Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Nest Audio, Smart Speaker Terbaru Google dengan Fitur Ambient IQ

0 576

Selain televisi yang kini semakin pintar, jenis perangkat rumah pintar yang kini semakin populer adalah smart speaker. Sesuai namanya, selain untuk memutar lagu, sebuah smart speaker dapat memudahkan kita untuk menyelesaikan tugas maupun mendapatkan informasi tertentu, hanya dengan mengucapkan perintah suara saja.

Di awal tahun 2020, Google telah membawa solusi tersebut ke Indonesia lewat sebuah perangkat kecil bernama Google Nest Mini. Kini jelang penutup tahun 2020, Google rilis Nest Audio, smart speaker terbaru mereka yang bisa dianggap sebagai penerus dari Google Home. Tampilannya dibuat lebih sederhana, dengan lima pilihan warna menarik yang lebih mudah untuk disesuaikan dengan interior rumah.

Sebelum merilis perangkat ini, Google telah melakukan riset bersama Kelton Research. Dan dari temuan selama lima bulan terakhir, penduduk Amerika Serikat telah meningkatkan waktu yang mereka miliki untuk mendengarkan musik sebanyak 61%. Hal tersebut menjadi salah satu latar belakang dirilisnya speaker pintar terbaru dari Google yang satu ini.

Baca juga: Chromecast 2020 Resmi Jalankan Antarmuka Google TV

Google Nest Audio Didesain Untuk Seluruh Jenis Musik

Tentu tak hanya tampilan saja yang baru, namun juga kemampuan yang dibawa oleh Nest Audio. Jika dibandingkan dengan Google Home, smart speaker terbaru dari Google ini punya volume 75% lebih keras, serta tingkatan bass 50% lebih kuat. Di dalamnya terdapat sebuah tweeter berdimensi 19mm serta mid-woofer 75mm.

Material kain di bagian luarnya juga sudah disesuaikan agar keluaran audio dari dalam tidak memiliki distorsi. Tak sampai di situ saja, Google telah meluangkan lebih dari 500 jam untuk memastikan low, mid dan high dari Nest Audio sempurna, sehingga cocok digunakan untuk memutar berbagai genre lagu, mulai lagu klasik, R&B, pop dan lainnya.

Meski terlihat sederhana dari luar, permukaan bagian setengah-atas dari Google Nest Audio dibuat touch-sensitive. Sentuh bagian kiri dan kanan untuk atur volume, atau bagian tengah untuk play/pause maupun memanggil Assistant. Terdapat tombol mute di bodi belakangnya, serta rubber foot di bawah agar tidak terselip saat diletakkan di atas meja.

Nest Audio

Nest Audio dilengkapi fitur Media EQ, secara otomatis meningkatkan kualitas suara sesuai dengan jenis audio yang sedang diputar, baik itu musik, podcast, audiobook atau respon perintah dari asisten Google. Sementara Ambient IQ otomatis sesuaikan volume, tergantung dari noise yang ada di rumah. Agar tetap terdengar meski ada suara keran air di dapur, misalnya.

Perangkat ini bisa dibuat terhubung satu sama lain, untuk berikan efek stereo maupun suara yang lebih kencang lagi. Tak hanya ke sesama Nest Audio, namun juga ke perangkat lainnya seperti Google Home dan Nest Mini. Pengguna dapat perintahkan untuk pindahkan suara dari satu ruang ke ruang lainnya hanya dengan Google Assistant.

Dan dengan tambahan cip machine learning khusus, Google seolah meletakkan data center mereka ke dalam perangkat. Dengan begitu, respon Google Assistant pada perangkat ini dua kali lebih cepat. Dan sama seperti Nest Mini, Nest Audio dibuat ramah lingkungan, 70% bagiannya terbuat dari plastik daur ulang.

Harga Google Nest Audio

Warna Google Nest Audio

Google Nest Audio tersedia secara daring di Google Store, serta toko ritel lainnya di Amerika, Kanada dan India mulai 5 Oktober mendatang. Sementara untuk 21 negara lainnya, bakal menyusul di 15 Oktober 2020. Harga resminya adalah USD99, atau Rp1,4 jutaan.

Belum diketahui apakah Indonesia termasuk bagian dari 21 negara yang bakal dituju oleh Google. Kemungkinan tentu ada, karena Nest Mini yang sudah hadir di sini. Ditambah, perangkat smart speaker tak memerlukan sertifikasi khusus layaknya smartphone, sehingga harusnya lebih mudah untuk dihadirkan resmi.