Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Xiaomi NeoGeo Mini, Konsol Portabel dengan 40 Game Klasik SNK

1 3.443

Sejatinya, game atau permainan yang menyenangkan tidak melulu harus memilik grafis yang memukau. Belasan tahun sebelum sekarang, beberapa generasi terutama Milenial dan Baby boomers sudah terbiasa memainkan game dua dimensi, dengan grafis seadanya, lewat konsol yang sangat sederhana. Hingga saat ini pun, masih banyak ‘generasi lawas’ yang memainkan game lawas hanya untuk sekadar nostalgia.

Beberapa produsen konsol pun memanfaatkan momen ini untuk kembali merilis konsol lamanya, dengan beberapa pembaruan seperti dimensi yang lebih kecil, atau dibuat seutuhnya digital tanpa perlu gunakan disk tertentu. Salah satunya Xiaomi, yang baru saja menggandeng SNK untuk menjadi rekanan, dan merilis Xiaomi NeoGeo Mini untuk pasar global.

Bagi Gizmo friends yang kurang familiar dengan nama perusahaan ini, SNK Corporation adalah pembuat game maupun konsol asal Jepang, berdiri sejak tahun 1971. Metal Slug, Fatal Fury dan King of Fighters adalah beberapa judul game populer lawas yang dibuat oleh perusahaan asal Osaka, Jepang satu ini.

Baca juga: Sega Rilis Ulang Konsol Retro, Game Gear Micro dengan Layar 1 Inci

Beragam Fitur Xiaomi NeoGeo Mini

Xiaomi NeoGeo Mini

Sekitar tahun 2018 lalu, SNK telah rilis sebuah konsol mini berisikan 40 game klasik bernama NeoGeo Mini. Namun perangkat tersebut hanya dirilis di negara atau wilayah tertentu saja. Dengan kerjasama oleh Youpin – sebuah platform yang didukung Xiaomi, NeoGeo Mini Game Console bakal dirilis di lebih banyak wilayah secara global.

Fiturnya sendiri bisa dibilang sama seperti generasi sebelumnya yang rilis pada tahun 2018. Desainnya dibuat mirip dengan perangkat arcade NEO GEO yang dulu tersebar di hampir semua tempat bermain arcade termasuk di Indonesia. Hanya saja, ini versi miniaturnya, jadi bisa dibawa-bawa ataupun diletakkan sebagai ornamen di sudut ruangan.

Xiaomi NeoGeo Mini punya bobot 390 gram, dengan dimensi 108 x 135 x 162mm. Perangkat ini punya layar built-in yang bentuknya mirip mesin ding dong, gunakan panel LCD 3,5 inci dengan rasio klasik 4:3. Dengan tombol serta analog, terdapat juga speaker stereo untuk pengalaman bermain yang lebih seru.

Jika ingin lebih puas bermain, terdapat port mini-HDMI di bagian belakang bodi, lengkap dengan jack audio 3,5mm. Pengisian daya perangkat ini pun sudah modern, gunakan port USB-C. Xiaomi NeoGeo Mini juga hadir dengan aksesori tambahan seperti game pad, bisa dihubungkan hingga dua perangkat untuk bermain bersama teman.

Di dalamnya sudah ada 40 game pilihan yang bisa dimainkan, beberapa di antaranya seperti Metal Slug, Legend of Hungry Wold serta tentunya The King of Fighters. Sehingga tidak perlu lagi untuk membeli game satu-satu, semuanya sudah termasuk dalam paket penjualan.

Harga Xiaomi NeoGeo Mini

Xiaomi NeoGeo Mini

Xiaomi NeoGeo Mini sudah tersedia di Tiongkok dengan harga yang sedikit mahal, yaitu CNY699 atau sekitar Rp1,5 jutaan. Harga tersebut sudah termasuk game pade seharga CNY179 (Rp370 ribuan). Sementara jika kita cek pada e-commerce lokal, konsol NeoGeo Mini rilisan pertama tersedia pada rentang harga Rp800 ribuan.

Di harga yang sama, Gizmo friends mungkin bisa mendapatkan smartphone Android yang juga bisa difungsikan untuk bermain game. Namun tentunya pengalaman bermain tidak akan sama, terutama bagi para enthusiast atau mereka yang ingin bernostalgia dengan game lawas atau sebuah mesin konsol arcade seperti Xiaomi NeoGeo Mini yang satu ini.


Beli produk Xiaomi secara online di:

SHOPEE Lazada Blibli Eraspace JD.ID