Apple iPhone 13 Dikabarkan Jadi yang Pertama Membawa Fitur Always-on Display

Jakarta, Gizmologi – Setiap tahunnya, perdebatan akan mana yang lebih baik antara smartphone Android dengan iPhone rilisan Apple selalu terjadi. Keduanya seperti saling mengejar spesifikasi serta berikan fitur yang terbaik. Ketika Android seolah lebih mengutamakan angka, iPhone seperti lebih fokus kepada user experience. Meski lewati beberapa fitur seperti always-on display.

Sebut saja iPhone 12 Pro, perangkat terbaik Apple yang rilis mendekati akhir tahun 2020 lalu. Secara performa hingga kamera, iPhone terbaru ini memang punya kelasnya tersendiri, digadang jadi smartphone favorit untuk perekaman videonya yang superior. Meski begitu, bagian yang paling dirasa kurang adalah layarnya.

Ketika flagship Android hadir dengan resolusi Quad HD dan refresh rate tinggi, iPhone 12 Series belum mencapai level yang setara, dan masih nyaman dengan 60Hz mulai seri Mini sampai Pro Max. Dan walau sudah gunakan panel AMOLED, terdapat satu fitur yang sampai saat ini belum tersedia: always-on display (AOD).

Baca juga: 10 Fitur iOS 15 Ini Bakal Absen di Beberapa Seri iPhone Lawas

Always-on Display Bakal Hadir di iPhone Terbaru

Desain iPhone 12 Pro

Walaupun sudah menggunakan panel layar AMOLED sejak iPhone X dirilis 2017 lalu, tidak ada satu pun smartphone Apple yang mendukung always-on display, bahkan sekadar menampilkan jam dalam durasi waktu sekian menit sembari layar standby. Bila terasa tertinggal, maka kamu perlu menunggu waktu hingga akhir tahun.

Seorang jurnalis dari Bloomberg, Mark Gurman melalui bulletin (newsletter) terbitannya berikan laporan terkait penjualan iPhone 12 di tahun 2020, serta beberapa fitur yang diperkirakan bakal hadir di iPhone 13. Ada beberapa poin yang ia sampaikan.

Selain performa yang meningkat lewat cip A15 dan kemampuan rekam video lebih baik, tiga poin berikutnya fokus pada bagian layar. Selain dimensi poni atau notch lebih kecil dan refresh rate tinggi, iPhone 13 kemungkinan mendukung always-on display selayaknya Apple Watch Series 6.

Rumor terkait refresh rate 120Hz sendiri telah muncul sejak sebelum iPhone 12 diresmikan. Gurman juga menyebutkan bila Apple nantinya gunakan panel layar baru yang bisa berikan konsumsi daya lebih rendah.

Panel LTPO Jauh Lebih Hemat Daya Untuk Fitur AOD

Apple Watch Series 6 always-on display

Lantas mengapa Apple baru memutuskan untuk implementasikan fitur always-on display pada iPhone 13? Dikutip dari Android Authority, teknologi layar yang digadang-gadang Gurman mampu menghemat konsumsi daya adalah jenis baru LTPO, singkatan dari low-temperature polycrystalline oxide.

Panel jenis ini sejatinya telah digunakan di flagship Samsung Galaxy S21 series, dan termasuk smartwatch Apple pertama yang mendukung AOD yaitu Apple Watch Series 5. Berbeda dari panel AMOLED biasa, jenis LTPO bisa lebih hemat daya dengan refresh rate yang jauh lebih rendah.

Umumnya, smartphone saat ini menjalankan refresh rate 60Hz, di mana layar melakukan pergerakan sebanyak 60 kali setiap detiknya. LTPO memungkinkan refresh rate turun serendahnya hingga 1Hz. Dengan begitu, saat always-on display diaktifkan, konsumsi dayanya bisa ditekan.

Sebelum bisa menggunakan panel LTPO, Apple harus mengambil risiko besar bila fitur AOD disertakan pada iPhone 12 Series. Kapasitas baterai smartphone Apple memang tak pernah sebesar Android, meski diklaim tahan hingga seharian penggunaan.

Namun salah satu keluaran terbarunya yang sekaligus menjadi produk paling tidak laku, iPhone 12 Mini, punya reputasi daya tahan baterai terburuk dari tiga seri lainnya, dengan kapasitas hanya 2,227 mAh.

Meski always-on display hadir secara opsional pun, pengguna yang mengaktifkannya bakal merasa baterai smartphone mereka sangat boros. Maka sangat mungkin bila Apple menantikan teknologi layar mumpuni lebih dulu agar tak mengganggu user experience sehari-hari. Kita nantikan saja kebenaran informasi ini ya.

Tinggalkan komen