alexa

Galaxy A22 Diresmikan, Jadi Smartphone 5G Samsung Paling Murah

Kalau di Indonesia baru saja menghadirkan smartphone dengan kapasitas baterai terbesar, Samsung terus menambahkan portofolio smartphone 5G mereka secara global. Diluncurkan pertama kali di Inggris, Samsung Galaxy A22 5G hadir dengan harga yang lebih murah. Tersedia juga versi 4G dengan harga lebih terjangkau, plus beberapa spesifikasi yang berbeda.

Sebelumnya, Samsung juga sudah menghadirkan Galaxy A32 4G & A32 5G secara resmi di Tanah Air. Namun ternyata pabrikan elektronik raksasa asal Korea Selatan satu ini ingin mencoba hadirkan perangkat dengan harga yang lebih murah lagi, agar lebih banyak orang bisa merasakan jaringan masa depan. Bersama dengan kualitas layar superior serta kamera fleksibel.

Meski terlihat identik, sejatinya dimensi fisik antara Galaxy A22 5G dengan varian 4G signifikan berbeda. Untuk versi 5G, bobotnya mencapai 203 gram dengan ketebalan mencapai 9mm. sementara Galaxy A22 4G signifikan lebih ringan di 186 gram, memiliki ketebalan 8,4mm. Jumlah kamera belakangnya pun berbeda, dalam empat opsi warna berbeda.

Baca juga: Review Samsung Galaxy M12: Kompetitif & Mengejutkan

Spesifikasi Samsung Galaxy A22 5G

Samsung Galaxy A22 5G - 001

Dimulai dari perangkat yang lebih diutamakan oleh Samsung kali ini, Galaxy A22 5G tampil dengan desain notch yang mulai berumur, yaitu Infinity-V. Di dalamnya, terdapat kamera 8MP untuk kebutuhan swafoto. Sementara untuk layarnya sendiri punya dimensi cukup besar di 6,6 inci. Sudah beresolusi full HD+ plus refresh rate 90Hz.

Hanya saja, panel yang digunakan masih TFT, mungkin demi menghemat bujet. Selain bagian layar, kameranya pun ikutan dipangkas. Di bagian belakang hanya ada tiga sensor, dengan sensor utama 48MP, 5MP ultra wide-angle dan depth sensor khusus. Kapasitas baterainya 5,000 mAh, dengan dukungan adaptive fast charging 15 watt melalui port USB-C.

Samsung Galaxy A22 5G - 001

Kamera belakang Galaxy A22 5G bisa merekam video hingga resolusi 4K. Sementara untuk prosesornya, meski tak disebutkan secara gamblang, informasi yang ditampilkan resmi mengindikasikan penggunaan MediaTek Dimensity 700. Kapasitas RAM-nya variatif, mulai dari 4/6/8GB, dengan opsi penyimpanan internal 64/128GB yang masih bisa ditambah lewat slot kartu microSD.

Galaxy A22 4G Punya Layar AMOLED dengan OIS

Samsung Galaxy A22 4G

Secara teori, varian 4G harusnya punya spesifikasi selain konektivitas yang setara atau lebih rendah dari Galaxy A22 5G. namun tigak juga, karena layarnya sendiri justru gunakan panel Super AMOLED. Yang diturunkan hanyalah dimensi dan resolusinya, masing-masing 6,4 inci dan HD+. Spesifikasi kameranya pun juga lebih superior baik di sisi depan dan belakangnya.

Pakai desain Infinity-U, kamera depan Galaxy A22 LTE beresolusi 13MP. Sementara setup kamera belakangnya lebih lengkap dan berkualitas. Ada sensor makro 2MP, sensor ultra wide-angle lebih baik dalam resolusi 8MP, dan yang paling penting, sensor utama 48MP-nya bahkan dilengkapi dengan OIS.

Opsi RAM 8GB tidak tersedia, dan konsumen harus memilih kapasitas yang tepat. Pasalnya, smartphone baru Samsung yang gunakan cip Helio G80 ini tidak dilengkapi dengan slot kartu microSD. Sisanya masih sama, seperti sensor sidik jari di bodi samping, kapasitas baterai, dan opsi warnanya; Violet, White, Black (Gray untuk 5G) dan Mint.

Harga Samsung Galaxy A22 5G & LTE

Samsung Galaxy A22

Dari kedua seri yang baru diperkenalkan oleh Samsung ini, baru Galaxy A22 5G saja yang sudah diumumkan harga jualnya. Hadir di Inggris, smartphone 5G terjangkau satu ini punya harga ritel 199 Poundsterling, atau bila dikonversika ke rupiah menjadi Rp4 jutaan. Belum diinformasikan juga mengenai ketersediaannya baik di Inggris maupun secara global.

Kombinasi spesifikasi Galaxy A22 & A32 series secara keseluruhan bisa dibilang unik. Galaxy A32 5G, misalnya, justru mengusung layar TFT HD+ tanpa refresh rate tinggi. Untuk harga, wajar bila lebih mahal, karena kurs Inggris yang umumnya lebih mahal selayaknya harga rekomendasi peluncuran produk dengan kurs Euro. Kita nantikan saja ketersediaannya secara global ya.

Tinggalkan komen