alexa
Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Xiaomi Kembali Hadirkan Redmi Note 8 2021, Pakai Prosesor MediaTek Baru

Kalau dirasa dalam beberapa pekan ini sudah banyak seri yang diluncurkan, eits, tunggu dulu. Nyatanya Redmi, sub-brand dari Xiaomi yang satu ini masih ingin perkenalkan sebuah perangkat baru. Namun yang satu ini tidaklah sepenuhnya baru—dinamakan Redmi Note 8 2021, Xiaomi seperti lakukan proses daur ulang.

Jelas dari penamaannya, masih digunakan sebuah nama produk yang telah hadir sejak 2019 lalu, termasuk di Indonesia. Nampaknya perusahaan elektronik, smartphone dan IoT satu ini ingin merayakan kelarisan produk tersebut di pasaran. Karena disebutkan bila Redmi Note 8 berhasil terjual sebanyak 25 juta unit secara global, alias di seluruh dunia.

Pencapaian yang cukup fantastis, memang, menjadikannya salah satu seri Redmi paling laris selama ini. Mungkin atas dasar itu, Redmi Note 8 2021 dihadirkan, dengan desain yang sepenuhnya sama persis. Memang tak kalah dari smartphone masa kini, terutama dimensinya yang masih lebih kecil nan ramping dari Redmi Note 9.

Baca juga: Hands-on Redmi Note 10S: Jawara Baru Xiaomi Harga Rp2 Jutaan

Desain Sama Persis, Chipset Berbeda

Redmi Note 8 2021

Bodi depan dan belakang Redmi Note 8 2021 dirancang flat menggunakan material kaca, dan Xiaomi berikan ketahanan dari cipratan air untuk penggunaan bebas khawatir. Sensor sidik jari pun masih terletak di belakang, begitu pula dengan desain waterdrop notch pada kamera depan. Layar depannya berukuran 6,3 inci, gunakan panel IPS full HD+ dengan lapisan Gorilla Glass 5.

Dimensi layar tersebut sudah bisa dibilang kecil, mengingat sekarang rata-rata smartphone punya layar 6,5 inci. Sehingga Mi fan yang inginkan smartphone Redmi terjangkau dengan layar kompak bisa jadikan Redmi Note 8 2021 ini sebagai alternatif. Meski memang belum pakai panel AMOLED layaknya Redmi Note 10, tanpa refresh rate tinggi.

Redmi Note 8 2021

Lantas apa yang berbeda pada smartphone Xiaomi terlaris satu ini? Bila pendahulunya pakai cip Snapdragon 665—dikenal sangat umum di masanya, kali ini Redmi Note 8 2021 menjalankan Helio G85 yang sama persis dengan seri setelahnya. Secara benchmark sejatinya tak berbeda jauh, hanya saja lebih modern/baru. Dipasangkan dengan RAM 4GB dan opsi memori 64/128GB.

Begitu pula dengan setup kameranya. Selain kamera depan 13MP, di belakang terdapat sensor utama 48MP yang ditemani dengan kamera ultra-wide 8MP dan masing-masing dua sensor 2MP untuk makro serta depth sensor. Sayangnya, dukungan resolusi perekaman video pada Redmi Note 8 2021 malah diturunkan. Dari yang awalnya hingga 4K 30fps kini maksimum 1080p 30fps.

Redmi Note 8 2021 Jalankan MIUI Versi Terbaru

Redmi Note 8 2021

Karena rilis lebih baru, tentunya sudah gunakan tampilan antarmuka yang setara dengan Redmi Note 10S, yaitu MIUI 12.5 berbasis Android 11. Meski tak banyak bedanya dari MIUI 12 secara estetik, pembaruan satu ini diklaim hadirkan peningkatan performa yang signifikan, membuat kinerja prosesor lebih ringan. Bakal menghemat baterai 4,000 mAh yang sudah dukung 18W fast charging.

Hadir dalam tiga opsi warna (Neptune Blue, Moonlight White, Space Black), Redmi Note 8 2021 baru diumumkan secara resmi lewat situs versi globalnya. Belum disebutkan berapa harga yang bakal dipatok, namun dilihat dari spesifikasinya sendiri, harusnya tak jauh dari varian 2019 atau di bawah harga Redmi Note 10.

Tinggalkan komen