Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Samsung Galaxy M01 Dirilis di India, Spesifikasi Mirip Galaxy A01

0 5.396

Samsung baru saja merilis anggota baru lini M series, yaitu Galaxy M11. Seri tersebut menjadi varian termurah yang ada di Indonesia saat ini. Lebih dulu hadir di Indonesia, Samsung baru perkenalkan seri yang sama di India pada 2 Juni lalu, namun dengan seri tambahan. Yup, adalah Samsung Galaxy M01, yang sesuai namanya, mengisi kelas entri dengan harga lebih murah lagi.

Di India, Samsung menjadi merk smartphone yang paling terpercaya. Tujuannya untuk merilis dua smartphone ini adalah untuk mengisi pilihan pada segmen INR15.000 (Rp 2 jutaan), yang menurutnya bagian terbesar untuk penjualan smartphone di India. Samsung janjikan kualitas smartphone tinggi pada harga yang terjangkau.

“Seri Galaxy M telah mengukir tempat yang unik di benak dan hati konsumen India dalam waktu yang sangat singkat,” kata Aditya Babbar, Director, Mobile Business, Samsung India. Lewat peluncuran Samsung Galaxy M11 dan Galaxy M01, mereka menargetkan pengalaman serta desain terbaik untuk Gen Z serta konsumen milenial.

Baca juga: Samsung Galaxy M11 Resmi Diluncurkan, Baterai 5000mAh Harga Rp2 Jutaan

Spesifikasi Samsung Galaxy M01

Jika Samsung Galaxy M11 punya spesifikasi serupa dengan Galaxy A11, maka hal tersebut juga terjadi pada Galaxy M01. Desain luarannya mirip Galaxy A01, miliki setup dua kamera di belakang, dan desain layar Infinity-V di depannya. Layar tersebut punya dimensi 5,7 inci beresolusi HD+, cocok bagi konsumen yang inginkan smartphone berbaterai awet dengan desain kompak.

Sama-sama ditenagai chipset Qualcomm Snapdragon 439, yang ditingkatkan pada Samsung Galaxy M01 adalah kapasitas memorinya. Smartphone ini punya RAM 3GB dengan penyimpanan internal 32GB, masih bisa ditambah kartu microSD hingga kapasitas 512GB. Memori tersebut cukup lega untuk menyimpan file media, yang bisa dimainkan dengan kualitas suara tinggi lewat dukungan Dolby Atmos.

Kamera utamanya punya resolusi 13MP f/2.2, dengan tambahan depth sensor 2MP untuk hasilkan efek potret yang natural. Sementara di bagian depan, terdapat kamera 5MP f/2.2 yang dilengkapi fitur beauty mode. Bukan seri M namanya jika tak punya kapasitas baterai yang ekstra besar. Samsung Galaxy M01 punya baterai 4.000 mAh, cukup besar untuk smartphone dengan dimensi layar kurang dari 6 inci.

Namun sepertinya belum dilengkapi teknologi fast charging seperti sang kakak, dan juga masih gunakan port berjenis microUSB. Smartphone ini juga tak memiliki sensor sidik jari, sehingga untuk pengamanan kunci layar, hanya dapat menggunakan PIN atau opsi face unlock melalui kamera depannya.

Harga Samsung Galaxy M01 di India

Samsung Galaxy M01

Di India, Samsung Galaxy M01 dijual dalam tiga pilihan warna; hitam, biru dan merah. Dengan memori 3GB/32GB, harga resmi yang ditawarkan adalah INR8,999, atau sekitar Rp1,68 jutaan. Harga tersebut membuat smartphone ini berada di antara Galaxy A01 dengan Galaxy A11.

Belum diketahui apakah Samsung akan membawa seri M yang lebih murah ini ke Indonesia. Rencananya, Samsung Indonesia akan meluncurkan seri baru, yaitu Galaxy A21s di tanah air pada hari Kamis (4/6) mendatang, miliki peningkatan signifikan jika dibandingkan dengan seri A20s. Kita nantikan peresmiannya ya.


Beli Smartphone Samsung di:

ERASPACE.com Lazada.co.id Shopee.co.id Blibli JD.ID