Poco C31 Dirilis, Opsi Baru Termurah dengan Harga Mulai Rp1,6 Jutaan

India, Gizmologi – Keseriusan merek smartphone yang awalnya sebagai sub-brand dari Xiaomi, POCO memang semakin menguat. Di Indonesia sendiri, mereka telah membuka offline store pertamanya. Sementara lain di India, dihadirkan opsi perangkat kelas entri terbaru yaitu Poco C31, bawa sejumlah peningkatan fitur.

Membawa tagar “Strong, Secure, Fast”, Poco C31 tak hanya unggulkan spesifikasi di atas kertas saja, namun juga membuat perangkatnya tampil atraktif serta diperkuat. Meski tidak memiliki desain rugged seperti Nokia XR20, misalnya, POCO telah mengujinya dengan sejumlah tes seperti temperatur tinggi, penekanan tombol ratusan ribu kali, serta diberikan lapisan tambahan berupa P2i nano coating.

Baca juga: POCO Boyong Sederet Penghargaan Lewat Gawai Flagship Killer

Lapisan tersebut membuat sudut smartphone lebih kuat, berikan karet khusus pada sela-sela bodi serta lebih tahan konslet saat terkena percikan air. Memiliki desain dua tone berbeda pada bodi belakangnya, disematkan sebuah sensor sidik jari untuk Poco C31, jadi peningkatan yang paling terlihat bila dibandingkan dengan seri sebelumnya.

Spesifikasi Poco C31 Mirip Penawaran dari Xiaomi

Poco C31

Sementara itu, spesifikasi lainnya bisa dibilang masih kurang lebih sama seperti sebelumnya, termasuk Xiaomi Redmi 9C yang bisa dibilang jawaranya smartphone Rp1,5 jutaan masa kini. Layar luas 6,53 inci di depan beresolusi HD+ dengan desain waterdrop notch. Memiliki mode baca khusus tersertifikasi oleh TUV Rheinland agar tak cepat membuat mata lelah.

Berlanjut pada bodi belakangnya, terdapat setup tiga kamera yang terdiri dari sensor utama 13MP, dan dua sensor sekunder masing-masing 2MP untuk makro dan efek potret. POCO mengklaim hasil kamera dari POCO C31 tetap berkualitas meski dalam kondisi pencahayaan kurang, berkat mode malam khusus.

Untuk urusan dapur pacu, POCO C31 jalankan chipset gaming kelas entri terkemuka dari MediaTek, yaitu Helio G35 yang membawa CPU octa-core dan fitur HyperEngine. Ada opsi RAM 4GB dan penyimpanan internal 64GB, lengkap dengan slot khusus untuk microSD hingga 512GB.

Meski jalankan versi Android yang sedikit tertinggal alias Android 10, POCO berikan diferensiasi yang cukup menggoda. Dengan tampilan antarmuka versi kustom, tampilannya dibuat mendekati Android murni, meski opsi kustomisasinya masih ada. Yang terpenting adalah bebas iklan, mengingat umumnya hal tersebut menjadi salah satu cara untuk subsidi harga perangkat.

Baterai Poco C31 Diklaim Awet Sampai Bertahun-Tahun

Poco C31

Kapasitas baterainya pun tidak diberi peningkatan dari generasi sebelumnya, meski sudah cukup besar di 5,000 mAh. Mengingat kelasnya yang masuk Android entry-level, wajar pula kalau belum didukung oleh fast charging, serta port-nya yang masih micro-USB.

Baterai POCO C31 juga diklaim bisa tetap berfungsi seutuhnya meski sudah digunakan untuk isi daya hingga seribu kali—setidaknya sampai dua tahun penggunaan, kapasitas baterai bakal masih prima alias oke untuk penggunaan jangka panjang. Opsi warnanya sendiri ada dua, yaitu Royal Blue dan Shadow Grey tanpa opsi warna kuning.

Penjualannya sendiri dimulai pada 2 Oktober mendatang. Untuk varian memori 3/32GB & 4/64GB, masing-masing memiliki banderol harga INR8,499 (Rp1,6 jutaan) & INR9,499 (Rp1,8 jutaan). Berada di antara harga jual Redmi 9C & Redmi 9T di Indonesia.

Tinggalkan komen