Gizmologi
The Gizmo & Technology Universe. Situs teknologi dan gadget terkini.

MIX 360 Esports Kembangkan Ekosistem Olahraga Elektronik Indonesia

Salah satu langkahnya dengan menggelar IEL University Series 2019

Industri esports atau olahraga elektronik berkembang pesat dan membuka peluang karir profesional yang menjanjikan bagi penggemarnya. Melihat potensi tersebut, maka MIX 360 Esports (MIX) pun membuat berbagai inisiasi untuk mengembangkan ekosistem esports di Indonesia.

Dalam mengembangkan esports, harus dimulai dengan mengubah paradigma tradisional orang tua dan institusi pendidikan mengenai esports. IEL Campus Seminar merupakan sarana untuk memberi perspektif bahwa industri esports bukan hanya sekedar game semata. Harapannya seminar tersebut bisa memberikan pengetahuan yang mendalam mengenai lanskap dan ekosistem esports di Indonesia. Dengan demikian komunitas dan industri esports pun semakin berkembang.

“Peluang karir di esports tak hanya atlet, tetapi ada caster, pelatih dan manajemen dan organizer,” ucap Eddy Lim, Presiden IESPA.

Berdasarkan laporan penelitian Niko Partners, 41% dari 266 juta penduduk di Indonesia adalah gamer mobile atau PC kasual. Di Indonesia, pendapatan online PC dan mobile game mencapai US$606 juta atau sekitar Rp8,5 triliun pada 2018. Prediksinya pada 2022 pendapatan tersebut mencapai US$1.156 juta atau sekitar Rp16,2 triliun.

Baca juga: Menpora Dukung Penuh Pengembangan Esports Indonesia

Dukungan MIX 360 Esports Pada IEL University Series 2019

Related Posts
1 daripada 7
ekosistem esports
Eddy Lim, Ketua IESPA & Co-Founder LigaGame Esports, dalam presentasi tentang lanskap esports di Indonesia, pada IEL Campus Seminar di Universitas Kristen Maranatha, Bandung, Jumat, 8 February 2019.

Pengembangan ekosistem esports mencakup pembinaan bibit-bibit atlet dan caster esports profesional dan menyiapkan manajemen tim esports berkualitas. MIX 360 Esports mengawali langkah pengembangan tersebut dengan meluncurkan agenda olahraga IEL University Series 2019.

IEL University Series 2019 adalah kompetisi esports resmi di tingkat universitas di Indonesia. Kompetisi ini didukung Kementrian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), Komite Olimpiade Indonesia (KOI), Federasi Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (FORMI), dan Indonesia Esports Association (IESPA). Pengesahan kompetisi dilakukan oleh Federasi Electronic Sports Asia (AeSF).

Ajang IEL University Series 2019 sudah dimulai sejak akhir Januari, dan menjadi bagian Liga universitas resmi di bawah naungan IESPA. Pengembangan industri esports juga dilakukan MIX 360 Esports melalui seminar yang memperkenalkan dunia esports di kalangan mahasiswa. Materinya mencakup sejarah perkembangan, bisnis, tren kompetisi, peluang karir dan usaha di industri tersebut. Seminar diselenggarakan di lima universitas yang berada di Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Semarang dan Surabaya.

Pada musim pertama IEL 2019 Universiy Series, ada 12 kampus yang siap mengirim perwakilannya yang dibagi dalam dua grup. Dua cabang game yang diperlombakan adalah Dota 2 dan Mobile Legends. Peserta akan menjalani babak penyisihan secara online selama periode Januari-Maret 2019. Empat tim terbaik dari masing-masing cabang akan bertanding di babak semifinal dan final pada akhir April 2019 di LigaGame Arena. Tersedia total hadiah sebesar Rp1 miliar bagi para pemenang musim pertama.

Kompetisi tersebut didukung oleh Niko Partners, meta.us (jejaring sosial gamer), Moonton (developer game MOBA), Mobile Legends: Bang Bang, Razer, Air Asia, Rexus dan GoodDay. Sebagai brand lifestyle bagi para gamer dan partner esports resmi, Razer juga akan berbagi keahlian mengelola ekosistem hardware, software, dan memastikan eksekusi tanpa cela bagi para gamer.

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More