Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Samsung Galaxy A31, Terbaru dengan Empat Kamera Utama

0 30.156

Samsung terus merilis pembaruan untuk portofolio produk mereka. Mulai flagship Galaxy S20 series, kelas menengah seperti Galaxy A51, sampai varian termurahnya, Samsung Galaxy A01. Semuanya hadir dengan berbagai peningkatan fitur, seperti One UI 2.0 serta kamera yang lebih baik atau lebih banyak. Kini giliran Samsung untuk rilis Samsung Galaxy A31.

Seri kelas menengah ponsel Samsung juga cukup laris di pasaran, terutama Galaxy A30 dan Galaxy A50. Keduanya kemudian diperbarui secara bersamaan, dengan penambahan huruf “s” di masing-masing penamaannya. Lalu pada awal Januari kemarin, Samsung hadirkan Galaxy A51 & A71 secara resmi di Indonesia, tanpa pembaruan dari A30s.

Baca juga: Review Samsung Galaxy A51: Siklus yang Makin Pendek

Spesifikasi Samsung Galaxy A31

Samsung Galaxy A31 prism crush white

Apa saja fitur-fitur peningkatan yang dibawa di Samsung Galaxy A31? Di sisi depan, ponsel ini masih menggunakan desain waterdrop notch, dan belum mengadopsi kamera hole-punch seperti pada Galaxy A51. Setidaknya, dimensinya sedikit mengecil, menggunakan desain “Infinity-U display”. Dengan dimensi 6,4 ini menggunakan panel AMOLED, resolusinya kini sudah meningkat ke Full HD+, dengan aspek rasio 20:9, sehingga sedikit lebih ramping dan nyaman ketika digenggam. Sama seperti Galaxy A30s, sensor sidik jarinya juga sudah terintegrasi dengan layar depan.

Tak menggunakan chipset Exynos besutan Samsung sendiri, Galaxy A31 ditenagai prosesor MediaTek Helio P65 octa-core hingga 2.0GHz. Chip tersebut dirilis pertengahan tahun 2019 lalu, menggunakan fabrikasi 12nm dan difokuskan untuk performa kamera serta gaming yang unggul dengan GPU Mali-G52. Varian dasarnya punya memori RAM 4GB serta penyimpanan internal 64GB, sementara yang tertinggi punya kombinasi 6GB+128GB.

Mengadopsi jumlah kamera dan desain modul yang serupa dengan sang kakak, Galaxy A31 kini dilengkapi empat kamera belakang. Resolusi kamera utamanya 48MP f/2.0 dengan PDAF, ditemani kamera 8MP f/2.2 ultra wide-angle, dan dua kamera 5MP f/2.4 untuk foto objek jarak dekat (makro) dan depth sensor. Di sisi depan, terdapat kamera 20MP f/2.2, yang meningkat dari generasi sebelumnya di 16MP.

Kapasitas baterainya juga lebih besar, dari 4000 mAh di Galaxy A30s, kini menjadi 5000 mAh di Samsung Galaxy A31. Tentunya dengan dukungan fast charging 15 watt. Port USB-C di sisi bawah ponsel sudah mendukung USB OTG, dan untuk sisi software, sudah menjalankan One UI 2.0 dengan basis Android 10. Port audio jack 3,5mm serta sensor lain seperti NFC juga hadir untuk keperluan fitur Samsung Pay.

Varian Warna Samsung Galaxy A31

empat pilihan warna Samsung Galaxy A31

Samsung Galaxy A31 akan hadir dalam empat varian warna; Prism Crush Black, Prism Crush Blue, Prism Crush Red & Prism Crush White. Hingga saat ini, belum ada informasi mengenai harga jual resmi ponsel dengan empat kamera utama tersebut. Sebagai informasi, Samsung Galaxy A30s dijual secara resmi di Indonesia dengan harga Rp3,299 juta. Akan sangat menarik jika kelak Samsung Galaxy A31 hadir dengan harga yang tak jauh berbeda.


Beli Smartphone Samsung di:

Samsung.com Shop  Eraspace (Erafone) Lazada.co.id