Gizmologi
The Gizmo & Technology Universe. Situs teknologi dan gadget terkini.

Resmi Meluncur di India, Kecerdasan Kamera di OPPO F7 Makin Memikat

Bertempat di negeri Kuch Kuch Hota Hai, produsen asal Tiongkok OPPO merilis produk terbarunya. Smartphone OPPO F7 yang baru saja diresmikan di kota Mumbai, India (26/3) ini merupakan penerus lini seri F5 yang diluncurkan pada November 2017 silam.

Sederet artis Bollywood terkemuka pun digandeng sebagai brand ambassador untuk memikat konsumen di India. Salah satunya adalah Kriti Kharbanda yang ada di foto cover di atas. Paras para aktor yang ganteng dan aktris yang cantik seolah memberi pesan smartphone terbaru ini sanggup membuat penggunanya terlihat lebih kece.

Smartphone OPPO F7 hadir dengan kamera depan yang diperbaharui. Dibanding F5 yang “hanya” 16MP, maka resolusi kamera depan membawa peningkatan yang signifikan karena  mengusung sensor 25 Megapixel. OPPO F7 juga memperbarui kemampuan A.I Beauty Recognition Technology yang kini memasuki versi 2.0.

Pada F5, teknologi A.I mampu memindai 254 titik wajah secara spesifik. Nah, di smartphone OPPO F7 meningkat menjadi 296 titik wajah. Kecerdasan buatan pada F7 hadir dengan peningkatan fungsi selfie yang secara tepat dapat mengenali subjek dan memperhalus wajah secara terpisah baik untuk pria dan wanita dalam sebuah foto group selfie, membuat tiap subjek akan memiliki personalisasi selfienya masing–masing.

Selain itu, smartphone OPPO F7 juga dapat mempelajari preferensi pengguna dalam melakukan penyesuaian foto. Sehingga untuk foto yang diambil berikutnya dapat diaplikasikan dengan penyesuaian yang sama. Keseluruhan fungsi kecerdasan buatan terbaru ini dinamai OPPO dengan A.I Beauty 2.0.

Kamera depan smartphone OPPO F7 hadir dengan diafragma F/2.0. Sensor baru kamera depan ini menghasilkan gambar yang tajam dan kaya warna, fungsi HDR terintegrasi secara hardware, menyajikan hasil foto selfie dengan dynamic range yang tinggi namun tidak terkesan berlebihan.

Related Posts
1 daripada 368

Selain kamera, bagian lain yang menarik perhatian adalah model layarnya yang berponi. Sehingga dengan gampang kita bisa menuduh bahwa smartphone OPPO F7 meniru konsep iPhone X yang desainnya memang kekinian, sebagaimana diadopsi oleh brand lain.

Namun jika merujuk artikel kami sebelumnya, ternyata paten atas desain notch dan full display sudah didaftarkan OPPO sejak 9 Januari 2017. OPPO sudah mendapatkan persetujuan terkait paten ini pada September 2017. Sehingga, sekalipun iPhone X lebih dulu hadir di pasaran dengan desain notch, justru OPPO adalah pemegang patennya. Hmmm.. Sayang sekali OPPO belakangan merilis desain seperti ini.

Baca: Pelopor Smartphone Layar “Berponi” dari OPPO Segera Diluncurkan di Indonesia?

smartphone OPPO F7

Layar OPPO F7 berukuran 6,23″ resolusi Full HD+ yang 88% memenuhi permukaan dengan aspek rasio 19:9, sedikit lebih lebar dari umumnya yang 18:9. Dalam hal ketersedian memori, OPPO F7 memiliki dua pilihan yaitu RAM 4GB + 64GB ROM dan RAM 6GB + 128GB ROM.  Sementara pada dapur pacunya masih seperti pendahulunya, mengandalkan chipset dari Mediatek. Kali ini, yang dipakai adalah Octa core MTK P60 2.0GHz

Rencananya smartphone OPPO F7 akan diperkenalkan secara resmi di Indonesia setelah India. Lagi-lagi, sayangnya OPPO enggan berkomentar mengenai berapa harga perangkat ini, diluncurkan nantinya di Indonesia. Walau jika melihat telah banyaknya baliho atau poster OPPO F7 dimana-mana, kemungkinan besar dalam waktu dekat, yakni di bulan April mendatang akan segera diluncurkan di Tanah Air.

Namun, jika menilik kehadiran OPPO F5 dengan harga yang sangat berimbang dengan fitur yang disajikan, agaknya ini akan terulang pada perangkat OPPO F7.