alexa

GameQoo Kini Bisa Diakses dari Seluruh Indonesia Melalui IndiHome

Jakarta, Gizmologi – Kini memainkan beragam opsi game di TV jadi semakin mudah dengan opsi layanan cloud gaming dari GameQoo.  Berbekal biaya bulanan terjangkau dengan peralatan basic, pengguna bisa menikmati opsi hiburan optimal. Bagi yang masih belum familiar, GameQoo adalah startup cloud gaming yang didukung Telkom melalui program inovasi Digital Amoeba.

Resmi diluncurkan pada April 2019, awalnya platform cloud gaming tersebut hanya bisa dimainkan di daerah cakupan Telkom Regional II meliputi seluruh Wilayah Jabodetabek & Banten dan Telkom Regional III meliputi Seluruh Wilayah Jawa Barat. Kemudian pada Desember 2020 merambah di seluruh Pulau Jawa dan Madura.

Saat ini, cakupan layanan diperluas menjadi bisa mendukung seluruh wilayah Indonesia melalui jaringan Indihome, layanan fixed broadband milik PT Telkom Indonesia.
Baca juga: Paket IndiHome Khusus Gamer Hadirkan Kecepatan Hingga 100 Mbps

Apa itu GameQoo?

GameQooSeperti disinggung di atas, GameQoo adalah platform cloud gaming yang didukung Telkom melalui program inovasi Digital Amoeba. Izzuddin Al Azzam, sang CEO adalah seorang gamer yang karena kegemarannya tersebut kemudian mengajak tiga temannya, yaitu Nugroho Budi Wicaksono (CTO), Anita Rahmawati (CMO), dan Tesar Dayansyah (COO) untuk mengembangkan startup GameQoo.

“Alasan saya dengan founder lain mendirikan gameQoo, karena kami semua sendiri adalah seorang gamer. Saya merasa untuk menikmati entertaiment game di perlukan uang yang tidak sedikit, dari sini kamu memudahkan dan memurahkan entertaiment game untuk para gamer,” kata Azzam.

Sebelum bertransformasi menjadi GameQoo, mereka memberi nama Emago. Sebagai gamer, Azzam dan ketiga founder lainnya merasa bahwa untuk menikmati dunia gaming memerlukan budget yang cukup mahal, selain karena harus membeli game satu persatu secara terpisah, pada umumnya game-game tersebut harus dimainkan dengan device yang memiliki spesifikasi tinggi yang tentunya memerlukan budget yang besar.

Pertumbuhan industri game di Indonesia itu mencapai angka 40%. Namun, tingkatan investasi perusahaan lokal pada industri game sangat rendah. Mereka berharap, dengan adanya layanan ini menjadi wadah untuk publisher lokal untuk berkembang, mengurangi pembajakan game di Indonesia, dan menambah porsi pemain lokal di Industri gaming Indonesia.

Nah, platform cloud gaming dipilih karena teknologinya yang menawarkan berbagai kelebihan, dimana berbagai games kini bisa dimainkan secara streaming dari cloud. Sehingga tidak lagi bergantung sepenuhnya pada kualitas / spesifikasi perangkat bermain yang digunakan. Pada layanan cloud gaming, berbagai game premium berbayar bahkan sudah termasuk dalam biaya langganan sehingga pengguna tidak lagi perlu merogoh kocek untuk membeli game.

Di tahap awal, GameQoo menyediakan lebih dari 100 judul game populer publisher game ternama dunia. Seperti Disney, Codemaster, Plug In Digital yang telah melahirkan game AAA berkualitas. Game ini akan terus bertambah setiap bulannya, dan masih akan ada segudang update game lainnya yang hadir.

Cara Mengakses Cloud Gaming GameQoo

GameQOO Gaming
ilustrasi gaming (Foto: Unsplash/jeshoots.com)

Untuk menikmati game berkualitas GameQoo, pelanggan cukup berbekal Set Top Box (STB) IndiHome yang bisa dimainkan hingga 4 pemain dalam 1 device. Untuk akses di TV, cukup unduh aplikasi GameQoo di Usee App Store dari STB IndiHome TV kemudian klik berlangganan dan mainkan.

Sedangkan untuk akses di PC, cukup membuka website gameqoo.id, lalu daftar dengan akun my IndiHome, kemudian install driver dan berlangganan. Rasakan dan nikmati cara baru bermain game berkualitas di TV dan PC melalui cloud gaming dengan mudah dan murah.

Agar permainan lebih mengesankan, dengan menambahkan gamepad, pengguna tidak perlu menginstall game untuk bermain game di TV atau PC mereka. Selain itu, server yang digunakan GameQoo berada di Indonesia, sehingga pengguna cukup mengakses game layaknya sedang streaming TV dengan latensi yang rendah dan responsif.

“Platform GameQoo memiliki kelebihan diantaranya tidak butuh koneksi yang besar untuk menikmati game yang ada dengan lancar. Karena dengan mempunyai koneksi internet IndiHome stabil berkecepatan sekitar 20 Mbps sudah lebih dari cukup. Hematnya lagi, tidak memakan memori karena semua progress game sudah tersimpan di cloud,” jelas E. Kurniawan, VP Management Marketing Telkom.

Pelanggan IndiHome bisa menikmati layanan cloud gaming GameQoo dengan harga yang cukup terjangkau Rp99 ribu per bulan. Selama masa perkenalan, mereka memberikan promo berlangganan, pengguna baru bisa menikmati 1 bulan untuk akses cloud gaming secara gratis.

Dengan modal subscription GameQoo yang aktif ini, pengalaman gaming jadi lebih mudah tanpa harus merakit PC gaming dengan 100 lebih gamenya. Biaya yang dikeluarkan juga lebih murah, tanpa harus mengeluarkan sekitar Rp 15 juta dahulu untuk bisa bermain game.

“Selain memberikan kemudahan dalam bermain, untuk semua proses pengolahan grafis game ada di server. Jadi, pelanggan bisa bermain game menggunakan jenis TV dan perangkat apapun melalui web browser, juga dapat memainkan game di GameQoo tanpa harus mengorbankan kualitas grafis,” E. Kurniawan, VP Management Marketing Telkom menjelaskan.

Menurut E. Kurniawan, saat ini para produsen konsol dunia sedang mengembangkan strategi game nya ke arah cloud. Jadi tidak menutup kemungkinan di masa depan konsol dan perangkat fisik tersebut akan ditinggalkan dan berpindah ke cloud gaming. GameQoo menjadi solusi bagi para gamer sekaligus produsen game untuk mengembangkan inovasinya bersama IndiHome.

Tinggalkan komen