alexa
Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

OnePlus Nord CE 5G Diresmikan dengan Snapdragon 750G, Harga Rp4 Jutaan

Pabrikan smartphone yang masih berada dalam satu induk BBK Corporation, OnePlus baru saja meresmikan seri terbarunya khusus konsumen yang inginkan perangkat 5G terjangkau. Bukan yang paling murah, namun versi sederhana dari seri Nord pertamanya. Smartphone tersebut diberi nama OnePlus Nord CE 5G.

Bingung dengan namanya? “CE” dalam OnePlus Nord CE 5G memiliki arti Core Edition, yang dimaksud mampu berikan pengalaman menggunakan seri Nord yang rilis tahun lalu namun dalam paket perangkat harga lebih murah. Terdapat beberapa fitur yang dihapuskan, namun ada juga beberapa di antaranya yang justru hadir, padahal punya dimensi lebih tipis.

Tak sekadar tipis, OnePlus sendiri menyebutkan bila smartphone Android terbaru mereka jadi yang paling tipis sejak kehadiran OnePlus 6T. Gunakan material plastik pada bagian bingkai dan bodi belakang, ketebalannya hanya 7,9mm dengan bobot kisaran 170 gram saja. Dibuat serupa hingga desain modul kamera belakangnya, yang punya setup kamera lebih sederhana.

Baca juga: OnePlus Watch Ramaikan Pasar Smartwatch Harga Rp3 Jutaan

Spesifikasi OnePlus Nord CE 5G

OnePlus Nord CE 5G

Meski lebih terjangkau, OnePLus Nord CE 5G tetap hadir dalam warna yang cukup menarik—Blue Void punya permukaan doff bebas sidik jari, sementara Charcoal Ink pakai desain glossy. Dan yang terakhir, Silver Ray punya kombinasi banyak warna yang banyak ditampilkan sesuai dengan tingkat penangkapan cahaya.

Dari tampilannya, meski mirip, terlihat bila smartphone OnePlus satu ini hadir lebih murah. Layar depan 6,43 inci-nya hanya ditemani dengan sebuah kamera punch-hole, alias tak lagi dua. Plus dalam spesifikasinya, tak disebutkan dukungan konten HDR10. Setidaknya, masih gunakan panel Fluid AMOLED full HD+ lengkap dengan refresh rate 90Hz.

Tak dilengkapi sensor sekunder di depan, kamera yang disiapkan punya resolusi yang turun dari 32MP menjadi 16MP f/2.5, dengan perekaman video maksimum full HD. Sementara di belakang, sensor utamanya meningkat secara resolusi, mencapai 64MP f/1.8. Tetapi fitur stabilisasi OIS dihilangkan.

Begitu pula dengan sensor makro yang juga absen pada OnePlus Nord CE 5G. Yang tetap hadir dan sama adalah sensor ultra-wide 8MP f/2.3 dan 2MP f/2.4 untuk mono sensor. Tetap bisa rekam video 4K, plus membawa fitur-fitur seperti AI Scene Detection dan UltraShot HDR. Dapur pacunya sendiri juga sedikit turun, meski chipset lebih baru.

Desain Lebih Tipis, Baterai Lebih Besar

OnePlus Nord CE 5G

OnePlus Nord CE 5G gunakan cip Qualcomm Snapdragon 750G octa-core 8nm, dipasangkan dengan opsi memori yang mirip dengan seri Nord pertama. Mulai dari 6/128GB hingga 12/256GB, selayaknya flagship Android 2021. Namun ada satu fitur kunci yang utamanya hadir menjadi ciri khas smartphone OnePlus pada umumnya.

Yaitu adalah tombol switch untuk ubah profil dari dering ke senyap, digantikan dengan kembalinya jack audio 3,5mm. Sementara kapasitas baterainya justru lebih besar walaupun bodi lebih tipis. Mencapai 4,500 mAh, bisa terisi hingga 70% dalam waktu 30 menit, berkat dukungan Warp Charge 30T.

Pad sektor software, OnePlus Nord CE 5G tentunya jalankan OxygenOS berbasis Android 11. Janjikan tiga tahun pembaruan keamanan dan dua tahun perangkat lunak, dipastikan bila smartphone Android 5G menengah ini bakal mendapatkan Android 13 di masa mendatang.

Ketersediaan & Harga OnePlus Nord CE 5G

OnePlus Nord CE 5G

Selain Eropa, India juga menjadi negara di mana penjualan perangkat OnePlus cukup laris nan kencang. Maka tidak heran bila konsumen di dua wilayah tersebut sudah bisa melakukan pre-order perangkat 5G terjangkau yang satu ini.

Varian termurah dengan memori 6/128GB tersedia dengan banderol harga INR22,999, atau kisaran Rp4,4 jutaan. Sementara untuk opsi memori 12/256GB, lebih mahal di INR27,999, alias Rp5,5 jutaan. Selisih Rp1 juta untuk RAM dan penyimpanan internal yang dua kali lebih luas.

Tinggalkan komen