Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

realme X3 SuperZoom Debut di Eropa, Miliki Kamera Periskop 60x Zoom

0 2.810

Sehari setelah rilis berbagai produk AIoT di India, realme mengadakan sebuah peluncuran online jauh di Eropa, perkenalkan dua seri smartphone baru. Di antaranya adalah yang paling dinanti setelah rumornya beredar berminggu-minggu lalu, yaitu realme X3 Superzoom. Sesuai namanya, smartphone ini miliki kapabilitas pembesaran gambar yang lebih baik dari X2 Pro maupun X50 Pro sekalipun.

Selain memperbanyak portofolio produk, realme juga ingin memperluas jangkauan pasar produknya hingga mencapai global. Ini adalah keputusan yang cukup besar bagi realme untuk rilis produk kelas flagship seperti X3 SuperZoom pertama di Eropa, tak seperti biasanya yang jika tidak di India, di negara asalnya alias China. Dari spesifikasi di atas kertas, smartphone ini hadir bukan sebagai suksesor X50 Pro.

Baca juga: realme Smart TV Hadir dengan Android TV & Empat Speaker Dolby Audio

Keunggulan realme X3 SuperZoom

Dari segi desain, realme X3 SuperZoom gunakan basis yang sama seperti realme 6 Pro, baik sudut-sudutnya maupun peletakan kamera depan dan belakang dan tombol powernya. Bodi belakangnya miliki lengkungan kaca 3D, dengan permukaan anti-glare serta lapisan anti-fingerprint agar selalu terlihat bersih. Yup, tak seperti realme X2 Pro, sensor sidik jari pada smartphone ini diletakkan di sisi samping. Belum menggunakan teknologi in-display fingeprint sensor.

Hal tersebut dikarenakan layar depannya menggunakan panel IPS. Meski terkesan turun kelas, layar 6,6 inci yang beresolusi full HD+ ini miliki refresh rate 120Hz, lebih halus dari X50 Pro. Memiliki rasio layar ke bodi 90,5%, layar realme X3 SuperZoom sudah dilindungi dengan Gorilla Glass 5. Di sisi atas kiri, dual kamera punch-holenya juga serupa dengan X50 Pro, gunakan kombinasi kamera 32MP plus kamera ultra-wide 8MP.

Fitur utama yang dibawa smartphone ini adalah kamera periskop yang ada di belakang bodi realme X3 SuperZoom. Kamera tersebut beresolusi 8MP dengan 5x optical zoom dan OIS. Digabungkan bersama kamera utama 64MP f/1.8, X3 SuperZoom sanggup ambil foto dengan zoom maksimum hingga 60x.

Dua kamera lainnya adalah kamera ultra-wide 8MP serta macro 2MP. realme berikan fitur baru, Starry Mode untuk ambil foto bintang long exposure, serta stabilisasi video UIS Max dan Super Nightscape 4.0. Mode malam tersebut juga tersedia untuk kamera depannya.

hasil foto starry mode realme X3 SuperZoom
Hasil foto realme X3 SuperZoom menggunakan Starry Mode.

Prosesor yang digunakan realme X3 SuperZoom sama dengan realme X2 Pro, yaitu Snapdragon 855+. Chipset ini masih bisa dibilang powerful, meski belum mendukung jaringan 5G. Chipset tersebut dipasangkan dengan RAM 12GB LPDDR4x serta memori penyimpanan 256GB UFS 3.0. Dukungan Dolby Atmos serta Hi-res Audio juga tersedia, minus jack audio 3,5mm.

Hal lain yang sedikit turun dari X2 Pro adalah sistem pengecasan. 30W Dart Charge sanggup mengisi baterai 4.200 mAh pada realme X3 SuperZoom hanya dalam waktu satu jam saja. Tapi tak secepat realme X2 Pro atau X50 Pro di rentang 30-35 menit. Untuk dukung kemampuan gaming, terdapat fitur Game Space dan Game Assistant pada realme UI berbasis Android 10. Disiapkan juga sistem pendingin berbasis hardware agar smartphone tidak panas berlebih.

Selain X3 SuperZoom, realme Juga Rilis realme 6s

realme X3 SuperZoom

Smartphone ini hadir dalam dua pilihan warna, yaitu Arctic White dan Glacier Blue. Diluncurkan di Eropa, harga resmi yang ditawarkan adalah 499 Euro, atau sekitar Rp8 juta saja. Biasanya harga yang dipatok di regional Eropa sedikit lebih mahal ketika nantinya rilis di wilayah Asia.

Dengan harga tersebut, maka lebih pas jika realme X3 SuperZoom dianggap sebagai suksesor dari X2 Pro. Meski ada beberapa fitur yang dikorbankan, layar 120Hz serta kamera periskop pada smartphone ini bisa dijadikan daya tarik tersendiri.

Selain itu, realme juga perkenalkan realme 6s di Eropa. Pada dasarnya sama persis dengan realme 6, hanya sensor kamera utamanya beresolusi 48MP, dan ada tambahan sensor NFC. realme 6s dipasarkan dengan harga 199 Euro (Rp3,2 jutaan).


Beli smartphone realme di:

Shopee.co.id Lazada.co.id Bli bli.com ERASPACE JD.ID