alexa

TECNO Spark 8 Rilis di India, Tampil Modis dengan Layar Besar

Jakarta, Gizmologi – Tentu tidak hanya tancap gas di Indonesia saja, vendor smartphone yang masih sedang dalam proses untuk menjadi mainstream secara global satu ini juga terus meluncurkan smartphone baru di negara tetangga seperti India. Ya, adalah TECNO Mobile, yang kini hadirkan TECNO Spark 8 di India.

Seperti yang kita ketahui, secara resmi, TECNO sudah hadirkan dua varian terbarunya yang punya keunggulan masing-masing, yaitu TECNO Spark 7 Pro dengan harga mendekati Rp2 juta dan TECNO Spark 7 NFC—smartphone resmi termurah saat ini dengan sensor NFC. Juga seri terbarunya yang mengunggulkan performa gaming, bawa kapasitas baterai terbesar.

Baca juga: Review TECNO Spark 7 NFC: Paling Lengkap di Kelasnya, Nggak Ada Lawan

Maka tak heran bila kini sudah saatnya untuk dihadirkan TECNO Spark 8, di mana sebelumnya sudah diresmikan pada akhir Agustus lalu di Nigeria—negara di mana merek smartphone ini lebih populer. Tentu ada beberapa peningkatan yang dibawa, salah satunya terlihat langsung dari bagian desain.

Spesifikasi TECNO Spark 8

TECNO Spark 8

Memiliki bobot 190 gram plus ketebalan 9,2mm, TECNO Spark 8 seolah mengikuti Bahasa desain flagship masa kini, termasuk seri kelas entri seperti Poco M3. Modul kameranya dibuat lebih besar, sehingga sensor sidik jari pun masuk ke dalam bingkai tersebut, serta berikan aksen pantulan garis yang lebih menarik perhatian. Hadir dalam tiga warna berbeda.

Pada bagian depan, TECNO Spark 8 terlihat mirip seperti seri lainnya, mengingat desain waterdrop notch serta dimensi yang masih sama. Memiliki bentang 6,5 inci, resolusinya masih HD+, menandakan kelasnya yang memang bersaing pada segmen entry level. Setidaknya sudah cukup besar untuk penggunaan sekolah daring atau panggilan video.

Tak hanya resolusi layar, begitu pula situasi pada dapur pacunya. Menggunakan chipset MediaTek Helio A25 octa-core, TECNO Spark 8 hanya memiliki kapasitas RAM 2GB saja. Untungnya, sistem operasi yang digunakan adalah Android 11 versi Go edition, jalankan tampilan antarmuka HiOS 7.6 yang diperkuat dengan Super Boost.

Pada bagian atas layar depannya, disematkan sebuah sensor kamera depan 8MP f/2.0 yang ditemani dua lampu LED—sebuah tren yang kini mulai banyak digunakan pada smartphone kelas entri. Sementara di belakang, terdapat sensor utama 16MP yang ditemani AI lens, serta empat lampu LED.

Hadir dalam Tiga Opsi Warna

TECNO Spark 8

Tentu tidak lengkap rasanya bila kapasitas baterai smartphone ini tak cukup untuk penggunaan sehari-hari. Lagi-lagi, sama seperti seri lainnya, TECNO Spark 8 punya baterai berkapasitas 5,000 mAh, yang sayangnya belum mendukung fast charging, alias hanya 10W saja. Juga masih gunakan port micro USB.

Kelengkapan konektivitas lainnya meliputi dukungan dua kartu SIM (plus slot kartu microSD), 4G VoLTE, dan tentu saja standar lain seperti Wi-Fi, Bluetooth serta GPS. Bagi pengguna yang masih ingin gunakan earphone kabel, juga bisa menemukan jack audio 3,5mm pada perangkat ini.

Hadir dalam warna Iris Purple, Atlantic Blue serta Turquoise Cyan, TECNO Spark 8 bakal mulai dijual di India pada tanggal 15 September besok. Tersedia di toko ritel resmi, harganya dibanderol INR7,999, atau sekitar Rp1,5 jutaan. Bakal bersaing dengan competitor seperti realme C21Y atau Xiaomi Redmi 9A.

Tinggalkan komen