Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Amazfit ZenBuds, Earphone TWS Khusus untuk Menemani Tidur

1 940

Selama masa pandemi berlangsung, mungkin beberapa dari Gizmo friends ada yang mengalami susah tidur. Biasanya karena belum terbiasa dengan rutinitas dari yang awalnya harus ke kantor, jadi harus di rumah seharian. Atau sebaliknya, sudah kembali ke kantor menyambut Normal Baru, tetapi raga masih belum siap dengan kebiasaan lama. Huami, salah satu perusahaan IoT yang juga didanai oleh Xiaomi, mencoba menyelesaikan masalah tersebut.

Mereka merilis sebuah earphone TWS yang didesain khusus untuk digunakan sembari tidur. Ya, sesuai dengan namanya, Amazfit ZenBuds punya fungsi yang unik dan berbeda dari earphone nirkabel lainnya. Perangkat ini dapat membuat penggunanya merasa rileks, terutama ketika sedang ingin memutus koneksi dan fokus untuk beristirahat. Tentunya, dengan efek suara dan fitur untuk tingkatkan kualitas tidur.

Membantu penggunanya tidur lebih baik, menambah fokus berkegiatan sehari-hari dan menemukan ketenangan adalah tujuan utama dibuatnya Amazfit ZenBuds. Perangkat ini sebelumnya telah diperkenalkan pada pergelaran tahunan, CES di Las Vegas, dan menangkan penghargaan Red Dot Design Award 2020.

Baca juga: Amazfit Stratos 3 Punya Fitur untuk Deteksi 80 Jenis Olahraga

Spesifikasi Amazfit ZenBuds

Amazfit ZenBuds

Desainnya dibuat kecil dan nyaman di telinga, karena memang dibuat untuk tetap digunakan selama tidur. Jadi berbeda seperti desain earbud TWS lainnya yang mungkin sedikit menyembul. Ketika sedang terpasang, Amazfit ZenBuds akan memutar efek suara yang membuat rileks, seperti suara hutan atau rintik hujan. Pengguna dapat mengatur timer sampai waktu tertentu atau diputar terus selama tidur.

Perangkat ini dapat digunakan hingga delapan kali tidur dalam sekali charge. Lebih detilnya, sekali digunakan, earbud dapat memutar efek suara sampai 12 jam. Sementara case-nya menambah masa pakai sampai 56 jam. Asumsi satu kali tidur dengan durasi delapan jam, ya.

Ketika digunakan, Amazfit ZenBuds akan otomatis memonitor kualitas tidur, termasuk posisi tidur sampai detak jantung. Dengan fitur Smart Playback, earbud akan tahu jika pengguna sudah terlelap, dan efek suara akan berhenti secara otomatis untuk menghemat daya. Ketika sudah waktunya terbangun, earbud akan mengeluarkan suara alarm secara perlahan hingga volume maksimum. Suaranya tak akan terdengar hingga membangunkan orang lain di sebelah pengguna.

Kamu juga dapat menggunakannya sepanjang hari. Namun perlu diingat, perangkat ini tidak bisa digunakan untuk mendengarkan musik, ya. Fungsinya hanya berikan efek suara agar lebih fokus dan tenang, atau sebagai pencegah suara kebisingan dari luar. Amazfit ZenBuds akan tetap berikan notifikasi jika ada panggilan masuk dari smartphone yang tersambung.

Amazfit ZenBuds Dijual di IndieGogo

Amazfit ZenBuds

Diluncurkan lewat situs kampanye Indiegogo, Amazfit ZenBuds dijual dengan harga khusus USD69 (Rp1 jutaan) untuk 10 pembeli pertama, dan akan naik menjadi USD149 (Rp2,1 jutaan) ketika sudah tersedia secara umum. Setiap pembelian sudah termasuk empat pilihan ukuran eartip. Masing-masing earbud-nya sendiri hanya miliki berat 1,78 gram saja.

Hanya dalam waktu 44 jam saja setelah diluncurkan di Indiegogo, pemesanan perangkat ini sudah mencapai nilai lebih dari USD300,000, telah dibeli lebih dari 4.000 orang. Nilai tersebut jauh melewati target awal yaitu USD20,000 saja. Pengiriman akan dimulai pada bulan September mendatang.