OPPO A16s Diam-diam Rilis, Lengkap dengan Sensor NFC

Jakarta, Gizmologi – Baru saja beberapa hari lalu, kami telah mengulas opsi smartphone terjangkau paling baru dari OPPO Indonesia. Selang waktu beberapa pekan dari perilisannya, kini sudah ada varian baru lagi untuk konsumen. Namun tak di Indonesia, OPPO A16s diluncurkan di Netherland alias Belanda.

Ya, kehadiran smartphone OPPO baru yang satu ini bisa dibilang cukup diam-diam. OPPO memang rajin untuk rilis varian smartphone berbeda-beda, meski basisnya sama. Terkadang hanya punya perbedaan nama saja, kapasitas memori, atau 1 – 2 fitur yang disesuaikan dengan penggunaan konsumen di tiap regional. Tak terkecuali yang satu ini, membawa fitur khusus yang sangat menarik.

Baca juga: Review OPPO A16: Desain Tetap Stylish, Baterai Makin Awet

Kurang lebihnya, OPPO A16s adalah OPPO A16, baik dari tampilan luar hingga spesifikasi keseluruhan yang diusungnya. Smartphone ini tampil dengan lekukan bodi 3D di penutup belakangnya, gunakan lapisan matte yang lebih tahan sidik jari. Hadir dalam dua opsi warna saja, yaitu Pearl Blue dan Cystal Black.

Meski membawa sebuah sensor tambahan, bobotnya masih sama di 190 gram, dengan ketebalan 8,4mm. Tergolong tipis dan ringan untuk sebuah perangkat yang mengusung kapasitas baterai besar.

Selain NFC, Spesifikasi OPPO A16s Kurang Lebih Sama

OPPO A16

Tampilan depan dari OPPO A16s juga sama persis. Bentang layarnya memiliki luas 6,52 inci, gunakan panel IPS dengan resolusi HD+. Tanpa refresh rate tinggi maupun perlindungan tambahan, layar tersebut memiliki tingkat kecerahan mencapai 480 nits, dengan cakupan warna 71% NTSC.

Selain layar, setup kameranya juga sama persis. Di depan, terdapat kamera 8MP f/2.0 yang disematkan di dalam waterdrop notch. Sementara modul kamera belakangnya membawa setup tiga kamera dengan AI. Sensor utama 13MP f/2.2 ditemani dengan dua sensor 2MP untuk depth & makro.

Lantas apa yang baru dari OPPO A16s? Lengkapi sektor konektivitas, OPPO A series terbaru ini sudah dilengkapi dengan sensor NFC, sebuah fitur yang saat ini baru hadir di Reno series di Indonesia, untuk opsi termurahnya. NFC bisa memudahkan kita untuk melakukan pengecekan serta top-up kartu uang elektronik.

Sementara di luar negeri, implementasi sensor tersebut juga sudah lebih luas, sehingga tak heran bila rilis di Belanda lebih dulu. Dukungan jaringannya sendiri tetap 4G dual SIM. Plus Bluetooth 5,0 yang mendukung aptX & LDAC, jack audio 3,5mm serta port USB-C.

Punya Kapasitas Memori Besar, Harga Rp2 Jutaan

OPPO A16s

Sensor sidik jarinya berad di samping kanan bodi. Smartphone yang sudah jalankan ColorOS 11.1 berbasis Android 11 ini juga ditenagai dengan cip MediaTek Helio G35 octa-core. Plus baterai 5,000 mAh yang tergolong cukup besar, meski sayangnya tak diimbangi dengan sensor sidik jari.

Perbedaan lain dari OPPO A16s, bila dibandingkan dengan opsi yang tersedia di Indonesia, adalah kapasitas RAM serta penyimpanan internalnya. Yaitu masing-masing 4GB & 64GB, masih ditambah teknologi System Booster yang dapat tingkatkan performa hingga 18%.

Berapa harga yang dibanderol oleh OPPO untuk sebuah OPPO A16 dengan sensor NFC? OPPO A16s sudah tersedia di situs resmi OPPO Belanda, bisa didapatkan seharga EUR149, alias sekitar Rp2,5 jutaan. Bila hadir ke Indonesia, tentu bakal bersaing dengan Nokia G20 & Redmi Note 10S yang sama-sama punya NFC di Rp2 jutaan.

Tinggalkan komen