Xiaomi Redmi Note 10 Lite Meluncur di India, Cetakan Lama Warna Baru

India, Gizmologi – Bukan yang pertama kalinya untuk vendor smartphone & elektronik lainnya asal China satu ini, Xiaomi pernah melakukan rebadge atau menghadirkan produk lama sebagai versi baru dengan pembaruan sangat minor. Namun untuk Redmi Note 10 Lite yang baru saja diluncurkan, perbedaannya hampir tak terlihat.

Ya, tahun 2021 telah dipenuhi dengan generasi smartphone terbaru yang menyasar segmen kelas menengah atau mid-range, yaitu Redmi Note 10 Series. Nah, uniknya, Xiaomi Redmi Note 10 Lite baru saja diluncurkan di India, sebagai versi lain dari Redmi Note 9 Pro yang sempat laris tahun lalu.

Kalau dari Redmi Note 8 biasa dengan Redmi Note 8 2021 hanya berbeda chipset saja, Redmi Note 10 Lite sekadar tampil dalam opsi warna baru saja. Tidak ada opsi warna dual tone, hanya tiga warna standar yaitu Aurora Blue, Champagne Gold serta Glacier White. Dimensinya pun sama persis, memiliki ketebalan 8,4mm dan bobot 190 gram.

Baca juga: Xiaomi CIVI, Smartphone Stylish dengan Chipset Snapdragon 778G

Spesifikasi Xiaomi Redmi Note 10 Lite

Redmi Note 10 Lite

Tampil cukup bongsor, Xiaomi Redmi Note 10 Lite punya layar luas 6,67 inci dengan resolusi full HD+ dan gunakan panel IPS, alias belum AMOLED seperti varian Redmi Note 10 standar. Begitu pula dengan refresh rate-nya, setidkanya sudah terlindungi dari lapisan ekstra Gorilla Glass 5.

Desain kamera punch-hole yang ada di bagian atas tengah layar Redmi Note 10 Lite menyimpan sebuah sensor beresolusi 16MP. Sementara di belakang, disematkan setup empat sensor kamera dengan sensor utama 48MP alias turun sedikit dari seri Redmi Note 9 Pro. Dipadukan dengan ultra wide-angle 8MP, 5MP makro dan 2MP sebagai depth sensor.

Performa dari smartphone ini seharusnya bakal terasa sama, mengingat setup chipset-nya yang masih sama persis. Tak berubah ke MediaTek, Redmi Note 10 Lite tetap jalankan Snapdragon 720G dari Qualcomm. Memang terbukti masih oke di tahun 2021, menjadi alasan yang sama masih digunakan di smartphone kelas mid-range OPPO.

Tetap Dibanderol Rp2 Jutaan

Redmi Note 10 Lite

Yang berbeda di Redmi Note 10 Lite adalah opsi penyimpanan internal serta kapasitas RAM. Karena versi Lite, ukuran RAM yang disediakan mulai dari 4GB hingga 6GB, alias tak ada opsi 8GB. sementara memorinya diberikan dua pilihan; 64GB dan 128GB. Tentu dengan slot kartu microSD dedicated, bila dirasa kurang lega.

Untuk penggunaan durasi lebih lama, Redmi Note 10 Lite sudah memiliki layar yang tersertifikasi dari TUV Rheinland, sehingga dapat mencegah emisi cahaya biru agar tidak mudah lelah. Kapasitas baterainya pun masih sama, yaitu 5,020 mAh. Mendukung fast charging 18W lewat port USB-C yang ada di bawah.

Dijual mulai 2 Oktober 2021 di India, Redmi Note 10 Lite varian termurah dengan opsi 4/64GB dibanderol seharga INR13,990 (Rp2,6 jutaan). Sementara tier tertingginya dengan memori 6/128GB lebih mahal di INR16,999 (Rp3,2 jutaan). Belum ada informasi terkait ketersediaannya di wilayah regional lainnya, termasuk di Indonesia.

Tinggalkan komen