Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Kamera OPPO Reno3 Diuji dalam Gelap Gulita, Begini Hasilnya

Setelah memperkenalkan lini flagship Find X2 series, OPPO juga akan memperbarui lini ponsel menengah ke atas lewat seri Reno3. Ya, sudah saatnya bagi OPPO untuk memperbarui Reno2 series yang telah hadir resmi di Indonesia pada bulan Oktober lalu.

OPPO Reno3 series memang sudah diperkenalkan di negara asalnya, China serta beberapa waktu lalu di India, dengan seri Pro yang mengusung dua kamera depan beresolusi tinggi, pertama kalinya dalam sebuah smartphone. Tetapi pada acara OPPO Reno3 Experience Tour yang diadakan oleh OPPO Indonesia kali ini, versinya nampak berbeda.

Baca juga: Resmi Diluncurkan, Ini Spesifikasi dan Harga OPPO Find X2 di Indonesia

Kamera OPPO Reno3

OPPO Reno3

Experience Tour ini merupakan awal dari serangkaian acara yang akan diselenggarakan OPPO Indonesia untuk awak media serta tech influencer. Aryo Meidianto, PR Manager OPPO Indonesia mengatakan, OPPO Reno3 yang bakal hadir di Indonesia punya spesifikasi yang berbeda dari versi untuk negara lain, dan belum diinformasikan spesifikasi lengkapnya,  Untuk acara yang pertama, fokus dititik beratkan pada kemampuan kamera depan maupun belakang OPPO Reno3.

Kemampuan menghasilkan swafoto terbaik sudah menjadi ciri khas dari ponsel OPPO.  Lewat Reno3, OPPO ingin terus meningkatkan kualitas hasil foto dengan membenamkan sensor beresolusi tinggi, yaitu 44MP. Ketika digunakan untuk mengambil foto, terdapat banyak proses yang terjadi dalam satu waktu. Kamera depan OPPO Reno3 akan mengambil banyak foto sekaligus dengan tingkat pencahayaan berbeda, lalu disatukan dan dibantu algoritma HDR serta kecerdasan buatan (AI). Keduanya ditambah dengan pengurangan noise diklaim mampu hasilkan foto yang lebih jernih.

Nah, salah satu fitur kunci yang dimiliki kamera OPPO Reno3 adalah Ultra Night Selfie, sebuah fitur yang pada umumnya tersedia di kamera belakang, yaitu mode malam. Untuk swafoto dalam kondisi gelap, pengguna bisa mengaktifkan mode Ultra Night Selfie agar hasil foto tidak gelap dan kusam. Wajah objek foto akan dijaga sehingga tetap terlihat natural dengan bantuan AI.

Beralih ke kamera belakang, terdapat sensor utama 48MP ditemani tiga sensor lainnya. Sensor utama tersebut dapat menghasilkan foto beresolusi 108MP Ultra Clear Image, melalui proses image-stitching. Proses kalibrasi warna juga dilakukan secara otomatis pada mode ini. Sensor ultra wide-angle berfungsi ganda untuk mengambil foto obyek jarak dekat hingga 3cm, sementara untuk telefoto, OPPO Reno3 punya kemampuan 5x hybrid zoom dan 20x maksimal pembesaran digital.

Uji Coba Hasil Kamera OPPO Reno3

Lewat beberapa experience booth yang disediakan, kami melakukan uji coba langsung fitur keunggulan kamera yang ditawarkan oleh OPPO Reno3. Ultra Dark Mode sangat memudahkan untuk mengambil foto dalam kondisi ruangan yang sangat gelap, disimulasikan dengan lilin kecil sebagai pencahayaan di bawah 5lux. Proses pengambilan gambar relatif singkat untuk taraf mode malam. Hanya saja, untuk Ultra Night Selfie masih perlu beberapa waktu agar hasil foto optimal. OPPO mengingatkan jika software yang digunakan saat itu masih belum final, sehingga hal tersebut wajar terjadi.

(Kiri – kanan): Hasil foto Ultra Dark Mode kamera utama & Ultra Night Selfie menggunakan kamera depan.

Lalu disediakan juga sebuah maket untuk menguji berbagai sensor yang ada pada kamera belakangnya. Dengan sudut pengambilan yang sama, kami uji menggunakan mode 0,5x (ultra wide-angle), 1x (normal), 5x hybrid zoom dan 20x digital zoom. Perpindahannya terasa cukup halus, dan warna relatif konsisten antar sensor. Meski menggunakan 5x hybrid zoom dengan f/2.4, hasil foto masih terlihat tajam.

Lalu kami coba hasil foto jarak dekat atau Super Macro 3cm, sekaligus uji mode XHD 108MP di OPPO Reno3. Mode makro memanfaatkan lensa ultra-wide angle, dan ketika kami coba untuk mengambil fokus objek, terasa agak susah. Lagi-lagi, besar kemungkinan karena software-nya yang belum final. Namun mode 108MP-nya mampu memberikan detil yang lebih, terutama ketika dilakukan proses cropping atau zoom saat foto telah diambil.

Nah, menurut Gizmo lovers, bagaimana hasil foto dari kamera OPPO Reno3 ini? Secara keseluruhan, pengalaman kami menggunakan kameranya cukup menyenangkan, terlebih semua tersedia dalam device yang dimensinya tergolong kompak serta tipis. Kita nantikan saja spesifikasi lengkap serta harga resminya ya.


Beli smartphone OPPO di:

Blibli.com Shopee.co.id Bukalapak.com Eraspace (Erafone) Lazada.co.id

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.