Gizmologi
The Gizmo & Technology Universe. Situs teknologi dan gadget terkini.

XL Axiata Akan Jor-joran Bangun Lagi Jaringan Data Tahun Ini

PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) berencana kembali membangun jaringan data secara besar-besaran, khususnya di luar Jawa, menyusul bertambahnya mutu koneksi data yang berimbas pada naiknya traffic data secara terus-menerus.

Pembangunan jaringan data masih akan dilakukan di Jawa, terutama untuk meningkatkan kualitas layanan, sedangkan prioritas dilaksanakan di luar Jawa untuk melanjutkan perluasan jaringan 4G LTE yang sudah berlangsung sejak tahun lalu. Tahun ini, XL Axiata akan menambah jumlah BTS baru dengan jumlah relatif sama dengan penambahan pada 2017, termasuk untuk perluasan cakupan layanan 4G LTE. Selama 2017, cakupan layanan data 3G/4G LTE XL Axiata mencapai sekitar 93%, sementara layanan 4G mencapai 85% dari total populasi. Untuk pengembangan jaringan dan juga penerapan teknologi jaringan terbaru & IT untuk memaksimalkan kualitas layanan, XL Axiata akan mengalokasikan 90% dari anggaran belanja modal 2018 yang sebesar sekitar Rp7 triliun.

Baca juga5 Hal yang Perlu Diketahui Tentang Datally, Aplikasi Penghemat Kuota Milik Google

Sepanjang tahun lalu, XL Axiata telah membukukan kinerja kuat dengan pendapatan dari layanan data sebagai kontributor utamanya. Jumlah pelanggan yang mengakses layanan data terus meningkat sehingga mampu mendorong kenaikan traffic layanan data hingga 2x lipat atau meningkat 148% year-on-year.

Capaian XL Axiata tahun lalu tersebut dikarenakan faktor berlanjutnya perluasan jaringan ke wilayah-wilayah dengan permintaan yang tinggi, yang kemudian mendorong pertumbuhan yang kuat pada pendapatan dan traffic dari wilayah luar Jawa.

Related Posts
1 daripada 15

Presiden Direktur XL Axiata Dian Siswarini mengatakan, “Pencapaian XL sepanjang 2017 secara jelas memberikan sinyal bahwa kini saatnya kami mesti melangkah ke fase berikutnya, yaitu memaksimalkan kemampuan jaringan data guna meningkatkan kualitas layanan, juga memperluas cakupan layanan ke area-area luar Jawa. Ini adalah momentum yang tepat untuk kami mencanangkan tekad #JadiLebihBaik sehingga akan semakin memuaskan pelanggan dan para pemangku kepentingan lainnya.”

Dari pembangunan tahun lalu, jaringan 4G LTE XL Axiata telah menjangkau 360 kota/kabupaten di berbagai wilayah di Indonesia, ditopang oleh lebih dari 17 ribu BTS 4G dan hampir 46 ribu BTS 3G. Dalam pembangunan jaringan data tersebut, wilayah di luar Pulau Jawa mendapatkan perhatian besar. Dari total BTS yang dibangun sepanjang 2017, 60% di antaranya berada di luar Jawa.  Pembangunan jaringan data di luar Jawa berhasil meningkatkan kualitas layanan dan juga perluasan wilayah layanan.

Dari total 53,5 juta pelanggan provider ini per akhir 2017, tercatat 72% dari total pelanggan atau 38,3 juta pelanggan telah menggunakan smartphone. Angka ini meningkat 32% dari capaian tahun lalu. Sementara itu, jumlah pelanggan yang aktif menggunakan layanan data telah mencapai 73% seiring dengan terus semakin baiknya kualitas layanan data dan pembangunan jaringan data di berbagai wilayah di Indonesia.

Pencapaian tersebut sesuai dengan hasil yang ditunjukkan parameter Net Promoter Score (NPS) di mana terlihat peningkatan persepsi positif dari pelanggan terhadap kualitas layanan data, khususnya untuk jangkauan layanan dan kekuatan sinyal. Perusahaan ini berharap pembangunan jaringan data di tahun ini akan mampu meningkatkan lagi kepuasan pelanggan. Apalagi akses pelanggan pada berbagai layanan data dengan format video, yang membutuhkan kapasitas besar, naik secara signifikan.

 

This post is also available in: enEnglish (English)

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More