur ini, pengguna iOS tak perlu lagi berberat hati untuk tetap menggunakan smartphone mereka demi chat WhatsApp yang terlanjur banyak. Pun juga tidak perlu habiskan dana ratusan ribu untuk membeli lisensi aplikasi ketiga yang bisa memindahkan data. Semoga segera tersedia untuk semua Android ya.

Tinggalkan komen