Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Samsung Perbarui Smartphone Termurah, Galaxy J2 Core (2020) Android Go

0 7.647

Samsung Galaxy A01 bukanlah smartphone termurah dari perusahaan elektronik multinasional asal Korea Selatan tersebut. Di bawahnya, masih ada sebuah smartphone dengan Android Go dan spesifikasi jauh lebih minim, kali ini diperbarui untuk tahun 2020. Samsung Galaxy J2 Core (2020) diperkenalkan di India, dengan kapasitas memori dua kali lebih besar dari seri sebelumnya.

Versi pertama smartphone ini dirilis pada tahun 2018 lalu. Cukup mengejutkan ketika Samsung merilis penerus dari J2 Core dengan nama yang sama, mengingat Samsung telah mengatakan jika J-series telah dihapus, dan dilebur ke dalam A-series untuk penamaan yang lebih sederhana. Ya, tak hanya untuk kelas menengah sampai mendekati flagship, A-series saat ini juga mencakup kelas entri (low-end).

Kembali ke Galaxy J2 Core. Dua tahun lalu, smartphone ini dirilis dengan sistem operasi Android 8 Go serta memori internal 8GB. Alasannya agar dapat menekan harga semurah mungkin, ditujukan bagi mereka yang baru saja berpindah dari feature phone ke smartphone pertama, atau sekadar menjadi ponsel sekunder. Smartphone seperti ini ditargetkan terutama pada negara-negara berkembang, maka tak heran India menjadi tujuan utama dirilisnya suksesor dari Galaxy J2 Core.

Spesifikasi Samsung Galaxy J2 Core (2020)

Samsung Galaxy J2 Core 2020

Samsung Galaxy J2 Core (2020) masih mengusung layar 5 inci dengan resolusi 540 x 960p, tergolong kecil untuk standar smartphone saat ini. Meski begitu, kaca depannya tetap terlindung dengan proteksi Gorilla Glass. Bezel atas dan bawahnya masih terlihat sangat tebal, meski tidak ada tombol kapasitif ataupun home button.

Kamera utamanya 8MP f/2.2 dengan autofokus dan dukungan rekam video sampai 1080p, sementara di depan ada kamera 5MP. Chipset yang digunakan adalah Exynos 7570 quad-core, rilisan 2016 yang memang dibuat khusus smartphone kelas entri. Setidaknya sudah dibuat dengan fabrikasi 14nm agar tidak boros daya. Kapasitas RAMnya terbatas hanya 1GB, dengan memori internal yang kali ini lebih luas yaitu 16GB.

Untuk itu, smartphone ini menjalankan sistem operasi Android Go. Seluruh elemen di dalamnya dibuat sederhana agar tak memberatkan kerja prosesor, RAM serta ringan di memori, dengan aplikasi versi sederhana seperti YouTube Go, Google Maps Go, Gmail Go dan lainnya. Sayangnya, seri Android yang digunakan masih Oreo, tertinggal jauh dengan pesaingnya, Nokia 1 yang dijadwalkan mendapat Android 10 Go edition pada kuartal ini.

Baca juga: Samsung Galaxy A01, Ponsel Murah Meriah dengan Dua Kamera

Spesifikasi lainnya adalah dukungan 4G LTE, Wi-Fi 2.4GHz, serta kapasitas baterai 2.600 mAh yang bisa dilepas (removable), diklaim sanggup digunakan untuk menjelajah web sampai 14 jam. Untuk mengatasi memori internal yang cekak, Samsung menyediakan slot hybrid dengan dukungan kartu microSD hingga 256GB. Data aplikasi serta konten multimedia dapat dipindahkan secara mudah lewat aplikasi Smart Manager.

Harga Samsung Galaxy J2 Core (2020)

Samsung Galaxy J2 Core 2020

Samsung Galaxy J2 Core edisi 2020 ini dijual di India seharga INR6,300 atau sekitar Rp1,2 juta. Smartphone ini hadir dalam tiga pilihan warna, yaitu emas, biru dan hitam, semuanya dapat dilepas. Harga tersebut, jika disandingkan dengan smartphone kelas entri di Indonesia, berada di tengah-tengah smartphone Android termurah dan smartphone Android Go.

Sebagai contoh, Redmi 8A 2/32GB di toko e-commerce dijual seharga Rp1,4 jutaan. Sementara di bawahnya, ada dua smartphone Android Go, Xiaomi Redmi Go serta Nokia 1 yang sama-sama bisa dibeli di harga Rp900 ribuan. Namun keduanya punya memori internal yang lebih minim di 8GB.


Beli smartphone Samsung di:

 Eraspace (Erafone) Lazada.co.id Urban Icon Shopee