Gizmologi
The Gizmo & Technology Universe. Situs teknologi dan gadget terkini.

LINE Pay dan VISA Kerja Sama Fintech Garap Kartu Pembayaran Digital

Keduanya akan berkolaborasi dalam layanan finansial yang inovatif dalam pembayaran global, platform transfer, dan blockchain

Teknologi finansial (fintech) terus berkembang bukan sekadar alat pembayara digital ataupun pinjaman online. Seperti dilakukan LINE Pay Corporation, operator dompet digital dan layanan fintech yang mengumumkan kerja samanya dengan platform pembayaran Visa. Keduanya berkolaborasi membentuk layanan keuangan baru bagi para jutaan pengguna dan merchants di seluruh dunia. ​​

​Kerja sama ini akan memperkuat hubungan yang telah ada antara LINE Pay dan Visa sebelumnya. Di mana melibatkan kartu co-branded LINE Pay Visa di Taiwan. Program tersebut sukses diuji coba dengan melayani 2,3 juta pelanggan. Sukses Taiwan, kerjasama serupa akan berlanjut di negara kelahiran LINE sendiri, yaitu Jepang pada akhir tahun ini.

Menurut Youngsu Ko, CEO LINE Pay, platform besutan mereka ini lebih dari sekadar metode pembayaran.  “Seiring dengan transisi menjadi masyarakat non-tunai, LINE Pay fokus untuk meningkatkan nilai tambah bagi pengguna LINE serta partner bisnis di seluruh dunia. Dan dengan koneksi dan infrastruktur global yang dimiliki oleh Visa, pengguna LINE Pay dapat menikmati beragam keuntungan dari koneksi luas dan inovatif tersebut,” ujar Youngsu.​

Aplikasi pertukaran pesan dianggap menjadi garda terdepan pertumbuhan cepat digital commerce. Karena konsumen dapat memilih kegiatan sehari-hari, seperti pembayaran, yang terintegrasi di dalam aplikasi. Selain itu, terjadi pergeseran preferensi masyarakat yang suka aplikasi untuk segala hal. Misalnya transfer uang, membuat pembelian daring, membayar tagihan, memesan tiket perjalanan, serta membeli makanan.

Pada dasarnya, hal ini bukan cuma mainan baru bagi LINE Pay saja. Karena di ranah lokal pun, GoJek juga sudah melakukan hal serupa melalui aplikasinya yang awalnya sekadar untuk layanan transportasi online, kini telah merambah berbagai hal sehingga menjadi Super Apps.

Baca juga: Rambah Bisnis Fintech di Tanah Air, LINE Financial Akuisisi Bank KEB Hana

Kerjasama LINE Pay dan VISA

Kedua perusahaan akan berkolaborasi dalam berbagai area. Pertama ​ untuk pembayaran sehari-hari bagi187 juta pengguna aktif LINE di seluruh dunia. Mereka dapat mendaftar untuk mendapatkan kartu Visa digital melalui aplikasi LINE,termasuk menambahkan kartu Visa yang sudah dimiliki. ​

​Kedua, ​​​​​solusi bagi merchants. Melalui Visa, pengguna dapat menggunakan layanan LINE Pay dari 54 juta lokasi merchants Visa di seluruh dunia. Pengguna juga dapat melihat rekap transaksi dalam dompet digital LINE Pay, meskipun LINE Pay tidak tersedia di lokasi tersebut.

Sebagai tambahan, LINE Pay dan Visa akan berkolaborasi agar merchants dapat berinteraksi dengan layanan LINE Pay serta dompet digital LINE Pay, untuk mendukung pertumbuhan pembayaran yang dapat dioperasikan secara global.

Ketiga, ​layanan Fintech. LINE Pay dan Visa akan mengembangkan pengalaman baru yang didasarkan pada blockchain yang menyediakan B2B, pembayaran lintas batas, dan transaksi alternatif nilai tukar.

Keempat, ​pemasaran. Menuju Olimpiade Tokyo 2020, LINE Pay dan Visa akan bekerja sama dalam kampanye pemasaran eksklusif serta promosi untuk berkontribusi untuk transisi Jepang menuju masyarakat non-tunai sebelum dan sesudah Olimpiade.