Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

HMD Rilis Tiga Smartphone Murah Nokia untuk Pasar Amerika Serikat

3 2.382

Setelah rilis smartphone premium dengan dukungan 5G beberapa bulan lalu, HMD Global selaku pemegang lisensi tunggal brand smartphone Nokia baru saja merilis tiga seri smartphone baru. Berbeda dari biasanya dimana Nokia hanya gunakan masing-masing satu huruf dan angka, kali ini ketiganya juga diikuti dengan sebuah kata. HMD perkenalkan Nokia C5 Endi, C2 Tava dan C2 Tennen untuk pasar Amerika Serikat.

Ketiganya dirilis eksklusif untuk operator Cricket Wireless, hadirkan pengalaman pure Android Nokia ke segmentasi harga yang lebih murah di AS. Sebelumnya, HMD telah rilis dua smartphone 4G yang juga eksklusif untuk Cricket Wireless. Kerja sama jangka panjang yang dijalin kedua pihak memungkinkan adanya pilihan baru bagi konsumen.

Baca juga: Nokia 5.3, Alternatif Ponsel Empat Kamera Murah dengan Snapdragon 665

Spesifikasi Nokia C5 Endi

Nokia C5 Endi

Miliki spesifikasi terbaik di antara ketiganya, Nokia C5 Endi usung desain yang serupa dengan Nokia 5.3, baik dari bentuk kamera belakang serta penggunaan waterdrop notch di sisi depan. Bezel bawah yang cukup tebal seakan memperlihatkan jika smartphone ini masuk dalam kategori kelas entri. Material bodinya terbuat dari plastik polikarbonat unibodi.

Layarnya cukup besar di 6,5 inci dengan resolusi HD+, serta miliki kamera depan 8MP. Sementara kamera belakangnya miliki tiga sensor, masing-masing 13MP, 5MP ultra-wide serta depth-sensor. Dengan bantuan AI, hasil foto dapat ditingkatkan sesuai objek yang difoto. Nokia C5 Endi juga bisa ambil beberapa foto dalam sekali tangkapan, dan berikan rekomendasi foto terbaik setelahnya.

Prosesor yang digunakan adalah MediaTek Helio P22 octa-core, dengan RAM 3GB serta penyimpanan internal 64GB. Miliki baterai berkapasitas 4.000 mAh, Nokia C5 Endi diklaim bisa menyala hingga dua hari. Tak seperti Nokia C2, Nokia C5 Endi sudah dilengkapi dengan sensor sidik jari.

Spesifikasi Nokia C2 Tava & C2 Tennen

Nokia C2 Tava dirilis bersamaan dengan C5 Endi
Nokia C2 Tava

Selain Nokia C5 Endi, HMD juga rilis dua smartphone yang lebih terjangkau, yaitu Nokia C2 Tava & C2 Tennen. Keduanya punya spesifikasi yang sama persis, hanya beda warna saja. C2 Tava dirilis dalam warna Tempered Blue, sementara C2 Tennen berwarna Steel.

Keduanya miliki layar kompak 5,45 inci HD+, diklaim dapat menyala dua hari lewat baterai berkapasitas 3.000 mAh. Masih gunakan prosesor dari MediaTek, hanya saja dengan performa yang lebih sederhana, sama seperti Nokia 2.2 yaitu Helio A22. Prosesor tersebut dipasangkan dengan RAM 2GB dan penyimpanan 32GB.

Bodi kedua seri Nokia C2 ini terbuat dari gabungan metal, polimer serta plastik polikarbonat di bodi belakang yang dapat dilepas. Kamera belakangnya beresolusi 8MP, dengan tambahan depth sensor untuk berikan efek bokeh beragam bentuk.

HMD mengunggulkan sistem operasinya yang sudah Android 10 pada Nokia C5 Endi, C2 Tava & C2 Tennen. Otomatis fitur-fitur seperti dark mode, focus mode, metode navigasi layar penuh yang intuitif serta keamanan yang lebih baik sudah ada sejak pertama kali smartphone dinyalakan. Ketiganya juga dilengkapi AI Face Unlock serta tombol pintasan khusus ke asisten Google. Hadirnya AI Face Unlock akan sangat membantu, mengingat C2 series tak seperti C5 Endi yang dilengkapi fingerprint sensor.

Harga Nokia C5 & C2 Series

Nokia C2 Tennen
Nokia C2 Tennen

Nokia C5 Endi dibanderol seharga USD169 (Rp2,4 jutaan), dan mulai tersedia 5 Juni mendatang pada toko ritel dan situs resmi Cricket Wireless. Nokia C2 Tava lebih dulu mulai hari ini, dijual seharga USD109 (Rp1,5 jutaan). Sementara C2 Tennen paling murah di USD69 (Rp1 juta), menyusul 15 Juni di beberapa toko ritel Amerika Serikat.

Dari ketiga smartphone tersebut, perlukah Nokia C5 & C2 series hadir secara resmi di Indonesia? Meningat HMD Global sudah lama tak rilis pembaruan smartphone kelas entri, selain Nokia 2.2 atau Nokia 1. Dengan RAM 3GB, C2 Tennen tentu bisa menarik konsumen yang mencari smartphone harga Rp1 juta pas.