Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Mijia Quartz, Jam Klasik Xiaomi dengan Fitur Pintar dan Terjangkau

0 1.066

Xiaomi, produsen gawai Tiongkok, ikut meramaikan pasar hybrid watch melalui merk Mijia atau Mi Ecosystem. Xiaomi Mijia Quartz Watch menjadi merk baru yang baru saja diperkenalkan ke publik.

Xiaomi Mijia Quartz Watch merupakan hybrid watch yang muncul dengan cakra angka standar 40 mm yang hanya 3,2 mm pada poin terkecilnya. Cakra angka yang kecil menunjukkan hitungan langkah dan menghubungkannya dengan Android atau iPhone melalui Bluetooth. Cakra angka ini dibalut dengan perlindungan dari kaca yang kuat.

Bluetooth 4.0 LE berfungsi menghubungkan jam pintar ini ke perangkat yang menjalankan Android 4.4 atau iOS 7.0 dan sesudahnya, tulis fonearena.com sebagaimana diambil dari tautan ini.

Notifikasi panggilan, pengingat dan alarm ditawarkan pada Xiaomi Mijia Quartz Watch melalui getaran. Xiaomi Mijia Quartz Watch dibekali dengan balutan baja anti karat, bodi tahan air dan bagian belakang yang melengkung.

Xiaomi Mijia Quartz Watch menggunakan sel koin CR2430 yang menjanjikan data baterai hingga enam bulan. Spesifikasi lain dari Xiaomi Mijia Quartz Watch ini, di antaranya pedometer untuk menghitung langkah dan fitur tahan air hingga 3 ATM atau 30 meter.

Dengan dimensi 240 mm x 11,9 mm, Xiaomi Mijia Quartz Watch ini berbobot 42 gram. Ia tersedia dalam varian warna hitam, putih dan abu-abu, dengan warna cakra jam yang berwarna-warni plus tali pengikat kemungkinan berwarna biru untuk jam berwarna putih. Harganya mencapai 349 yuan atau sekira Rp751an ribu dan akan mulai dijual di Tiongkok per 17 Juli 2018.

Baca juga: Penjualan Apple Watch Mengalahkan Samsung Gear S3

Hybrid watch merupakan gabungan antara arloji mekanis reguler dengan arloji cerdas, yang mengkombinasikan beberapa fitur terkoneksi dengan mesin jam tradisional. Jam jenis ini tidak mempunyai fitur layar sentuh, tidak perlu terisi dayanya setiap hari dan tidak seperti jam yang inovatif tetapi jam tipe ini merupakan jam yang menjembatani ke jam cerdas, macam Apple Watch atau Samsung Gear Sport.

Spesifikasi Xiaomi Mijia Quartz Watch

  • 40mm dial dengan proteksi kaca tempered  glass protection
  • Bluetooth 4.0 LE untuk terhubung dengan Android 4.4 atau iOS 7.0 dan versi terbaru
  • Casing baja stainless 316L
  • Pedometer untuk pelacakan langkah, Getaran berubah untuk panggilan, alarm, dan pengingat
  • Tahan air hingga 3 ATM (30 metres)
  • Panjang: 240 mm x 11.9 mm; Berat: 42g
  • CR2430 320mAh (typical) / 270mAh (minimum) daya tahan baterai sampai 6 bulan