Apple Watch Series 7 Punya Layar Besar & Kaca Lebih Tahan Pecah

California, Gizmologi – Dalam acara peluncuran produk terbaru yang diadakan secara virtual Rabu petang kemarin (15/9), Apple meluncurkan beberapa jenis produk lain selain iPhone 13 Series. Tentunya, juga disiapkan smartwatch baru setiap tahunnya. Tahun ini, Apple Watch Series 7 hadir dengan layar lebih besar.

Sebelumnya, vendor asal Cupertino satu ini merilis dua jenis jam tangan pintar berbeda di tahun 2020. Selain Apple Watch Series 6, juga dihadirkan opsi yang lebih terjangkau, Apple Watch SE, supaya konsumen yang baru ingin menjajal perangkat wearables bisa mencoba tanpa harus merogoh kocek dalam. Seri tersebut bakal masih hadir.

Dalam rilis resminya, Jeff Williams, Chief Operating Officer pada Apple menyampaikan bila peningkatan Apple Watch Series 7 cukup signifikan. “Didukung oleh watchOS 8, perangkat ini hadirkan kemampuan baru yang berguna untuk membantu pelanggan tetap terhubung, melacak aktivitas & olahraga, serta lebih memahami Kesehatan & kebugaran mereka secara keseluruhan.”

Baca juga: iPhone 13 Dirilis, Apple Kasih Peringatan untuk Pengendara Motor

Meski begitu, ketika ditilik fitur-fitur yang ditawarkan, sejatinya Apple Watch Series 7 masih kurang lebih sama seperti generasi sebelumnya. Setidaknya pada bagian fitur kesehatan dan kebugaran, karena peningkatan dibawa dari OS baru yang juga hadir ke generasi sebelumnya. Lantas apa saja pembaruan signifikan yang dimaksud?

Sertifikasi IP6X Bikin Apple Watch Series 7 Tahan Debu

Apple Watch Series 7

Dari sekilas pandang, memang terlihat bila secara desain tak ada yang berbeda. Apalagi dari rumor foto render yang tersebar beberapa waktu lalu, di mana Apple Watch Series 7 bakal punya bezel flat seperti iPhone 13 Series. Nyatanya pada generasi ini, Apple hanya berikan penyempurnaan minor saja. Sembari berikan opsi warna case yang baru, dengan warna unggulan hijau.

Dibandingkan generasi sebelumnya, jam tangan pintar Apple yang satu ini punya kaca depan berbahan kristal yang diperkuat, melebihi 50% lebih tebal agar lebih tahan pecah. Selain tahan air dengan standar WR50 (hingga kedalaman 50 meter), Apple Watch Series 7 juga punya sertifikasi tahan debu IP6X. Sehingga aman untuk skenario penggunaan di pantai maupun gurun.

Apple Watch Series 7

Lalu pada bagian layarnya, terlihat bila meski dimensinya sama, layarnya lebih besar. Hal tersebut berkat bezel yang dibuat 40% lebih tipis—hanya 1,7mm, sehingga layar untuk masing-masing dimensi kini mencapai hampir 20% lebih besar. Selain itu, tampilan always-on display-nya juga dibuat 70% lebih terang.

Dengan diameter masing-masing 41 & 45mm, Apple kini mampu berikan opsi ukuran font lebih besar. Tak hanya itu, pengguna juga bisa memanfaatkan papan ketik virtual baru untuk membalas pesan masuk. Baik dengan tap sampai swipe. Juga ada dua watch face baru yang memanfaatkan bezel tipis untuk beri kesan elegan.

Bawa Teknologi Fast Charging Berbasis USB-C

Apple Watch Series 7

Meski layar lebih besar, daya tahan baterainya masih diklaim sama, alias sekitar 18 jam. Bedanya, kini pengguna bisa mengisi daya lebih cepat hingga 33% berkat dukungan teknologi baru dan charger berbasis USB-C. 45 menit pengisian bisa mencapai 80%, sementara pengisian 5 menit sudah cukup untuk mendeteksi kualitas tidur semalaman.

Fitur kesehatan lainnya dibawa lewat pembaruan watchOS 8. Dengan algoritma baru, Apple Watch Series 7 bakal bisa mendeteksi pergerakan pengguna saat memulai bersepeda, olahraga, sampai jatuh secara tidak sengaja (dan langsung mengirimkan pesan ke kontak darurat). Lengkap dengan sensor SpO2 & ECG tentunya.

Bila Gizmo friends berminat untuk membeli jam tangan pintar terbaik Apple satu ini, Apple Watch Series 7 bakal hadir pada musim gugur mendatang. Harganya? Mulai dari USD399, alias Rp5,6 jutaan.

Tinggalkan komen