alexa

Bocoran Terbaru Samsung Galaxy Z Fold3 & Z Flip3, Punya S Pen dan Tahan Air

Jakarta, Gizmologi – Bagi Gizmo friends yang sedang menanti smartphone layar lipat terbaru dari Samsung, peluncurannya bakal diadakan secara daring pada tanggal 11 Agustus mendatang. Lewat sebuah teaser gambar acara Galaxy Unpacked, ditampilkan dua siluet warna yang mewakili desain Galaxy Z Flip3 & Z Fold3.

Ya, tak hanya satu selayaknya vendor lain, Samsung memang telah hadirkan dua smartphone lipat dengan desain berbeda. Kalau seri Z Fold punya kombinasi layar luar dan dalam ekspansif sebesar tablet, Z Flip3 lebih mereplikasikan ponsel lipat atau clamshell. Bakal sangat kompak ketika dilipat, cocok untuk penggunaan satu tangan.

 

Menjelang tanggal peluncuran resminya, tentu sudah mulai bermunculan bocoran informasi seputar Galaxy Z Fold3 dan Z Flip3. Mulai dari tampilan desain, spesifikasi hingga yang lebih spesifik seperti teknologi kamera yang diusungnya. Ada yang menarik dan dibawa pertama kali oleh Samsung, mengikuti ZTE Axon 30 5G yang rilis beberapa waktu lalu.

Layar Luar Galaxy Z Flip3 Dikonfirmasi Lebih Besar

Samsung Galaxy Z Flip3

Salah satu informasi terbaru dibocorkan oleh Evan Blass lewat akun Twitter pribadinya. Pembocor informasi kenamaan ini mengunggah sebuah gambar berupa tampak belakang masing-masing Galaxy Z Fold3 dan Z Flip3. Lengkap dengan detail terkait dimensi layar dan sensor kamera yang dimiliki masing-masing. Apa yang menarik?

Untuk Galaxy Z Flip3, kurang lebih masih banyak yang sama. Pada bagian luar, disiapkan dua sensor 12MP, sementara di dalam terdapat sensor 10MP yang hadir dalam bentuk punch-hole. Layar internal 6,7 inci, namun layar luar kini jauh lebih besar, kini mencapai 1,9 inci.

Samsung Galaxy Z Fold3

Dimensi layar Galaxy Z Fold3 juga masih sama; 7,6 inci di dalam dan 6,2 di bagian depan. Pada bodi bagian luar ada empat sensor kamera, terdiri dari tiga sensor 12MP dan 10MP di layar luar. Yang menarik adalah spesifikasi kamera di dalamnya.

Resolusinya tergolong kecil, hanya 4MP. Meski Evan belum konfirmasi, rumor yang santer beredar mengatakan bila perangkat ini bakal jadi yang pertama dari Samsung dengan kamera under-display. Keduanya juga bakal kantongi sertifikasi tahan air IPX8.

Stylus S Pen Galaxy Z Fold3 Dihadirkan Terpisah

Samsung Galaxy Z Fold3

Fokus pada Galaxy Z Fold3, Evan juga menginformasikan bila perangkat ini mendukung stylus S Pen. Keputusan ini mungkin diambil seiring dengan rumor dihilangkannya Galaxy Note series, sehingga flagship lain seperti Galaxy S21 Ultra juga diberi kemampuan produktivitas lebih tinggi.

S Pen pada Galaxy Z Fold3 bakal hadir secara opsional dalam dua varian; Pro dan Fold Edition. Belum ada informasi terkait perbedaan keduanya, namun case-nya sendiri tambahan telah dibocorkan oleh 91mobiles.

Ya, sama seperti di Galaxy S21 Ultra, smartphone lipat Samsung terbaru tak memiliki slot khusus untuk menyimpan stylus. Untuk itu, disiapkan tempat khusus di bagian luar, berada di sekitar bagian lipatan Galaxy Z Fold3. Berikan proteksi bodi luar secara menyeluruh.

Uniknya, situs Postel Indonesia sudah menyimpan sertifikat untuk S Pen Pro, tercetak sejak tanggal 23 Juli lalu. Nama modelnya berbeda dengan milik Galaxy S21 Ultra, dan penamaan “Pro” mengindikasikan bila dimensinya bakal lebih besar. Karena tak harus disimpan di dalam bodi smartphone.

Dirancang Lebih Baik Untuk Aplikasi Produktivitas

Galaxy Z Flip3
(Sumber: LetsGoDigital)

Setelah konfirmasi tanggal peluncuran, President of Mobile Business, Samsung, TM Roh berikan bocoran terkait apa saja fitur unggulan yang dibawa smartphone lipat terbarunya nanti. Sembari mengonfirmasi bila acara ini khusus seri Flip dan Fold, tanpa seri Galaxy Note.

Perangkat generasi ketiga tersebut bakal dirancang lebih kuat, serta punya layar lebih besar—mengonfirmasi dimensi layar luar dari Galaxy Z Flip3. Ekosistem aksesori dan aplikasinya juga bakal ditambah, untuk pengalaman yang lebih seamless dan optimal.

Bekerja sama dengan dua perusahaan besar seperti Google dan Microsoft, duo smartphone terbaik Samsung ini bakal bisa digunakan untuk berikan pengalaman panggilan video lebih baik lewat Google Duo. Juga proses multitasking yang lebih optimal sembari sedang rapat lewat Microsoft Teams. Kita nantikan saja peluncurannya beberapa pekan mendatang ya.

Tinggalkan komen