Razer Opus X, Headphone Gaming Nirkabel dengan ANC Harga Sejutaan

Selain perangkat utama, kelengkapan aksesori lain juga mulai menjadi penting bagi para gamer. Banyak dari mereka yang lebih memilih untuk gunakan satu merek di semua perangkatnya, salah satunya agar bisa tersambung secara seamless. Perkuat tren tersebut, Razer baru saja luncurkan Razer Opus X, sebuah headphone nirkabel terbarunya.

Ini merupakan rilisan headphone baru dari Razer, di mana sebelumnya mereka telah luncurkan seri Opus yang dikhususkan lebih ke audiophile atau penikmat musik. Sementara yang baru ini justru hadir lebih murah, untuk jenis pengguna yang berbeda. Dikhususkan bagi mereka yang mobile, sehingga punya set fitur berbeda, termasuk ANC.

Razer Opus X menjadi satu dari sekian banyak perangkat audio nirkabel yang hadir untuk gamer. Sebelumnya, preferensi akan jenis perangkat ini selalu condong ke yang masih gunakan kabel, untuk minimalisir interferensi atau lag. Mengingat ketika bermain, responsivitas komunikasi antar pemain menjadi krusial. Delay sedikit saja, bisa menentukan jalannya sebuah permainan secara keseluruhan.

Baca juga: Review Razer Orochi V2: Mouse Gaming Ringan & Fleksibel

ANC & Quick Attention Jadi Unggulan Razer Opus X

Razer Opus X

Jauh dari tampilan kaku dan garang, Razer Opus X justru tampil dengan desain yang relatif stylish dan kompak. Tiga pilihan warnanya justru dibuat cerah, dengan bagian earpad fleksibel. Bagian headband dapa diatur menyesuaikan ukuran kepala, sementara bantalan telinga terbuat dari kulit, gunakan desain over-ear agar nyaman dalam penggunaan jangka lama.

Tak hanya itu, desain over-ear yang berarti menutup lingkar luar telinga juga bisa membuat penggunanya lebih kedap suara luar. Hal ini penting, karena Razer Opus X kantongi fitur yang cukup spesial, jarang di rentang harga serupa, yaitu active noise cancellation. Ditujukan agar pengguna bisa menggunakannya tanpa distraksi suara luar.

Razer Opus X

Memanfaatkan dua mikrofon, perangkat ini dapat deteksi noise dari luar agar tidak masuk dan terdengar ke telingga pengguna. Lantas bagaimana bila seketika perlu mendengar suara luar? Tak perlu khawatir, karena fitur Quick Attention bisa ‘izinkan’ suara seperti pengumuman kedatangan kereta dan lainnya terdengar ke dalam.

Fitur ANC dan Quick Attention bisa diaktifkan secara mudah melalui tombol power. Sementara tombol lain pada bagian luar earcup berfungsi untuk aktifkan mode gaming khusus. Ya, mengutamakan pemain gim, Razer Opus X hadir dengan Bluetooth 5.0 yang bisa berikan latensi rendah hingga 60ms saja. Agar komunikasi antar tim dalam gim FPS bisa tetap lancar.

Razer Opus X Bisa Digunakan Sampai 40 Jam

Razer Opus X

Untuk kualitas audio, disiapkan masing-masing driver dengan diameter 40mm pada tiap earcup. Dirancang secara kustom, Razer berani klaim kualitas tinggi dengan frekuensi tinggi dan mid yang jernih, sembari berikan dentuman bass bertenaga. Dengan dua tambahan mikrofon khusus, cocok untuk panggilan konferensi seperti Zoom, agar suara terdengar jelas.

Perangkat ini memiliki bobot relatif ringan di 270 gram. Baterainya juga tahan lama—30 jam dengan ANC, dan 40 jam tanpa ANC. Dapat diisi dengan mudah lewat port USB-C, alias bisa menggunakan charger smartphone.

Konsumen yang tak sabar ingin membelinya, sudah bisa mendapatkannya secara daring di situs resmi Razer dan toko ritel luringnya. Harganya? Hanya USD99 atau Rp1,4 jutaan. Cukup terjangkau, mengingat seri lain hadir dengan harga yang relatif mahal. Khusus warna hijau, bakal dijual secara terbatas di situs dan toko tertentu saja.

Tinggalkan komen