Gizmologi
The Gizmo & Technology Universe. Situs teknologi dan gadget terkini.

Hemat BBM, Telkomsel Gunakan Teknologi Berbasis IoT

Sebagai perusahaan telekomunikasi digital, Telkomsel kembali membuktikan kapabilitasnya dengan pengembangan ekosistem Internet of Things (IoT). Bekerja sama dengan Mitratel dan Pertamina Patra Niaga (PPN), Telkomsel mengimplementasikan layanan pengelolaan bahan bakar minyak (BBM). Layanan tersebut adalah IoT Intelligent Tank Monitoring System (INTANK).

Solusi INTANK ini berfungsi untuk memantau tangki secara jarak jauh sehingga bisa memantau inventaris dan konsumsi BBM dengan intensif. Dengan demikian dapat mengatasi masalah keterbatasan akses pada situs tangki BBM, pengukuran manual, akurasi rendah, kehilangan inventori dan lain-lain. Jika masalah tersebut dapat diatasi, maka biaya operasi dalam pengelolaan BBM pun bisa ditekan.

“Tren IoT sedang berkembang secara global, sehingga Telkomsel konsisten untuk meningkatkan kesiapan teknologi dan jaringan. Ini merupakan upaya mempercepat terbentuknya ekosistem IoT di Indonesia untuk mendukung roadmap pemerintah Indonesia, yaitu ‘Making Indonesia 4.0’. Dalam rangka memasuki era ‘Índustri 4.0’, aspek penguasaan teknologi menjadi kunci penentu daya saing Indonesia,” ucap Dharma Simorangkir, SVP Eterprise Account Management Telkomsel.

Penerapan Solusi INTANK Pada Miratel dan PPN

Miratel adalah anak perusahaan Telkom yang menyediakan menara pemancar telekomunikasi dan infrastruktur terkait. Solusi INTANK diterapkan untuk memantau pemakaian dan persediaan BBM pada site infrastruktur telekomunikasi yang memakai genset untuk cadangan energi. Dengan demikian infrastruktur tersebut dapat dijaga untuk terus beroperasi dengan optimal tanpa kendala pasokan energi.

PPN adalah anak perusahaan Pertamina yang menjalankan dan mengembangkan kegiatan usaha di sektor hilir industri minyak dan gas bumi (migas) Indonesia. Kegiatan usaha tersebut mencakup kegiatan pengolahan, pengangkutan, penyimpanan dan niaga migas. PPN sudah mengembangkan solusi digital sendiri, yaitu Pertamina Smart MT (mobil tangki).

Related Posts
1 daripada 28
Solusi INTANK Telkomsel
Solusi INTANK Telkomsel

Nah, solusi INTANK dan Fleetsight dari Telkomsel akan mengoptimalkan Pertamina Smart MT dalam menjaga persediaan dan mendistribusikan BBM. Penerapan solusi INTANK dilakukan untuk memantau persediaan bahan bakar pada tangki penyimpanan terminal, sensor meter pada jalur distribusi, dan CCTV pada titik transfer kustodi.

Solusi INTANK Pada Industri Lain

Penerapan layanan INTANK di industri lain pun sudah masuk tahap uji implementasi, yaitu industri semen, kontraktor pertambangan dan industri pertambangan. Masing-masing perusahaan dari industri tersebut adalah Semen Merah Putih, Pamapersada Nusantara dan Kapuas Prima Coal Tbk.

Semen Merah Putih menggunakan solusi INTANK untuk memantau persediaan BBM pada terminal storage dan tangki bahan bakar truk pencampur semen. Sementara Pamapersada Nusantara tak hanya memakai INTANK untuk memantau persediaan BBM pada storage tank yang akan didistribusikan untuk operasional. Tetapi juga memonitor lokasi kapal distribusi BBM, dan memantau ketinggian air sungai yang dilalui kapal tersebut.

Implementasi INTANK digunakan Kapuas Prima Coal Tbk untuk memantau volume BBM pada truk distribusi BBM dari pelabuhan ke situs pertambangan. Selain itu digunakan juga untuk memantau persediaan bahan bakar pada tangki penyimpanan di pelabuhan.

Dharma berharap solusi INTANK dapat berperan signifikan pada ketiga perusahaan sehingga bisa menjadi yang terdepan di industry masing-masing. Solusi tersebut juga diharapkan bisa mempercepat perkembangan ekosistem IoT di Indonesia.