alexa

Google Pixel Fold Siap Diluncurkan, Kolaborasi dengan Samsung?

California, Gizmologi – Tren ponsel lipat tampaknya juga diikuti Google. Kabarnya vendor raksasa ini siap meluncurkan Google Pixel Fold lewat kerja sama dengan Samsung di beberapa komponen.

Kabar ini santer tak lama setelah Google mengumumkan Pixel 6 dan Pixel 6 Pro sebagai perangkat mobile terbaru yang akan diluncurkan tahun ini. Sebuah rumor yang dikutip dari BRG, Sabtu (21/8/2021) menyebutkan bahwa Google akan mengumumkan Pixel Fold di peluncuran kedua perangkat tersebut.

Sementara itu, lewat Pixel 6 dan Pixel 6 Pro tampaknya Google kian menegaskan keseriusannya dalam membuat smartphone alternatif iPhone yang lebih hebat. Hal ini bisa dilihat dari hadirnya System-on-Chip (SoC) yang dibuat khusus untuk kedua perangkat tersebut yang bernama Tensor.

Baca juga: Google Beberkan Tampilan Pixel 6 Series, Pakai Cip “Tensor” Bikinan Sendiri

Google juga telah mengkonfirmasi bahwa kedua perangkat tersebut akan memiliki kamera dengan tiga lensa, layar OLED yang mendukung refresh rate 90Hz dan 120 Hz, serta sensor sidik jari di bawah layar. Bahkan, teknologi pengisian baterai yang lebih cepat juga akan dihadirkan dengan tenaga 33W.

Dengan spesifikasi yang telah dikonfirmasi tersebut, Google Pixel Fold dikabarkan akan mengusung spesifikasi yang sama. Namun, untuk perilisannya diprediksi akan mengalami penundaan.

Kolaborasi dengan Samsung

Google Pixel 6Yang membuat penasaran, Google juga dikabarkan telah bekerja sama dengan Samsung untuk beberapa komponen penting, di antaranya panel OLED yang bisa dilipat dan Ultra Thin Glass generasi kedua yang telah dihadirkan di Galaxy Fold 3 dan Flip 3.

Bahkan, Samsung juga menyediakan komponen tambahan untuk Pixel Fold, berupa sensor kamera dan modem 5G. Tentu ini bukan pertama kalinya Google bekerja sama dengan vendor Korea Selatan tersebut, karena ketika Nexus Phone masih berjaya, kedua berkolaborasi penuh lewat Nexus Galaxy.

Kabar penundaan peluncuran Pixel Fold digaungkan Blog91mobiles yang mengutip sumber dari orang dalam Google. Menurutnya, smartphone tersebut masih melihat sambutan dari peluncuran Pixel 6 series sebelum memutuskan untuk meluncurkan versi lipatnya.

Faktor lainnya, kekurangan komponen chip ditenggarai telah memengaruhi rantai pasokan Google. Itulah sebabnya kenapa Pixel 5a diluncurkan secara terbatas tahun ini.

Namun, demi mengebut peluncuran Pixel 6 series, Google akan memproduksinya di China agar tidak ada penundaan terkait pandemi. Jadi kemungkinkan jadwal peluncuran perangkat ini tetap diagendakan pada awal Oktober mendatang.

Tinggalkan komen